Reni Bicara Soal Keterwakilan Perempuan di Pilkada Sukabumi, Sirojudin: Saatnya Kita Punya Ibu

Kamis 02 Juli 2020, 13:13 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Reni Marlinawati dan Sirojudin menjadi pasangan pertama yang melakukan deklarasi untuk maju sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Kabupaten Sukabumi.

Deklarasi tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) PPP Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/7/2020). Reni dan Sirojudin dalam kesempatan tersebut langsung diperkenalkan di hadapan kader hingga pengurus PAC PPP se-Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: PPP Kabupaten Sukabumi Blak-blakan Soal Alihkan Dukungan Dari Adjo ke Reni-Sirojudin

Saat diwawancarai, Reni mengatakan, Rapimcab merupakan satu mekanisme yang diatur oleh PPP di dalam proses Pilkada dan pengambilan-pengambilan keputusan lainnya. Rapimcab tersebut, sambung Reni, merupakan forum pengambilan keputusan tertinggi setelah Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) di level kabupaten.

"Rapimcab ini merupakan mekanisme di dalam pengambilan keputusan sekaitan dengan Pilkada, dimana DPC PPP Kabupaten Sukabumi dalam Pilkada 2020 telah berkoalisi dengan PDI Perjuangan dan tentu teman-teman di DPC melakukan legitimasi atau pengesahan formal prosedural aturan partai melalui Rapimcab," kata Reni kepada sukabumiupdate.com usai menghadiri Rapimcab.

BACA JUGA: Mega Bintang Resmi Berkoalisi? Reni-Sirodjudin Duet Pertama yang Deklarasi Untuk Pilkada Sukabumi

Perempuan yang pernah jadi legislator senayan tersebut mengatakan, kemunculannya sekaligus menonjolkan simbol keterwakilan perempuan di Pilkada Kabupaten Sukabumi. Apalagi, sepanjang sejarah Pilkada Kabupaten Sukabumi belum pernah ada bakal calon perempuan, lebih-lebih lagi sampai terpilih menjadi kepala daerah.

"Tentu saya sebagai perempuan, ini juga merupakan kehormatan dari PPP dan PDIP untuk kami kaum perempuan. Koalisi sudah final. Soal SK, itu masih ada beberapa tahapan yang harus ditempuh. Dalam politik ada aturan main yang harus dilakukan," jelas Reni.

BACA JUGA: Kader PPP Respon Duet Reni Sirojudin di Pilkada Sukabumi, PAC Cisaat: Tak Selaras Mukercab

Walaupun telah berkoalisi dengan PDI Perjuangan, Reni tak menutup pintu apabila ada partai lain yang ingin bergabung dengannya dan Sirojudin untuk sama-sama memenangkan Pilkada.

"Hari ini pembicaraan dengan teman-teman partai lain tentu terus dilakukan. Dalam politik tidak boleh sombong, karena dalam politik kita mencari teman. Kita akan terus berkomunikasi dengan teman-teman partai yang belum menentukan pilihan," pungkasnya.

BACA JUGA: Bertemu PDIP dan Sirojudin, Ini Sikap Politik Reni Marlinawati di Pilkada Sukabumi

Di tempat yang sama, Sirojudin mengatakan Kabupaten Sukabumi selama ini belum pernah dipimpin oleh sosok perempuan. Pria yang menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Sukabumi itu juga mengajak kaum milenial untuk lebih berpartisipasi dalam membangun Sukabumi,

"Belum pernah terjadi ada pemimpin seorang Ibu di Kabupaten Sukabumi. Seorang ibu ini akan menambah kesempurnaan di Kabupaten Sukabumi. Saya sebagai orang baru di politik, kaum muda, merasa harus tampil dan bermanfaat di Kabupaten Sukabumi," singkat Sirojudin.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram