PT KAI Beri Diskon Tiket Kereta untuk Kalangan Ini, Cek Siapa Tahu Kamu Termasuk

Jumat 13 Januari 2023, 23:20 WIB
Ilustrasi kesibukan di stasiun kereta api. PT KAI memberi diskon tiket kereta api. |Foto: KAI.

Ilustrasi kesibukan di stasiun kereta api. PT KAI memberi diskon tiket kereta api. |Foto: KAI.

SUKABUMIUPDATE.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI memberikan penawaran menarik berupa diskon tiket kereta untuk berbagai kalangan, siapa saja?

Diskon tiket kereta api ini mulai 10 persen hingga 50 persen lho. 

Dilansir dari tempo.co, tarif reduksi ini disediakan untuk berbagai kalangan dan instansi, tarif khusus untuk berbagai rute dan perjalanan kereta api, dan tarif subkelas sebagai bentuk penghargaan kepada para pelanggan loyal kereta api.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, program tersebut diberikan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

“Dengan adanya program tersebut diharapkan minat masyarakat untuk bepergian menggunakan kereta api akan semakin meningkat,” ujar Joni lewat keterangan tertulis pada Jumat, 13 Januari 2023.

Tarif reduksi itu diberikan ke berbagai kalangan masyarakat untuk membuat perjalanan menggunakan kereta menjadi lebih hemat hingga 50 persen. Berikut ketentuan tarif reduksi yang KAI berikan untuk sejumlah kalangan dan instansi:

1. Lansia
Diskon sebesar 20 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif diberikan khusus kepada pelanggan berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Titanic yang Akan Tayang Lagi 10 Februari 2023

2. Legiun veteran RI

Diskon sebesar 50 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Selasa-Kamis kecuali hari besar/ hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan. Serta diskon sebesar 30 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif yang berlaku di hari Jumat-Senin dan hari besar/hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan.

3. TNI dan Polri

Diskon sebesar 25 persen untuk kereta api komersial kelas eksekutif dan 50 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis. Diberikan kepada anggota TNI/Polri yang aktif termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri, tidak termasuk keluarganya, ataupun PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

4. Wartawan

Diskon sebesar 20 persen untuk kereta api komersial kelas ekonomi dan bisnis, dengan ketentuan menunjukan kartu pers dan surat tugas peliputan.

Baca Juga: Sinopsis Film 'Bismillah Kunikahi Suamimu’ Akan Segera Tayang di Bioskop

5. Civitas akademika

Diskon sebesar 10 persen untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS, serta anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.

Pembelian tiket harus dilakukan melalui aplikasi KAI Access dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui Loket, Customer Service, atau lokasi lainnya sesuai kerjasama antara KAI dan instansi tersebut.

Menurut Joni, saat ini sudah berbagai kalangan dan instansi yang mendapatkan diskon khusus untuk perjalanan menggunakan kereta api. "Ke depan, tidak tertutup kemungkinan bahwa akan semakin banyak masyarakat dan instansi yang mendapatkan diskon khusus untuk pembelian tiket KA," kata Joni.

Baca Juga: Gawat! Di Preman Pensiun 8 Irin Bakal Jadian Sama Sukanta?

Selanjutnya, KAI juga menyediakan tarif khusus di mana pelanggan dapat membeli dengan harga tiket lebih murah untuk rute dan kereta api tertentu. Tarif khusus tersedia untuk rute seperti Gambir – Cirebon, Bandung – Tasikmalaya, Bandung – Banjar, Cirebon - Purwokerto, Semarang Tawang/Semarang Poncol – Tegal, Purwokerto – Yogyakarta/Lempuyangan/Solo Balapan, Madiun – Malang, Surabaya Gubeng – Jember, dan lainnya.

“Tiket tarif khusus dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun maksimal 2 jam sebelum keberangkatan atau secara go show,” ucap Joni.

KAI juga menyediakan tarif yang lebih terjangkau melalui pembagian tarif subkelas pada saat penjualan tiket kereta kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi.

Baca Juga: Wajib Dicoba, Sederet Spot Mancing di Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi

Pada saat pemesanan, calon pelanggan akan melihat kode subkelas pada tiket yang diinginkan disertai beberapa alternatif tarif. Perbedaan antar kode subkelas adalah hanya pada tarif yang ditawarkan dan tidak ada perbedaan fasilitas atau tempat duduk yang nantinya didapatkan pelanggan selama dalam perjalanan.

Apresiasi bagi pemesan tiket jauh hari sebelum hari H

“Penyediaan alternatif tarif itu adalah bentuk apresiasi KAI bagi pelanggan yang memesan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, sehingga dapat memilih tarif yang diinginkan,” turur Joni.

Joni juga mengatakan bahwa tarif kereta api komersial sifatnya fluktuatif menyesuaikan dengan demand dari pelanggan. Tarif juga dipastikan selalu berada dalam Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditetapkan.

Adapun untuk kereta api yang sifatnya PSO, atau mendapatkan Public Service Obligation, tarifnya selalu tetap dan sesuai dengan tarif yang ditentukan pemerintah.

Dalam kesempatan ini Joni menyampaikan ucapan terima kasih atas seluruh atensi dan harapan masyarakat kepada KAI selama ini. Ke depan, KAI akan terus meningkatkan fasilitas di stasiun maupun seperti peremajaan kereta, percepatan waktu tempuh, penambahan face recognition, dan inovasi pelayanan lainnya.

"Sehingga masyarakat akan semakin nyaman saat menggunakan kereta api,” ucap Joni.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget29 Mei 2024, 16:30 WIB

Performa Gahar Harga 5 Jutaan! 3 Rekomendasi HP dengan RAM 8GB

HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki.
Samsung A55 5G - HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki. (Sumber : samsung.com).
Sehat29 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Pengobatan Rumah Untuk Pilek Ini Bisa Dicoba Jika Tak Suka Minum Obat

Pilek atau flu memang sering menyerang siapa saja. Karena penyakit ini sering terjadi apabila ada perubahan cuaca atau tertular dari orang lain. karena itu orang yang sedang mengalaminya lebih banyak ingin berobat di rumah
Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)