Jalan Ruas Tamanjaya-Pal 3 Sukabumi Rusak Dilindas Truk Kontainer Perusahaan Tambang 

Jumat 08 Maret 2019, 03:06 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Jalan rusak hingga kini masih menjadi permasalah di sejumlah daerah di Kabupaten Sukabumi. Diantaranya jalan kabupaten ruas Tamanjaya - Pal 3, terdapat beberapa titik kerusakan yang disebabkan truk kontainer bermuatan berat melintasi jalan yang terhubung dengan ruas provinsi Geopark Ciletuh - Palabuhanratu ini.

Truk kontainer tersebut mengangkut barang-barang industri milik PT Wilton Wahana Indonesia, sebuah perusahaan pertambangan emas di Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas.

"Kerusakan jalan tersebut diakibatkan adanya kendaraan yang muatannya melebihi kapasitas atau over load," kata Suhe Suhendar warga Kampung Muaratilu, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, kepada sukabumiupdate.com, Kamis (7/3/2019).

Suhe menyayangkan kejadian tersebut, karena jalan kabupaten ruas Tamanjaya - Pal 3 baru diperbaiki pada tahun 2018. Menurutnya, titik kerusakan terparah ruas jalan ini tepatnya di Kampung Maranginan hingga Kampung Cibinong Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas.

BACA JUGA: Perbaiki Jalan Rusak Dinas PU Kabupaten Sukabumi Siapkan Rp 150 Miliar di 2019

"Kalau aspalnya masih ada, namun ada bagian yang terkelupas juga. Yang sangat rawan ada keretakan di bagian bawah Jembatan Ciletuh yang menghubungkan kecamatan Waluran dan Kecamatan Ciemas," pungkasnya.

Truk kontainer tersebut melewati ruas jalan nasional Palabuhanratu lalu masuk jalur Geopark ruas Provinsi Waluran -Tamanjaya. Kemudian masuk ruas Kabupaten Tamanjaya - Pal 3 menuju Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (PLt) Camat Ciemas AG Sanjaya, mengungkapkan, sudah menerima pengaduan dari warga Ciemas mengenai permasalahan jalan yang dilewati truk kontainer tersebut. Namun untuk persoalan jalan itu merupakan bagian dari beberapa OPD, diantaranya kewenangan PU dan Bina Marga.

"Makanya kami akan segera koordinasi dengan instansi terkait serta pihak perusahaan. Sudah dihubungi melalui telepon pihak perusahaan akan memperbaiki jalan yang mengalami kerusakan akibat dilalui truk kontainer tersebut setelah semua alat berat masuk," pungkasnya.

BACA JUGA: Tanam Pohon, Aksi Protes Warga Jampang Tengah Sukabumi terhadap Jalan Rusak

Terpisah, Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar mengungkapkan, akan menindaklanjuti persoalan jalan rusak yang dilintasi truk kontainer pengangkut barang-barang industri milik PT Wilton Wahana Indonesia. Hal ini sudah dikomunikasikan dengan perusahaan tambang emas ini dan akan segera digelar pertemuan. 

"Sudah dikomunikasikan dengan pihak PT Wilton Wahana Indonesia dan besok pihak PT Wilton Wahana Indoensia diundang pertemuan dengan muspika Ciemas," ujarnya.

Asep menegaskan, tak hanya pertemuan saja, Dinas PU Kabupaten Sukabumi akan melakukan kajian tingkat kerusakan jalan akibat dilintasi kendaraan kontainer tersebut.

