Iman Adinugraha: Nama Calon Wakil Bupati Sukabumi Sudah Ada di Kantong MH

Kamis 16 Januari 2020, 11:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pengujung 2019 lalu Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi menyatakan dukungan kepada Marwan Hamami untuk maju sebagai bakal calon bupati di Pilkada Sukabumi 2020. Salah satu figur yang sempat muncul adalah nama Iman Adinugraha, eks Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi yang kini menjabat Bendahara DPW PAN Jawa Barat.

BACA JUGA: Bantu PAN Hadapi Pilkada Sukabumi, PUAN Panaskan Mesin Organisasi

Sukabumiupdate.com mencoba mewawancarai Iman Adinugraha di kediamannya belum lama ini. Dalam kesempatan itu Iman menjelaskan mengapa PAN memposisikan diri di kubu Marwan Hamami tanpa syarat. Iman menyebut istilah tanpa syarat yang dimaksud adalah soal syarat posisi wakil bupati.

"Tentu syaratnya ada. Salah satu syaratnya Pak Marwan harus menjadikan Sukabumi lebih baik lagi. Tapi PAN tak serta merta mendukung Pak Marwan tapi tidak mewajibkan Pak Marwan harus mengambil kader PAN untuk jadi wakil bupati," kata Iman.

BACA JUGA: Resmi Dukung MH di Pilkada 2020, PAN Sukabumi: Wakilnya Kader Terbaik

Seperti diketahui, Iman pada Pilkada Sukabumi 2015 lalu juga pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Sukabumi berpasangan dengan mendiang Akhmad Jajuli yang berstatus sebagai kandidat petahana pada saat itu. Keduanya diusung oleh PDI Perjuangan dan PAN, serta memperoleh nomor urut 3.

"Pilkada tahun ini, PAN bukan tidak mau bertarung. Tapi kami sadar diri bahwa hari ini PAN tidak bisa mengusung sendiri. Ketika PAN punya jago, terus lantas PAN berkoalisi dengan partai lain, belum tentu jagoan PAN ini disepakati. Kita memberi keleluasaan kepada Pak Marwan untuk menentukan calon berdasarkan kriteria yang sudah disodorkan oleh PAN, tentunya yang berdasarkan survey punya kapasitas, popularitas dan elektabilitas," sambung Iman.

BACA JUGA: PAN Sukabumi Dukung Marwan Hamami Dua Periode, Ini Kriteria Wakilnya

Dibalik dukungan PAN kepada Marwan Hamami ini, kata Iman lagi, perlu diperhatikan juga soal chemistry antara Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi saat menjalankan roda pemerintahan. Ia mengamati Bupati Sukabumi dan wakilnya sering tak seirama, seiring dan sejalan saat sudah dilantik.

"Pikirkan juga soal kekompakan ke depan seperti apa. Jangan setahun sudah bentrok. Pak Marwan hari ini harus bisa mencari wakil yang tahu posisi untuk menjabarkan visi dan misi. Nah itu yang tidak kita inginkan. Tapi nama-nama yang akan mendampingi sudah ada di sakunya Pak Marwan. Apakah itu politisi, birokrat, pengusaha atau ulama, itu sudah ada di sakunya Pak Marwan," lanjutnya.

BACA JUGA: Dibalik Dukungan PAN Untuk Marwan Hamami Dua Periode di Pilkada Sukabumi

Menerawang Pilkada 2020 ke depan, Iman memprediksi akan ada tiga hingga empat pasangan calon yang akan muncul. Meski Iman tak menyebutkan siapa-siapa saja figur atau calonnya. Yang jelas, tegas Iman, PAN sudah sangat siap jika memang dibutuhkan untuk mendampingi Marwan.

"Ketika misalnya Pak Marwan dengan partai koalisi menginginkan kader PAN, kita sudah siap. Tetapi kalaupun tidak ingin kader PAN, kita tidak apa-apa. Pertanyaannya apakah PAN akan mundur dari koalisi apabila Iman atau kader PAN lainnya tidak diambil oleh Pak Marwan? Saya kira tidak demikian. Kita kan sudah konsisten. Tinggal sekarang bolanya ada di Pak Marwan," tegasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)