Calon Anggota KPU Kabupaten Sukabumi yang Dicoret Yakin PTUN Kabulkan Gugatannya

Jumat 02 November 2018, 05:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi periode 2018-2023, yang direvisi namanya oleh KPU RI, yakin gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) akan dikabulkan. Meli Mulyana (58 tahun) salah satu calon anggota KPU Kabupaten Sukabumi yang namanya direvisi menuturkan, keyakinannya mengacu pada perkara yang saat ini tengah berlangsung di PTUN Jakarta terkait gugatan untuk menolak hasil seleksi anggota KPU Provinsi Jawa Barat.

Kepada sukabumiupdate.com, Meli menunjukkan data dari screnshot dari www.sipp.ptun-jakarta.go.id, tertanggal Senin 01 Oktober 2018 yang isinya data umum perkara dimana PTUN menerima daftar gugatan perkara dari Syamsul Bahri Siregar dan kawan-kawan. Tergugatnya adalah produk KPU RI terkait proses pemilihan dan penetapan komisioner KPU Jawa Barat. 

”Keyakinan itu, dasarnya berimbas kepada penetapan komisioner KPU Kabupaten dan Kota se Jawa Barat. Karena, logikanya, anggota KPU yang menjabat sekarang menjalani fit and propertest oleh anggota KPU Provinsi status jabatannya cacat hukum, kalau melihat kronologis KPU Provinsi,” ujar Meli kepada sukabumiupdate.com, Kamis (1/11/2018) malam.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Sukabumi Masih Kekurangan Kotak Suara

Meli menyebut status dasar hukum jabatan komisioner KPU Provinsi Jawa Barat yang bodong juga berpengaruh terhadap keputusan-keputusannya. Seharusnya seluruh keputusan, termasuk penggunaan anggaran negara batal demi hukum.

"KPU RI yang harus mempertanggungjawabkan uang negara yang dikeluarkan," katanya.

Meli menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterimanya, PTUN bakal mengabulkan gugatan para calon anggota dari 14 Kabupaten dan Kota se Jawa Barat. Karena dirasa pelanggaran yang dilakukan KPU RI itu lebih parah ke calon anggota KPU Kabupaten dan Kota dibandingkan ke KPU Provinsi Jawa Barat.

”Bukan kami berambisi. Namun, bagaimana penyelangaraan pemilu akan berjalan dengan baik, jika seleksi penyelenggaranya dilakukan dengan cara yang tidak baik,” tukasnya.

BACA JUGA: KPU Kota Sukabumi Terima Ribuan Kotak dan Bilik Suara Pemilu 2019

Meli kembali menginformasikan isi dari data umum gugatan yang diajukan ke PTUN Jakarta tentang seleksi dan penetapan calon komisioner KPU Provinsi Jawa Barat. Data umum perkara menyebutkan penggugat meminta PTUN menyatakan Keputusan KPU RI Nomor : 1110/PP. 06-Kpt/05/KPU/IX/2018 batal atau tidak sah. 

Jika gugatan ini diterima, KPU RI disebut wajib melaksanakan tahapan seleksi fit and proper test ke 16 peserta seleksi yang dinyatakan lulus untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU Provinsi Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023, untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Calon Anggota KPU Provinsi Jawa Barat Periode Tahun 2018-2023.

Penggugat juga meminta PTUN menghukum tergugat untuk membayar denda atas kerugian materil dan immateriil dalam perkara ini sebesar Rp.5.000.000.000,- (Lima Milliar rupiah). Lalu, menghukum tergugat untuk membayar uang paksa sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah) untuk setiap hari keterlambatannya dalam menjalankan keputusan ini.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)
Gadget20 Mei 2024, 17:30 WIB

Intip Spesifikasi dan Harga HP Tecno Camon 30 Series yang Segera Hadir di Indonesia

Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam.
Seri terbaru dari smartphone Tecno ini menghadirkan beberapa model dengan spesifikasi dan harga yang beragam. (Sumber : tecno-mobile.com).
Sehat20 Mei 2024, 17:15 WIB

Jangan Asal Percaya ! Berikut 7 Mitos dan Fakta Tentang Asam Urat

Banyak mitos yang beredar di tengah masyarakat tentang asam urat. Namun untuk bisa membaca beberapa ulasan mengenai asam urat di dalam artikel ini
Ilustrasi orang dewasa mengalami asam urat di area tangan (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 17:03 WIB

Bupati Sukabumi Minta OPD Selalu Evaluasi Kinerja Demi Percepatan Target Pembangunan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami juga menghimbau semua OPD dapat menjaga jiwa korsa sebagai ASN menjelang pelaksanaan Pilkada 2024.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat memimpin rapat dinas bulan Mei 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik20 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Forever Loreen yang Viral di TikTok

Salah satu penggalan Lirik Lagu Forever Loreen yang viral di media sosial adalah "You make me feel like forever", sehingga banyak dicari warganet.
Lirik dan Terjemahan Lagu Forever Loreen yang Viral di TikTok (Sumber : YouTube Loreen)
Internasional20 Mei 2024, 16:49 WIB

Tewas Kecelakaan Pesawat: Presiden Iran Ebrahim Raisi Digantikan Mohammad Mokhber

brahim Raisi meninggal dalam kecelakaan pesawat, Presiden sementara Iran digantikan Mohammad Mokhber.
Presiden Ebrahim Raisi Digantikan Mohammad Mokhber, usai tewas dalam kecelakaan pesawat | Foto : Ist