Aksi Tolak UU Cipta Kerja di Sukabumi Dimulai oleh Buruh GSI Cikembar

Selasa 06 Oktober 2020, 04:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Beberapa video bertebaran di situs jejaring sosial Facebook dan Instagram memperlihatkan ratusan buruh berdemonstrasi di halaman pabrik. Belakangan diketahui, aksi demo tersebut berlokasi di PT GSI Cikembar Kabupaten Sukabumi, Selasa (11/10/2020).

"Hari ini demo semua buruh di GSI Cikembar. Pabrik hari ini tidak beroperasi. Di blok A itu demo soal PHK, di blok B demo soal Omnibus Law," kata salah seorang staf PT GSI Cikembar yang meminta namanya tak disebutkan.

Ia menjelaskan, aksi protes di blok A mengenai PHK lantaran para buruh sepakat ingin semua di-PHK tanpa menyisakan satupun karyawan.

"Jadi mereka ingin kalau di-PHK satu, ya PHK semua. Tadinya kan mau menyisakan sekitar 1.500 karyawan yang masih dipekerjakan. Itu udah bukan ribuan lagi, tapi puluhan ribu yang demo," lanjutnya.

BACA JUGA: Gejolak dan Seruan Aksi Tolak Omnibus Law dari Serikat Buruh di Sukabumi

Kemudian, lanjutnya, di blok B ribuan buruh berunjuk rasa menolak Omnibus Law, khususnya menolak RUU Cipta Kerja. "Sekarang demo di blok B masih berlangsung. PT GSI ditutup, tidak beroperasi. Beberapa ada yang ikut demo, ada juga yang pulang," tandasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Sukabumi, Budi Mulyadi menyebut aksi demo buruh di GSI Cikembar berkaitan dengan rencana pengurangan karyawan.

"Itu demo mengenai rencana pengurangan karyawan. Ada juga yang dimutasi tapi maunya di-PHK. Beda-beda persepsi karyawannya," singkat Budi.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Agus Muharam membenarkan di pabrik sepatu tersebut para buruh tengah menyampaikan aspirasinya. "Ada aksi penyampaian pendapat buruh di pabrik GSI Cikembar," singkat Agus.

Ingat Pesan Ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Bola22 April 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Lolos ke Championship Series, Ini Misi Teja Paku Alam Selanjutnya

Teja Paku Alam dan rekan-rekannya bertekad bawa Persib juara di Championship Series.
Teja Paku Alam dan rekan-rekannya bertekad bawa Persib juara di Championship Series. | (Sumber : persib.co.id/Barly Isham)
Sukabumi22 April 2024, 13:43 WIB

Percepatan Pembangunan, Sekda Kota Sukabumi dalam Sosialisasi Penyaluran TKD 2024

Sosialisasi penyaluran TKD baru dapat dilaksanakan pada April ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Sosialisasi Penyaluran TKD Tahun 2024 di Kantor KPPN Sukabumi, Senin (22/4/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life22 April 2024, 13:30 WIB

6 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Teman Kerja, Banyak Drama dan Gosip!

Dampak negatif dekat dengan teman kerja ini bisa mengganggu produktivitas dan mengaburkan garis antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
Ilustrasi. Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Teman Kerja, Banyak Drama dan Gosip! (Sumber : pexels/tirachardkumtanom)
Sukabumi22 April 2024, 13:24 WIB

Selama Lebaran 2024 BPBD Kota Sukabumi Tangani Sejumlah Bencana

Sejumlah kejadian bencana di Kota Sukabumi terjadi sejak H-7 lebaran.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sehat22 April 2024, 13:15 WIB

6 Faktor Penyebab Gigi Kuning, Ini yang Wajib Diketahui!

Senyum adalah salah satu aset terbesar dalam penampilan seseorang. Namun, apa yang terjadi ketika senyum yang indah itu terhalang oleh perubahan warna pada gigi?
llustrasi. Menyikat gigi yang kuning. Sumber : pixabay/lookiesjenn
Sehat22 April 2024, 13:00 WIB

Diet Rendah Kolesterol: 13 Makanan dengan Nutrisi Terbaik, Tinggi Serat dan Lemak Tak Jenuh

Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh.
Ilustrasi - Pola makan dapat berperan besar dalam menurunkan kadar kolesterol. Pilihlah makanan yang tinggi serat dan lemak tak jenuh. (Sumber : pexels.com/@Marvin Bayer).
Info22 April 2024, 12:15 WIB

Telah Hilang STNK Mobil F 7543 SD

Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi
Ilustrasi. Telah Hilang STNK Mobil Mitsubishi tahun 2010 warna kuning metalik kombinasi dengan Nomor Polisi F 7543 SD (Sumber : istimewa)
Bola22 April 2024, 12:00 WIB

Indonesia Cetak Sejarah! Tim Debutan yang Berhasil Lolos ke-8 Besar Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024.
Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak 8 besar Piala Asia 2024. (Sumber : pssi.org)
Gadget22 April 2024, 11:45 WIB

6 Cara Efektif Atasi Radiasi Gadget, Bisa Bikin Mata Plong!

Hindari tidur dengan gadget masih menyala atau berada di dekat tempat tidur Anda, karena cahaya biru yang dipancarkan oleh layar gadget dapat mengganggu kualitas tidur Anda.
Ilustrasi. Anak kecil bermain gadget. Sumber : pixabay/haniffer11
Sehat22 April 2024, 11:30 WIB

6 Dampak Buruk Jarang Minum Air Putih untuk Kesehatan

penting untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Air putih. Sumber : pixabay/doneloo12