Inovasi Produk UMKM, Pemkot Sukabumi Dorong Pengembangan Anyaman Bambu

Rabu 08 Februari 2023, 15:15 WIB
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri pembukaan pelatihan pembuatan produk anyaman bambu di Aula Bjb pada Rabu (8/2/2023). | Foto: Istimewa

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri pembukaan pelatihan pembuatan produk anyaman bambu di Aula Bjb pada Rabu (8/2/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri pembukaan pelatihan pembuatan produk anyaman bambu tingkat Kota Sukabumi di Aula Bjb pada Rabu (8/2/2023). Momen ini dalam rangka mendorong inovasi dalam pengemasan produk UMKM dengan anyaman bambu yang ramah lingkungan.

Hadir pula Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskumindag) Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan, pimpinan Bjb Asep Gunawan, dan Founder dari Dunia Bambu Sukabumi Agus Rahman. ''Ada dua isu global yang menjadi perhatian yakni pangan dan lingkungan hidup,'' kata Fahmi.

Krisis lingkungan salah satunya berkaitan dengan sampah. Di Kota Sukabumi, kata Fahmi, produksi sampah mencapai 167 ton per hari, sehingga dikampanyekan sadar lingkungan dengan mengurangi produksi sampah, terutama sampah plastik. Pada 2020, toko-toko pun sudah dilarang menggunakan kantong plastik untuk belanja.

Baca Juga: Kuatkan UMKM, Rencana Agus Usai Dilantik Jadi Kepala Diskumindag Kota Sukabumi

Hal itu menjadi salah satu bentuk kampanye mengatasi krisis lingkungan, termasuk penggunaan bambu sebagai alternatif mengurangi pencemaran lingkungan.

Fahmi menjelaskan mengenai beberapa filosofi bambu dalam kegiatan ini. Pertama, soal pertumbuhan yang awalnya lambat karena bambu mempersiapkan dirinya dengan kuat. Filosofinya, bertumbuh memiliki proses agar kuat dalam menghadapi tantangan. Kedua, kata Fahmi, bambu tidak mudah patah dan manusia harus lentur.

Ketiga, filosofi bambu yang berawal dari rumpun-rumput bermakna potensi diri agar berkembang dan tumbuh hebat. ''Di tengah filosofi itu, bambu memberikan manfaat di tengah masyarakat,'' ujar Fahmi. Oleh karena itu, pemda ingin mengembangkan semangat entrepreneur termasuk dalam pengembangan anyaman bambu.

''Mari kolaborasi dengan dunia usaha industri, saling menguatkan antara satu dengan lainnya,'' kata dia. Salah satunya pengembangan inovasi karena Kota Sukabumi pada 2022 ditetapkan sebagai kota dengan inovasi tinggi oleh pemerintah pusat.

Sementara Kepala Diskumindag Kota Sukabumi Agus Wawan Gunawan mengatakan momen kegiatan tersebut adalah bentuk kolaborasi dalam pengembangan kemasan produk yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan anyaman bambu yang kini dikenalkan kepada pelaku UMKM di Kota Sukabumi.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh