Disdik Kabupaten Sukabumi, Pantau Kesiapan 13 SMP Penyelenggara UNBK 2017

Selasa 28 Maret 2017, 03:33 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi terus mengecek kesiapan infrastruktur penunjang 13 sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2-8 Mei 2017 mendatang.

Pengecekan infrastruktur, meliputi sarana komputer, jaringan internet dan listrik. Khusus bagi SMP yang berada di wilayah Jampang Kulon, pihak sekolah diminta untuk menyiapkan genset mengantisipasi padamnya aliran listrik.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Disdik Kabupaten Sukabumi, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SMP tahun 2017 dilaksanakan di 297 sekolah negeri dan swasta dengan jumlah 27.587 calon peserta.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.480 peserta mengikuti UNBK yang tersebar di 13 sekolah. Diantaranya, SMPN 1 Parungkuda, SMP Al Kausar, SMP Ar Rahman, SMP Mardi Yuana Cibadak, SMP Plus Lukmanul Hakim, SMP Islam Terpadu Yaspida, SMP Mandiri, SMP Negeri Sukalarang, SMP Islam Terpadu Al Hikmah, SMP Al Ma’sat, SMP Mardi Yuana Cikembar, SMPN 1 Jampang Kulon dan SMP Terpadu Daarul Amal Jampang Kulon.

“Kami sudah cek kesiapannya karena takut ada permasalahan pada waktu pelaksanaan nanti, kita juga sudah mengirimkan surat agar tidak ada pemadaman di wilayah yang menjadi lokasi UNBK,” ujar Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Nandang Suparman kepada sukabumiupdate.com, Selasa (28/3).

Menurutnya, kesiapan 13 sekolah tersebut menepis rumor yang beredar jika pelaksanaan UNBK di Kabupaten Sukabumi paling sedikit dibandingkan daerah lain di Jawa Barat. Hanya saja, pihaknya masih terus berkoodinasi dengan OPD terkait untuk bisa memperluas jaringan internet agar di tahun 2018 semakin banyak sekolah yang melaksanakan UNBK.

“Seperti yang terjadi di Jampangkulon, pihak sekolah sudah siap namun ternyata jaringan internetnya kurang bagus,” katanya.

BACA JUGA:

Disdik Kabupaten Sukabumi Larang Permainan Skip dan POC

Kuasa Hukum, Siap Adu Bukti Kepemilikan Tanah dengan Disdik Kabupaten Sukabumi

SDN Citamiang Simpenan Digugat, Disdik Kabupaten Sukabumi Siap Lawan

Nandang yakin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi melalui Disdik akan terus mendorong suksesnya wajib belajar pendidikan dasar (wajardikdas) dan pemenuhan infrastruktur komputer di setiap SMP negeri dan swasta. Hal ini terlihat, terjadinya peningkatan jumlah siswa SMP yang menjadi peserta USBN.

“Ujian nasional tahun sebelumnya hanya diikuti sekitar 24 ribu peserta, sekarang meningkat jumlah dikisaran 27 ribu lebih,” tuturnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan USBN khususnya yang berbasis komputer memiliki keuntungan dibandingkan manual (paper test). Selain hemat dari sisi anggaran, juga praktis dan tidak terlalu banyak membutuhkan personil pengawasan.

“Kalau manual banyak yang kita persiapkan dari mulai panitia di sekolah penyelenggara, pengawas, penghimpunan hasil ujian hingga pengamanan. Tapi kalua UNBK tinggal link dan uploud data,” katanya.

Terkait masih banyaknya SMP Negeri yang belum bisa melaksanakan UNBK, ungkap Nandang, pernah ada bantuan komputer dan sebagaianya, namun seiring perjalanan waktu ada yang dicuri. Terlebih, sekolah yang ingin menggelar UNBK berdasarkan rasio dari jumlah siswa 300 orang peserta ujian minimal harus memiliki 105 unit komputer termasuk cadangan dan server.

