TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Hanjeli Jadi Khas Kuliner Pajampangan Kabupaten Sukabumi

Administrator
Penulis
Sabtu 11 Nov 2017, 04:29 WIB
Hanjeli Jadi Khas Kuliner Pajampangan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi masyarakat, terutama di kalangan petani Pajampangan, nama pangan yang satu ini sudah tidak asing lagi, kalaupun hanya sekadar dikonsumsi sendiri.

Hanjeli tergolong jenis tumbuhan kacang-kacangan yang kaya akan gizi, tumbuh subur di beberapa kecamatan di daerah Sukabumi Selatan.

Aneka kuliner pun banyak yang bisa dibuat dari bahan baku yang satu ini, di antaranya bubur Hanjeli, peuyeum, rengginang, rempeyek, bahkan sebagai nasi liwet sekalipun.

BACA JUGA: Pujasera yang Satu Ini Bisa Jadi Alternatif Saat Berada di Cibadak Kabupaten Sukabumi

Sebuah terobosan pun dilakukan pria yang akrab disapa Abah Asep Hidayat, pegiat wisata/kuliner, pada awal 2014.

Dia telah mampu membuat gebrakan, melambangkan kuliner berbahan baku Hanjeli sebagai alternatif pangan yang selama ini dipandang sebelah mata.

Menurutnya, potensi Hanjeli ini bisa membuat angin segar bagi masyarakat, terutama para kelompok tani (Poktan), agar tidak terpaku pada tanaman pokok saja, sehingga dapat menambah pemasukan atau pendapatan serta tidak akan selalu ketergantungan pada beras.

BACA JUGA: Jenang Ciracap Kabupaten Sukabumi, Rasanya Enak dan Bikin Ketagihan

Memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk merubah semua kebiasaan petani. Padahal, Hanjeli ini bisa ditanam dengan sistem tumpangsari, baik di sawah atau daratan (huma). Sosialisasi kepada masyarakat pun sering dilakukan bahkan petani yang berminat bisa mendapatkan benihnya secara gratis.


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini