Jumat Pagi, Komunitas di Cisolok Sukabumi Ini Keliling Bagikan Makan hingga Sembako

Jumat 08 Januari 2021, 04:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kegiatan sosial yang dilakukan komunitas relawan di Kampung Cisolok, Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi ini bisa dijadikan inspirasi dalam upaya membantu sesama.

Di tengah Pandemi Covid-19, komunitas Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Cisolok melakukan aksi sosial bagi-bagi sembako dan program sedekah makan pagi atau Semagi serta menyantuni puluhan anak yatim yang ada di Desa Cisolok setiap hari Jumat pagi. Dari pintu ke pintu atau door to door, sedekah itu dilakukan. 

BACA JUGA: Cek Lokasi! Bakmi Gratis di Hari Jumat, Cara Bersedekah Pengusaha Kuliner Sukabumi

Relawan Komunitas relawan rumah zakat, Nanan mengatakan program yang dilakukan komunitas ini berawal dari keprihatinan masyarakat yang sulit mendapatkan penghasilan di saat pandemi Covid-19. Ditambah banyaknya bencana yang melanda Sukabumi di saat musim hujan ini.

Dari sana, kata Nanan, komunitas Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya Cisolok membentuk tim kecil bernama kampung sedekah berdaya yang bertujuan memotivasi, agar masyarakat bisa peduli dan berbagi manfaat untuk masyarakat sekitar.

BACA JUGA: Gerobak Sedekah, Cara Unik Pemuda Sukabumi Ajak Warga yang Ingin Berbagi

Program ini berjalan dengan bantuan dana yang berasal dari donatur, kata Nanan. Dana itu dikelola dan dibelikan bahan makanan  untuk Semagi yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat kemudian para penjaga masjid dan kepada kaum dhuafa di Desa Cisolok.

Ketika ada sisa dana dari donatur itu, akan disedekahkan untuk anak yatim. "Kami berharap penyaluran kegiatan Semagi ini bisa lebih besar ke tingkat kecamatan bahkan kabupaten," jelasnya.

Untuk itu, Nanan mengajak kepada masyarakat yang memiliki harta lebih dan ingin berpartisipasi dalam kegiatan Semagi tersebut bisa ikut menyalurkan bantuannya untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. "Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi motivasi dan diterapkan di beberapa desa yang lainnya," terangnya.

Sementara itu, Didi (45 tahun) warga Cisolok yang setiap hari jumat membersihkan masjid mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Menurut dia, hal itu sangat membantu semenjakcorona merebak. "Terima kasih kepada para donatur yang sudah berpartisipasi dalam program ini,  semoga infaq shodaqohnya menjadi amal baik kelak, semoga kita semua mendapatkan keberkahan dan wabah corona segera hilang di muka bumi ini," singkatnya.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat24 April 2024, 16:36 WIB

Membahas Keberadaan Perda Pesantren di Jawa Barat Bersama Kang Hendar

Salah satu peraturan daerah yang diterbitkan pemerintah provinsi Jawa Barat untuk mengakomodir kepentingan pesantren dan para santri.
Penyebarluasan perda pesantren di Jawa Barat bersama Kang Hendar, Senin, 22 April 2024, di MDTA Al-Istiqomah, Kp Cibolang RT 29/07 Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: istimewa)
Life24 April 2024, 16:30 WIB

6 Cara Meredakan Stres Akibat Terkena Penyakit Diabetes, Yuk Terapkan!

Meredakan stres saat mengalami penyakit diabetes bisa dilakukan dengan beberap langkah yang sangat sederhana.
Ilustrasi. Cara meredakan stress saat diabetes. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi24 April 2024, 16:13 WIB

Gerakan Sinergi Reforma Agraria, Bupati Sukabumi: Kita Jaga Masyarakat Sejahtera

Dalam rangka Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN), Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Kementerian ATR/BPN memanen pisang cavendish.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat mendampingi Dirjen Penataan Agraria Kementerian ATR/BPN Dalu Agung Darmawan yang berkunjung ke Kampung Lio, Desa Sinarjaya Warungkiara. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Bola24 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi Liga 1 Persik Kediri vs PSS Sleman: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri.
Persik Kediri akan menjamu lawannya PSS Sleman malam ini di Stadion Brawijaya Kediri. (Sumber : X/@PSSleman/@persikfckediri).
Life24 April 2024, 15:30 WIB

6 Bahaya Kebiasaan Mengeluh yang Mengancam Kesehatan, Bisa Berumur Pendek!

Kebiasaan mengeluh rupanya sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sebabnya setiap orang perlu menghindari kebiasaan demikian demi kesehatannya.
Ilustrasi. Bahaya kebiasaan mengeluh untuk kesehatan. Sumber Foto : Pexels/David Garrison
Nasional24 April 2024, 15:14 WIB

Dapat Nilai Baik, Pemkab Sukabumi Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPM

Dapat nilai baik oleh Kemendagri dalam SPM Awards 2024, Sekda Ade sebut Pemkab Sukabumi berkomitmen tingkatkan kualitas penyelenggaraan SPM.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman (tengah) menghadiri Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, Rabu (24/4/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Inspirasi24 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini!

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Perawat di Rumah Sakit Swasta Sukabumi, Cek Kualifikasinya Disini! (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 14:56 WIB

BAPPEDA Bahas Perencanaan Inklusif Soal Kota Sukabumi Raih Penghargaan Tingkat Jabar

Salah satu inovasi yang ditampilkan Pemkot Sukabumi adalah One Roof.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan jajarannya saat menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Senin, 22 April 2024 di Hotel Luxury, Bandung. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Nasional24 April 2024, 14:45 WIB

Pidato Perdana Prabowo Usai Resmi Ditetapkan jadi Presiden Terpilih 2024-2029

Berikut isi pidato perdana Prabowo Subianto setelah resmi ditetapkan jadi Presiden Indonesia terpilih 2024-2029.
Didampingi Gibran Rakabuming Raka, Prabowo Subianto sampaikan pidato perdana setelah resmi ditetapkan jadi Presiden RI terpilih. (Sumber : Youtube KPU RI)
Jawa Barat24 April 2024, 14:37 WIB

Kang Hendar Sosialisasikan Perda Perlindungan Anak di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat adalah salah satu daerah yang sudah memiliki payung hukum untuk perlindungan anak.
Kang Hendar dalam Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang perlindungan anak, Sabtu, 6 April 2024 di Aula Wisma Panineungan, Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi. (Sumber: doktim)