Sudah 5 Hari Desa di Cidadap Sukabumi Mati Lampu, Rekap Pilkadapun Gelap-gelapan

Sabtu 12 Desember 2020, 04:24 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Dua desa di Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi hingga hari ini, Sabtu (12/12/2020) dilaporkan masih mati lampu. Sudah lima hari kedua desa ini bergelap-gelapan, bahkan proses rekap dan pelaporan  pilkada 2020 pun dilakukan dengan penerangan aplikasi senter smartphone, itupun untuk mengecas piranti elektronik harus bergantian di kantor desa yang menggunakan mesin genset.

Kedua desa itu adalah Tenjolaut dan Hergalmulya, salah satu wilayah paling luar Kabupaten Sukabumi yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur. Kepala Desa Tenjolaut, Soleh mengungkapkan aliran istrik di wilayahnya emang sudah sering terganggu, “Tapi sudah lima hari ini mati total, info dari PLN banyak sambungan dan gardu yang terdampak bencana badai, hujan deras disertai angin kencang,” ungkapnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (12/12/2020).

Kondisi ini menurut Soleh menganggu aktivitas warga dan pemerintahan desa khususnya sejumlah tahapan pilkada 2020 yang digelar tanggal 9 Desember 2020 kemarin. “Proses rekap data sulit dilakukan di TPS. Kita ada genset di Kantor Desa, jadi warga dan petugas banyak yang melakukan kegiatan disana, termasuk ngecas handphone,” sambung Kepala Desa Tenjolaut.

“Selama lima hari ini, warga terus berdatangan ke kantor desa hanya untuk ngecas peralatan elektronik mulai dari hp, senter dan dan lainnya. Apalagi kan pelajar masih belajar daring, kasian juga,” pungkas Soleh yang berharap masalah aliran listrik ini segera bisa ditanggulangi oleh PLN.

BACA JUGA: 17 Kecamatan Masih Mati Lampu, Pelaporan Sirekap Mobile Pilkada Sukabumi Terganggu

Ia memaparkan bahwa masalah listrik mulai tidak stabil di dua desa ini sejak dua tahun silam, saat PLN  memperluas jaringan ke Desa Mulya Sari Cianjur dari gardu PLN di Desa Hegarmulya. “Sejak itu listrik byarpet, kami sudah melaporkan kendala ini karena warga juga protes ke kami alat-alat rumah tanggal mudah rusak karena listrik tidak stabil,” pungkas Soleh.

PLN sendiri mengakui jika cuaca ekstrim hujan disertai angin puting beliung yang terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Barat sepekan terakhir menyebabkan gangguan aliran listrik di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan sekitarnya. Mulai Jumat (11/12/2020) kemarin, seluruh gardu atau sebanyak 7.155 gardu yantg mengalami gangguan dan tersebar di Tasikmalaya, Cimahi, Cianjur, Sukabumi, dan Garut dilaporkan telah kembali menyala.

Warga berkumpul di Kantor Desa Tenjolaut Cidadap hanya untuk cas hp dari genset yang disediakan pemdes

 “Tim terus bekerja keras dan memonitor kondisi di lapangan sejak cuaca ekstrim terjadi. Untuk mempercepat pemulihan kami turunkan 494 personil yang berasal dari berbagai unit yang ada di Jawa Barat, mereka hadir membantu upaya percepatan pemulihan,” ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Agung Nugraha dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com.

Jumlah personil tersebut tersebar diantaranya di Sukabumi sebanyak 218 personil, di Cianjur sebanyak 30 personil, di Garut sebanyak 132 personil, di Tasikmalaya sebanyak 64 Personil dan di Cimahi sebanyak 50 Personil.  “Tidak hanya itu, kami juga banyak sekali mendapatkan bantuan dari masyarakat dan TNI pada proses pemulihan kelistrikan, sehingga kini listrik menyala kembali,” tambah Agung.

BACA JUGA: PLN Minta Maaf! Petugas Masih Tangani Listrik Padam di Sukabumi, Ini Daftarnya

Agung mengakui Sukabumi adalah wilayah terdampak paling parah dari bencana tersebut. “Sukabumi memang menjadi daerah terparah, karena di sana hujan lebat disertai angin puting beliung yang mengakibatkan banyak tiang patah tertimpa Pohon pada medan yang sulit. Oleh karena itu, untuk kepentingan masyarakat, kemarin kami gunakan genset yang disediakan di tempat-tempat fasilitas umum,” tambah Agung. 

Catatan Redaksi: Ada perubahan naskah pukul 12.32 WIB. 

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 15:30 WIB

4 Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih

Artikel ini akan membahas rekomendasi warna rambut yang cocok untuk kulit putih, serta memberikan saran umum tentang cara memilih warna rambut yang tepat untuk Anda.
Ilustrasi. Ilustrasi. Rekomendasi Warna Rambut yang Cocok untuk Orang Berkulit Putih. Foto: Dok/SU (pixabay.com)
Bola29 Maret 2024, 15:15 WIB

Prediksi Barito Putera vs PSIS Semarang di Liga 1: H2H, Skor dan Live Streaming

Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia
Laga Barito Putera vs PSIS Semarang di pekan ke-30 Liga 1 akan menjadi salah satu laga menarik yang akan menghibur penggemar sepak bola di Indonesia  (Sumber : jatengprov.go.id)
Life29 Maret 2024, 15:02 WIB

Hati-hati Ya! 7 Hal Kecil Ini Bisa Membuat Kamu Semakin Boros

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pola-pola pengeluaran yang berpotensi merugikan, pembaca diharapkan dapat mengambil langkah-langkah yang lebih bijaksana dalam mengelola keuangan pribadi mereka
Ilustrasi - Hal-hal Kecil yang Bisa Membuat Kamu Semakin Boros (Sumber : pixabay/@savemoney)
Inspirasi29 Maret 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat untuk Penempatan Wilayah Karawang. Jobseeker Simak Syaratnya!
Ilustrasi. wawancara kerja. | Lowongan Kerja Lulusan SMA di Jawa Barat, Penempatan Wilayah Karawang (Sumber : Freepik.com)
Kecantikan29 Maret 2024, 14:45 WIB

8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba!

Wajah adalah salah satu bagian tubuh yang paling terlihat dan sering kali menjadi cerminan dari kesehatan dan kesejahteraan kita
Ilustrasi - 8 Cara Agar Terlihat Awet Muda Anti Mainstream, Yuk Dicoba! (Sumber : pixabay/@beauty)
Life29 Maret 2024, 14:30 WIB

7 Cara Agar Selalu Disegani Banyak Orang, Public Speaking Jadi Kunci!

Disegani banyak orang menjadi suatu hal yang spesial bagi diri sendiri. Untuk memperolehnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam keseharian hidup.
Ilustrasi. Orang yang disegani teman sekitar. Sumber foto : Pexels/Felicity Tai
Food & Travel29 Maret 2024, 14:15 WIB

Tak Jauh dari Jakarta, Air Terjun Paling Hits di Sentul Ini Cocok Untuk Healing pas Weekend

Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan
Curug Bidadari menjadi salah satu air terjun favorit di Sentul Bogor untuk mengisi momen libur akhir pekan (Sumber : Ist via zesthotel.com)
Life29 Maret 2024, 14:02 WIB

5 Cara Merawat Kipas Angin Biar Lebih Awet

Pastikan kamu tidak mengoperasikan kipas angin terus menerus dalam waktu yang lama.
(Foto Ilustrasi) Kipas angin menjadi peralatan elektronik untuk menjaga kesejukan rumah saat cuaca panas. | Foto: Istimewa
Motor29 Maret 2024, 14:00 WIB

6 Tips Agar Motor Hemat Bensin: Hindari Rem Mendadak!

Membuat motor tidak boros bensin sangat bermanfaat bagi penggunanya. Sebab, hal ini bisa menghemat pengeluaran dan belanja keuangan sehingga aman terkendali.
Ilustrasi. Perawatan kendaraan roda dua. Cara membuat motor hemat bensin. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Sukabumi29 Maret 2024, 13:49 WIB

Ajaran Baru 2024, UMMI Sukabumi Gandeng Jamkrindo Buka Beasiswa bagi Warga Kurang Mampu

Reny berharap beasiswa kemitraan ini dapat menjangkau seluas-luasnya masyarakat.
UMMI Sukabumi bersama PT Jamkrindo memfasilitasi anak kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikannya. | Foto: UMMI