Angkat Potensi Petani Perempuan di Sukabumi, Drh Slamet Beri Bekal Ini

Minggu 19 September 2021, 13:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) drh Slamet menghadiri bimbingan teknis peningkatan kapabilitas petani/pelaku usaha hortikultura. Ini merupakan program Kementerian Pertanian dan Komisi IV yang berlangsung di salah satu hotel di Salabintana Sukabumi, Sabtu, 18 September 2021.

Slamet mengatakan kolaborasi tersebut adalah langkah awal untuk mengangkat sektor pertanian, terutama para perempuan petani hortikultura di Kabupaten Sukabumi. "Ibu-ibu tani bisa berperan juga dalam mengangkat potensi pertanian di Sukabumi," kata Slamet kepada awak media. Slamet merupakan legislator asal daerah pemilihan Sukabumi.

Politisi senior PKS ini juga sempat menyoroti angka perdagangan orang, dalam hal ini perdagangan perempuan di Sukabumi yang cukup mengkhawatirkan. Sehingga Slamet berharap program ini bisa mengurangi angka kasus perdagangan orang terutama kaum perempuan. "InsyaAllah program ini sedikitnya bisa menekan kasus tersebut," ujar dia.

Bimbingan teknis itu diikuti 10 Kelompok Wanita Tani atau KWT se-Kabupaten Sukabumi. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan peningkatan kapabilitas petani/pelaku usaha holtikultura yang dimulai sejak Sabtu pagi.

Peserta tersebut datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Sukabumi, yang didominasi KWT penerima program P2L, yakni 100 orang. Antara lain dari Kecamatan Cicurug, Gegerbitung, Cireunghas, Kebonpedes, Cicurug, Cidahu, Sukaraja, Nyalindung, Sagaranten, Cisaat, dan Kadudampit.

photoDrh Slamet. - (Istimewa)

Baca Juga :

Drh Slamet Salurkan Bantuan Freezer bagi Nelayan Cisolok Sukabumi

Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari atau P2L merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesbilitas, dan pangan rumah tangga, sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman atau B2SA, serta berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Sekretaris Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Retno Sri Hartati menyatakan bimbingan teknis ini adalah bentuk kerja sama atau kolaborasi yang baik untuk dekat dengan masyarakat terutama para petani perempuan. 

"Ini merupakan sinergi yang sangat baik untuk dekat dengan masyarakat guna meningkatkan kapasitas para petani terutama ibu-ibu petani untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai sumber nutrisi keluarga," katanya.

"Yaitu dengan menanam sayur, buah, obat, sampai tanaman hias. Para petani wanita ini semangat dan berniat untuk terus memproduksi tanaman tersebut dan diintegrasikan dengan ternak juga ikan sebagai sumber nutrisi dan pendapatan," tambah Retno. Ia pun menyatakan ke depan akan ada kegiatan pengembangan UMKM bagi para petani. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Denis Eriska sangat menyambut baik program-program yang digulirkan terutama P2L. "Di masa pandemi ini, sangat membantu gizi keluarga. Bisa mencukupi kebutuhan hidup, minimal untuk keluarga dan jadi income tambahan, sehingga tercipta kesejahteraan," kata dia.

SUMBER: SIARAN PERS

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Keuangan06 Mei 2024, 18:20 WIB

BPR Jampangkulon Sukabumi Gencar Sosialisasikan Program Pinjaman Bagi Honorer

Perumda BPR Sukabumi Cabang Jampangkulon terus berupaya melakukan sosialisasi program pelayanan pinjaman bagi honorer.
Kepala BPR Jampangkulon, Erviandi. (Sumber : SU/Ragil)
Life06 Mei 2024, 18:00 WIB

Dirumah Banyak Semut? Amalkan Doa Nabi Sulaiman AS untuk Mengusirnya

Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS.
Ilustrasi - Bacaan Doa Mengusir Semut yang Dipanjatkan Nabi Sulaiman AS. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat06 Mei 2024, 17:55 WIB

Kabar Sukabumi Utara? Tanpa Cabut Moratorium 9 Kabupaten Baru di Jabar Hanya Wacana

Selama ini proses pemekaran daerah-daerah ini, termasuk Kabupaten Sukabumi Utara terganjal aturan moratorium pemekaran daerah otonom baru atau DOB.
Peta kecamatan yang akan ke wilayah Kabupaten Sukabumi Utara. Kabar terbaru 9 DOB di Jabar (Sumber: istimewa)
Life06 Mei 2024, 17:30 WIB

Taklukkan Monster Gadget: 7 Jurus Ampuh Menjauhkan Anak dari Kecanduan!

Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan.
(Foto Ilustrasi) Dengan menerapkan tips-tips ini, Anda dapat membantu anak Anda untuk menggunakan gadget dengan bertanggung jawab dan terhindar dari kecanduan. | Foto: Pexels.com