Produk yang Sering Diburu Selama Bulan Ramadan Menurut idEA

Rabu 30 Maret 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selama bulan ramadan, produk-produk ini sangat digemari oleh konsumen dan selalu menunjukan peningkatan angka penjualan selama ramadan.

Dilansir dari Tempo.co, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga menyebut, pola dan tren konsumsi masyarakat saat Ramadan akan mengandalkan layanan digital dalam pemenuhan kebutuhan.

Tren ini terlihat dari pengguna layanan digital yang sudah berkembang hingga 3,6 kali lebih banyak selama dua tahun belakangan.

"Menurut saya ini menarik, karena sebaran pengguna layanan digital tidak hanya berasal dari perkotaan sehingga peluang dan kompetisi dalam transaksi jual-beli makin terbuka lebar ke depannya," ujarnya, Selasa, 29 Maret 2022.

Baca Juga :

Bima mengatakan, tren komoditi atau produk yang digemari selama bulan Ramadan relatif sama dari tahun ke tahun, yakni makanan dan minuman untuk sahur dan buka puasa. Adapun makanan dan minuman ringan akan meningkat menjelang akhir bulan Ramadan.

Dia menjelaskan, peningkatan konsumsi ini sangat dipengaruhi oleh kebutuhan silaturahmi, acara buka bersama, hingga kiriman parsel yang meningkat selama masa pandemi.

photoIlustrasi Belanja Online - (Pexels)</span

Selain kuliner, fesyen seperti mukena, busana muslim, kosmetik hingga produk penataan rumah masih menjadi tren menjelang hari Raya Lebaran Idul Fitri atau minggu keempat selama Ramadan.

Di sisi lain, momen Ramadan menjadi kesempatan bagi para platform e-commerce untuk menuai banyak transaksi. Hal itu karena penduduk Indonesia lebih dari 270 juta jiwa, yang juga mengantarkan Indonesia sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara.

Selain itu, mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama islam, sehingga momen seperti bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri dipastikan akan menjadi momentum transaksi jual beli dalam rangka menyambut dan merayakan Hari Raya Umat Islam tersebut.

Bima menjelaskan, bulan Ramadan identik dengan momen ‘Saling Berbagi’, kehadiran para e-commerce sangat membantu dalam memudahkan transaksi, jasa pengiriman momen ‘berbagi' tersebut. Sehingga bisa dipastikan, dengan adanya peningkatan dan pengembangan tren layanan digital, Ramadan berpeluang besar membawa keuntungan bagi e-commerce.

"Kondisi tersebut didukung pula dengan kehadiran para milenial dan gen-z yang merupakan pengisi separuh populasi Indonesia, di mana kedua generasi ini dikenal dermawan dan hobi dalam berdonasi," ujarnya.

Disisi lain, dia menjelaskan, masyarakat Indonesia dikenal sangat loyal terhadap merek dan lebih menyukai merek lokal, atau dikenal memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap produk lokal. Oleh karena itu, ada dua peluang mata koin yang bisa dimanfaatkan.

Pertama, untuk meningkatkan produksi barang-barang dalam negeri, dan berkolaborasi dengan UMKM yang siap on-boarding digital. Kedua, memberikan stimulus kepada para customer, seperti voucher belanja, cuci gudang online, atau big online sale lainnya menjelang hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, berapa tantangan yang perlu dikelola platform selama Ramadan, salah satunya ialah keamanan dan kenyamanan pembayaran online, serta kesamaan produk atau kualitas yang diterima dan yang dijual secara online.

Penjelasan Bima terkait peluang e-commerce, sesuai dengan survei Populix tentang Tren Belanja Online Saat Ramadan dan Jelang Lebaran (Ramadan, April 2021) menyebut, 93 persen responden belanja saat Ramadan dan untuk kebutuhan lebaran secara online. Adapun aplikasi e-commerce yang paling sering digunakan untuk belanja online adalah Shopee 90 persen, Tokopedia 41 persen, dan Lazada 30 persen.

SUMBER: BISNIS | TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life28 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan!

Berikut ini doa yang bisa diamalkan di bulan Ramadan hari ke 17 dan 18
Ilustrasi - Doa Puasa Ramadan Hari ke-17 dan 18, Jangan Lupa Diamalkan! (Sumber : Freepik.com/@Sketchepedia)
DPRD Kab. Sukabumi28 Maret 2024, 17:55 WIB

Harapan DPRD Sukabumi Kepada Kades yang Kini Memiliki Masa Jabatan 8 Tahun

Revisi UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa disahkan pada rapat paripurna DPR RI, Kamis (28/3/2024). Salah satu perubahan signifikan adalah masa jabatan kepala desa menjadi 8 tahun dan bisa 2 kali masa jabatan.
Yudi Suryadikrama, Wakil Ketua III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Jejak Wakil Rakyat
Sehat28 Maret 2024, 17:30 WIB

Cara Mudah Menghilangkan Asam Lambung: 4 Hal Ini Dapat Menolong Anda

Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah.
Ilustrasi - Beberapa langkah ini dapat membantu Anda menghilangan asam lambung secara mudah. (Sumber : Freepik.com)
Gadget28 Maret 2024, 17:10 WIB

Waspada, 6 Tanda HP Anda Telah Diretas Orang Lain, Berikut Ciri-cirinya!

Terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa HP anda sudah diretas oleh orang lain. Karenanya penting untuk diperhatikan
Ilustrasi. Mengetahui HP diretas orang lain. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life28 Maret 2024, 17:04 WIB

6 Cara Ampuh Mencegah Ular Masuk Rumah, Yuk Terapkan Sekarang Juga!

Mencegah ular masuk ke dalam rumah keharusan yang harus dilakukan untuk antisipasi lebih awal. Maka penting diketahui setiap pemilik rumah.
Ilustrasi. Cara mencegah ular masuk ke dalam rumah. (Sumber foto : Pexels/Pixabay)
Musik28 Maret 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?

Viral di TikTok jadi Lagu Galau, Inilah Lirik Lagu Dygta feat Kamasean: Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu?
Video Klip Lagu Dygta feat Kamasean Tapi Tahukah Kamu, Betapa Ku Mencintai Dirimu? (Sumber : YouTube/HaloEntertainmentIndonesia (HEI))
Nasional28 Maret 2024, 16:42 WIB

UU DKJ Disahkan: Pilgub Jakarta Dipilih Langsug, Bagaimana Wacana Sukabumi Masuk Aglomerasi?

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Provinsi Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi undang-undang.
Monas, salah satu ikon DKI Jakarta | Foto : Ist
Sehat28 Maret 2024, 16:30 WIB

Mencegah Asam Lambung Naik: 7 Kebiasaan Ini Harus Anda Lakukan Jika Ingin Sembuh

Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung naik. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life28 Maret 2024, 16:12 WIB

6 Cara Melatih Diri Agar Lebih Dewasa Secara Emosional, Terapkan Kebiasaan Ini!

Untuk menjadi lebih dewasa seseorang harus melakukan kebiasaan sehari-hari yang membantu proses tersebut. Yuk simak sederet cara agar lebih dewasa secara emosional berikut ini!
Ilustrasi. Orang dewasa emosional yang sukses. Sumber foto : Pexels/Ketut Subiyanto
Life28 Maret 2024, 16:00 WIB

Sikapnya Beda Bund! Kenali 10 Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder

Jika Ayah Bunda menduga bahwa anak mungkin mengalami Anxiety Disorder, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan mental untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Anxiety Disorder, Sikapnya Beda. (Sumber : Freepik/@freepik)