"Akan dikaji secara teknis dari pihak PU. Insya Allah akan ada tindak lanjut," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 14:30 WIB

Picu Serangan Kambuh, 5 Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat

Meskipun tidak ada bukti langsung yang menunjukkan bahwa gangguan tidur secara langsung menyebabkan asam urat, namun ada hubungan antara gangguan tidur dan kondisi yang mempengaruhi asam urat.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Sukabumi02 Mei 2024, 14:23 WIB

Puluhan Siswa SD di Ciracap Sukabumi Ikuti Seleksi O2SN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 4 gugus, terdiri dari 30 sekolah dasar yang ada di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, ikut bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kecamatan Ciracap,
Pertandingan bola voli dalam seleksi O2SN tingkat SD di Ciracap Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi02 Mei 2024, 14:21 WIB

Kronologi Sadisnya Siswa SMP di Kadudampit Sukabumi Sodomi dan Bunuh Bocah SD

Kasus ini mulai terungkap saat MA ditemukan meninggal misterius di kebun warga.
Proses ekshumasi makam MA (7 tahun) di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, pada 25 Maret 2024 oleh tim forensik Polda Jawa Barat. | Foto: Humas Polres Sukabumi Kota
Bola02 Mei 2024, 14:00 WIB

Persib Bandung Siap Hadapi Bali United di Championship Series, Ini Jadwalnya!

Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.
Persib Siap menyongsong Championship Series melawan Bali United.(Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi02 Mei 2024, 13:52 WIB

Rumah Panggung Ambruk Milik Janda Di Kalibunder Sukabumi Akan Dibangun Swadaya

Rumah tidak layak huni, milik seorang janda dengan dua orang anak perempuan, di Kampung Cisaat Desa Cimahpar, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi ambruk karena konsidinya sudah reyot.
Forkopimcam Kalibunder dan tagana saat cek lokasi | Foto : Ragil Gilang
Jawa Barat02 Mei 2024, 13:47 WIB

Silaturahmi LP3H EWI Jawa Barat dengan Satgas Halal Kemenag RI Provinsi

LP3H EWI Provinsi menyampaikan rencana kerja secara umum dan berharap kiprahnya dapat berkontribusi positif bagi suksesnya WHO24 khususnya di Provinsi Jawa Barat.
Pengurus LP3H EWI Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi ke Satgas Halal Kemenag RI Provinsi Jawa Barat. | Foto: Istimewa
Internasional02 Mei 2024, 13:46 WIB

Dunia Heboh Vaksin Covid-19 Picu Kematian, Gugatan Class Action untuk AstraZeneca

Media massa dunia sejak beberapa hari terakhir dihebohkan dengan kabar penyakit langka yang dipicu oleh vaksin covid-19.
dokumentasi program vaksinasi covid-19 di Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life02 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Kunci Selalu Sabar dan Tegar dalam Menghadapi Cobaan Hidup, Ini Caranya!

Menghadapi masalah dengan sabar dan tegar merupakan keharusan sebagai hamba yang beriman. Ini dapat membantu melegakan pikiran dan menenangkan jiwa.
Ilustrasi. Cara agar selalu sabar menghadapi cobaan hidup. Sumber foto : Pexels/ArinaKrasnikova
Arena02 Mei 2024, 13:29 WIB

Suci Aulia Asal Kota Sukabumi Gagal Seleksi Liga Voli Korea, Gaji Rp1,94 M Melayang

Jika terpilih, Aulia Suci Nurfadila dan Yolla Yuliana sebagai pemain pertama kali dikontrak berhak atas gaji sebesar Rp 1,94 miliar atau US$ 120 ribu. Namun, keduanya gagal.
Suci Aulia Nurfadila, Pemain Bola Voli asal Kota Sukabumi | Foto : Instagram @auliasuciii21
Sukabumi02 Mei 2024, 13:09 WIB

Dicekik, Disodomi dan Dibunuh! Fakta Tewasnya Bocah Laki-laki di Kadudampit Sukabumi

Korban pergi ke rumah H bersama temannya yang lain dan terduga pelaku.
Konferensi pers kasus tewasnya bocah laki-laki berinisial MA (7 tahun) asal Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Kamis (2/5/2024) di Mapolres Sukabumi Kota. Polisi memperlihatkan barang bukti. | Foto: SU/Asep Awaludin