“Pilihan lain, bisa saja sekolah tersebut melaksanakan UNBK menggunakan fasilitas sekolah menengah atas (SMA) yang terdekat, asalkan ada kesepahaman dan komitmen yang sama menjaga infrastruktur jangan sampai rusak usai digunakan,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 23:06 WIB

Rahmat Tamatan SD, Menyoroti Lingkaran Sosial Pembunuh Ibu Kandung di Kalibunder Sukabumi

Lingkaran sosial budaya dan pendidikan di lingkungan Rahmat Pembunuh Ibu Kandung jadi perhatian serius Forkopimcam Kalibunder Sukabumi.
Rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sukabumi17 Mei 2024, 22:12 WIB

Studium Generale UMMI Sukabumi Bahas Implementasi Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan

Gelar Studium Generale, UMMI Sukabumi bahas implementasi transisi PAUD ke SD yang menyenangkan bersama Kemendikbudristek RI.
Studium Generale UMMI Sukabumi bersama Kemendikbudristek dihadiri para guru hingga unsur dinas pendidikan setempat. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel17 Mei 2024, 21:00 WIB

Bantu Anak Tumbuh Tinggi, 6 Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari

Dengan mengintegrasikan kebiasaan minum susu di malam hari, anak dapat memperoleh manfaat gizi dan kesehatan yang signifikan. Kebiasaan minum susu ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal.
Ilustrasi. Manfaat Rutin Minum Susu di Malam Hari (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Mei 2024, 20:36 WIB

Kecelakaan di Jalur Lingsel Sukabumi, Dua Pemotor Remaja Terpental usai Tabrak Mobil

Berikut kronologi kecelakaan dua pemotor remaja yang terpental usai tabrak mobil yang sedang menyeberang di Jalur Lingsel Sukabumi.
TKP dua pemotor remaja terpental usai tabrak mobil yang sedang menyebrang di Jalur Lingkar Selatan (Lingsel) Cisaat Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 20:30 WIB

5 Alasan Mengendalikan Kadar Asam Urat dalam Tubuh Sangat Penting

Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat.
Ilustrasi - Menjaga kadar asam urat agar tetap stabil adalah hal yang penting untuk kehidupan yang lebib sehat. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sehat17 Mei 2024, 20:00 WIB

Sufor Pengganti ASI, Ini 10 Jenis Susu yang Bisa Dikonsumsi Anak

Alternatif lain, namun perlu diperhatikan bahwa susu almond biasanya lebih rendah protein dibandingkan ASI atau susu sapi. Maka dari itu, pilih jenis susu yang difortifikasi sebagai pengganti ASI.
Ilustrasi. Susu Formula Berbasis Susu Sapi adalah jenis susu formula yang paling umum dan mirip dengan komposisi ASI dalam hal protein, lemak, dan karbohidrat. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi17 Mei 2024, 19:34 WIB

Habiskan Rp10 Juta, Ini Alasan Warga Swadaya Cor Jalan Rusak di Cidahu Sukabumi

Perbaikan jalan rusak secara swadaya di Cidahu Sukabumi saat ini tengah dihentikan sementara.
Warga dan komunitas di Cidahu Sukabumi swadaya cor jalan rusak. (Sumber : Istimewa)
Sehat17 Mei 2024, 19:30 WIB

Sehat dan Bebas dari Kolesterol Tinggi: 5 Latihan Fisik yang Harus Anda Lakukan

Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana.
Ilustrasi - Penderita kolesterol dapat meringankan gejalanya dengan latihan fisik sederhana. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Kelompok Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Anak yang lelah karena sering dimarahi orang tua berusaha keras untuk menyenangkan orang tua dan menghindari konflik dengan melakukan apa pun yang diminta, tanpa memikirkan kebutuhannya sendiri.
Ilustrasi. Ciri Anak Lelah Mental Karena Sering Dimarahi Orang Tua (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)