Pelantikan Pengurus PWI Kota Sukabumi 2021-2024, Andri: Pemerintah Perlu Kritik

Sabtu 04 Desember 2021, 15:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Sukabumi periode 2021-2024 resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Ketua PWI Provinsi Jawa Barat (Jabar) Hilman Hidayat, dan dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami dan Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, Sabtu (4/12/2021).

Dalam sambutannya, Ketua PWI Jabar mengatakan bahwa anggota PWI harus berbeda dengan wartawan pada umumnya. Wartawan PWI harus berani menguak fakta sebenarnya dalam memberikan informasi kepada publik. 

Karena dalam kondisi kekacauan yang berada pada media sosial saat ini, wartawan harus hadir sebagai pencerdas dalam memberikan informasi kepada masyarakat. "Jangan hanya manut ke penguasa, ke pengusaha atau manut dengan sebuah komitmen. Wartawan PWI harus beda dengan jurnalis lainnya, jangan semua yang dikatakan narasumber langsung ditulis, tanpa dilakukan analisis mendalam, tanpa melakukan perbandingan terhadap para ahli di bidangnya. Kalau hanya jadi beo, tidak ada bedanya kita dengan konten kreator," tutur Hilman pada pidato sambutannya.

Lanjutnya, saat ini industri pers sudah menjadi sebuah industri kapitalis, apalagi dalam era digital saat ini kita bersaing dengan para penggiat media sosial. Mereka sebagai konten kreator tidak perlu mengikuti kode etik jurnalis, namun kita lihat apa yang mereka hasilkan dari karya mereka, ternyata bisa banyak pembaca maupun penontonnya.

"Anda kalau bikin berita harus menarik, jangan sampai berita yang anda buat itu hanya dibaca oleh anda, redaktur dan teman anda. Belajarlah menulis berita yang benar, viral itu bukan akibat berita yang dipelintirkan, namun memang akibat jelasnya informasi yang diberikan berdasarkan fakta dan analisis yang mendalam," paparnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Hilman juga menitipkan kepada Ketua dan Pengurus PWI Kota Sukabumi yang baru dilantik, untuk bisa mengemban amanah baru ini selama masa periode hingga 2024 mendatang.

photoDalam acara yang berlangsung tersebut, juga dilakukan kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan, untuk 50 orang anak yatim. - (dok PWI Kota Sukabumi)</span

"Saya titip kepada Ketua PWI Kota Sukabumi, untuk bisa melakukan pembinaan kepada wartawan PWI Kota Sukabumi, agar bisa tetap kritis dalam memberikan berita. Kita memang mitra pemerintah daerah, namun tetap harus professional," pungkasnya.

Sementara itu, menyambut baik pesan yang diberikan Ketua PWI Provinsi Jabar, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami membenarkan bahwa sebagai bentuk kemitraan antara pemerintah daerah dengan wartawan PWI, bukan berupa harus membuat berita baik saja. Karena pada pemerintah juga memerlukan sebuah kritik, untuk menjadi bahan evaluasi dalam melakukan pembangunan di daerah.

Baca Juga :

"Jadi jangan karena bermitra berita yang bagus terus, karena yang buruk itu kan juga bisa membangun. Pemerintah butuh banyak dukungan untuk membangun daerah, khususnya Kota Sukabumi," ucapnya.

Masih menurut Wakil Wali Kota Andri, dirinya juga mengapresiasi atas kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Pemerintah Kota Sukabumi dengan para pewarta, khususnya yang tergabung dalam PWI Kota Sukabumi.

"Selamat untuk Ketua dan Pengurus PWI Kota Sukabumi periode 2021-2024 yang baru dilantik. Tetap semangat dan selalu amanah dalam mengemban tugasnya," tandasnya.

Ketua PWI Kota Sukabumi periode 2021-2024 Muhammad Satiri mengatakan, bahwa dukungan pemerintah daerah harus terus terjalin. Dan juga diharapkan dukungan serta bimbingan dari para pendahulu di PWI Kota Sukabumi, agar organisasi profesi ini bisa terus menjadi sebuah corong informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan warga Kota Sukabumi khususnya.

"Kebetulan saat ini, di PWI Kota Sukabumi sudah banyak diisi oleh jurnalis muda, yang diharapkan bisa lebih semangat berjuang dalam memberikan informasi yang faktual dan terpercaya. Oleh sebab itu, dukungan para senior sangat diharapkan untuk bersama memajukan organisasi profesi jurnalis ini," pungkasnya.

Pada prosesi pelantikan tersebut, selain melantik Ketua dan Pengurus PWI Kota Sukabumi periode 2021-2024, juga dilakukan pelantikan Ketua dan Pengurus IKWI (Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia) Kota Sukabumi periode 2021-2024. Fajriyanti dilantik sebagai ketua IKWI Kota Sukabumi periode 2021-2024, oleh ketua IKWI Jabar Jiean Ajiyanpi Novalia.

Dalam acara yang berlangsung tersebut, juga dilakukan kegiatan bakti sosial berupa pemberian santunan, untuk 50 orang anak yatim. Secara simbolis, perwakilan dari anak yatim, menerima langsung santunan berupa donasi dan paket sembako, yang berasal dari sponsor seperti Pemerintah Kota Sukabumi, DPRD Kota Sukabumi, BPKD Sukabumi, Bank BJB Cabang Sukabumi, Rumah Aspirasi Heri Gunawan, Anggota DPR RI Dewi Asmara, WOM Finance Cabang Sukabumi, PT. SCG, BULOG dan PT Pertamina.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production