KPPN Sukabumi Kembali Raih Prestasi, Nilai IKPA BUN Terbaik se-Jawa Barat

Jumat 19 November 2021, 15:43 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - KPPN Sukabumi kembali mengukir prestasi membanggakan. Setelah sebelumnya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sukabumi ini menjadi penyalur DAK Fisik tertinggi se-Jawa Barat, kali ini capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran atau IKPA sebagai Pembina Satuan Kerja/ BUN (Bendahara Umum Negara BUN) juga terbaik se Jabar.

Sesuai Nota Dinas Direktur Pelaksanaan Anggaran Direktorat Jenderal Perbendaharaan nomor ND-991/PB.2/2021, KPPN Sukabumi meraih nilai 96,03. Nilai tersebut mengantarkan KPPN Sukabumi meraih peringkat 9 untuk KPPN tipe A1 secara nasional untuk periode triwulan III tahun 2021, atau tertinggi se-Jawa Barat. 

Hal ini disampaikan Kepala KPPN Sukabumi, Sudirman, di ruang kerjanya, Jumat (19/11/2021). "Sebagai informasi, IKPA merupakan indikator yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan selaku Bendahara Umum Negara untuk mengukur kualitas tingkat kinerja pelaksanaan anggaran belanja Kementerian/Lembaga dari sisi kesesuaian perencanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan atas regulasi," jelas Sudirman..

IKPA memuat 13 indikator, yang meliputi (1) penyerapan anggaran, (2) data kontrak, (3) penyelesaian tagihan, (4) konfirmasi output, (5) pengelolaan uang persediaan dan tambahan uang persediaan, (6) revisi DIPA, (7) deviasi Halaman III DIPA, (8) LPJ bendahara, (9) perencanaan kas, (10) kesalahan Surat Perintah Membayar (SPM), (11) retur Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D), (12) pagu minus, dan (13) dispensasi SPM.

photoKepala KPPN Sukabumi, Sudirman - (dok KPPN Sukabumi)</span

“Capaian ini merupakan hasil kinerja dan kerja keras dari seluruh jajaran pegawai KPPN Sukabumi dan sinergi dengan para pengelola keuangan pada satuan-satuan kerja lingkup KPPN Sukabumi,” sambungnya. 

Sudirman sangat mengapresiasi upaya tak kenal lelah atas kinerja jajarannya.  Penilaian IKPA KPPN ini merupakan kategori IKPA selaku Pembina Satuan Kerja/Bendahara Umum Negara (BUN). 

Baca Juga :

KPPN Sebut Penyaluran DAK Fisik di Sukabumi Tertinggi se-Jawa Barat

Baca Juga :

KPPN: Capai Rp 1,9 Triliun, Serapan APBN di Sukabumi Lampaui Target Nasional

Dengan demikian, peran dari para petugas KPPN, terutama para Pembina Teknis Perbendaharaan Negara (PTPN) dalam melakukan pembinaan kepada seluruh pengelola keuangan di satuan-satuan kerja sangat penting.

Sudirman juga menghimbau kepada para pejabat pengelola keuangan satuan kerja agar rajin memantau hasil penilaian IKPA melalui aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN). Melalui aplikasi ini dapat dipantau progres nilai dari masing-masing indikator sehingga dapat segera diambil langkah strategis terhadap capaian indikator yang nilainya belum memuaskan.  

“Saya berharap capaian ini dapat memotivasi para pegawai, utamanya PTPN untuk semakin bersemangat dan memberikan dedikasi terbaiknya dalam melakukan pembinaan terhadap para pengelola keuangan di satuan-satuan kerja sehingga di triwulan IV dapat meraih predikat sebagai KPPN terbaik di tingkat nasional,” kata Sudirman.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)
Life26 April 2024, 19:27 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Membuat Anda Lebih Bijak Menghadapi Masalah Hidup

Menghadapi masalah dengan bijak tentu harus dibiasakan. Untuk itu, perlu melakukan kebiasaan yang membuat lebih bijak.
Kebiasaan yang bikin bijak hadapi masalah. | Sumber Foto : Pexels/Sanket Mishra
Internasional26 April 2024, 19:26 WIB

140 Negara Secara Resmi Mengakui Palestina sebagai Negara, Terbaru Jamaika

Jamaika secara resmi mengumumkan pengakuan Palestina sebagai sebuah negara. Keputusan ini diambil lewat musyawarah kabinet pada Senin, 22 April 2024.
Jamaika resmi mengakui Palestina sebagai negara | Foto : Ist
Life26 April 2024, 19:11 WIB

Tarik Perhatian Mereka, Terapkan 8 Tips Berikut Untuk Mengajak Anak Bekerja Sama

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang baik, patuh dan mudah di ajak kerja sama. Untuk menerapkannya coba terapkan beberapa tips berikut.
Ilustrasi tips mengajak anak bekerja sama / Sumber Foto : Freepik/@freepik
Life26 April 2024, 19:00 WIB

5 Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya

Masalah Finansial, Awas Jangan Lakukan Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuat Hidup Sulit Kaya Ini!
Ilustrasi - Masalah keuangan. Kebiasaan Malas Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Pixabay.com/@30726203)