H-1 Idul Adha: Rp 45 Ribu per Kg, Harga Daging Ayam di Palabuhanratu Sukabumi

Rabu 28 Juni 2023, 12:36 WIB
Pemantauan harga daging ayam di pasar tradisional Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (28/6/2023). | Foto: Istimewa

Pemantauan harga daging ayam di pasar tradisional Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (28/6/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - H-1 Idul Adha 1444 Hijriah atau Rabu (28/6/2023), harga daging ayam potong di pasar tradisional Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, mengalami kenaikan. Diketahui, pemerintah menetapkan Idul Adha 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Catatan harga daging ayam potong itu diketahui berdasarkan inspeksi mendadak Kapolres Sukabumi Maruly Pardede bersama sejumlah instansi lainnya. Kenaikan harga mulai terjadi Rabu ini di mana Rp 45 ribu per kilogram, dari sebelumnya rata-rata Rp 40 ribu per kilogram.

"Hasil pengecekan di pasar Palabuhanratu cukup signifikan pada kenaikan ayam potong per kilogram Rp 45 ribu. Jadi satu ekor ayam (atau) satu kilogram setengah, bisa Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu," kata dia kepada awak media.

Dengan kenaikan harga yang menjadi sorotannya, Maruly memastikan persediaan ayam potong di pasar Palabuhanratu cukup memadai. Kesimpulan ini diperolehnya setelah menanyakan langsung kepada para pedagang. "Stok tidak susah, tapi harga cukup tinggi," ujarnya.

"Kami diskusi dengan stakeholder seperti Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Kami coba kegiatan yang mendukung masyarakat mendapat harga bahan pokok lebih terjangkau. Contoh nanti melaksanakan operasi pasar atau pasar murah daging ayam potong," imbuh Maruly.

Baca Juga: Disdagrin Sukabumi Incar Pemanfaatan Potensi Energi Panas Bumi untuk Pertanian

Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Sukabumi Ujang Zulkipli mengatakan pemerintah daerah tidak dapat sepenuhnya mengendalikan harga-harga yang naik di pasar, termasuk daging ayam potong.

"Cukup tinggi kenaikannya, terutama daging ayam. Harga rata-rata Rp 40 ribu (per kilogram, sekarang Rp 45 ribu (per kilogram). Untuk sisi harga kami tidak mengendalikan sepenuhnya. Tapi pemerintah daerah dan pusat sudah berusaha mencoba mengendalikannya," kata dia.

Ujang mengatakan salah satu upaya untuk mengandalikan harga, beberapa waktu lalu pihaknya melaksanakan gerakan pangan murah di Cibadak dan Palabuhanratu. Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyediakan bahan pokok dengan harga di bawah pasar untuk diakses masyarakat.

"Alhamdulillah respons masyarakat cukup baik dan cukup terkendali," katanya yang menyebut harga bahan pokok lain rata-rata stabil menjelang Idul Adha ini.

"Kalau rata-rata, 20 bahan pokok yang kami amati relatif stabil. Jadi tingkat inflasi per harinya tidak melampaui batas nasional, ada di level tengah-tengah. Penyumbang kenaikan tertinggi hari ini adalah ayam potong dan telur. Tapi di pasar Palabuhanratu harga telur relatif stabil. Semoga berdampak terhadap 12 pasar di Kabupaten Sukabumi," tambah Ujang.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Picu Kekhawatiran Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)