DAMRI Dijadikan Mobil Rekreasi Warga Citugu Kabupaten Sukabumi

Sabtu 25 Maret 2017, 08:42 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Angkutan umum DAMRI yang baru sekitar dua bulan beroperasi di trayek Cileungsing-Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, menjadi wahana rekreasi bagi warga yang ada di jalur tersebut.

"Sudah lama tidak ada angkutan umum ke sini, lagi pula Untung Saputra ongkosnya hanya sepuluh ribu Rupiah saja. Untuk jalur dekat lima ribu Rupiah," jelas salah seorang warga Kampung Citugu, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, kepada sukabumiudpate.com, Sabtu (25/3).

Menurutnya, semenjak beroperasi, anak-anak hingga orang tua mobil DAMRI tidak hentinya mengantri untuk sekedar jalan-jalan merasakan menaiki mobil tersebut.

"Kan ada yang AC, ada juga yang ekonomi, tapi fasilitasnya semua bagus. Rata-rata warga hanya naik pulang pergi ganti mobil, dan pulang lagi, begitu saja," ungkap Untung.

BACA JUGA:

Disedot Online, Penumpang Angkutan Umum di Kota Sukabumi Berkurang Hingga 80 Persen

Truk Angkutan Pasir Melintas Pada Jam Dilarang di Jalan Siliwangi Cicurug Kabupaten Sukabumi

Mendinginkan Kisruh Angkutan Umum dan Online di Kota Sukabumi

Mungkin, kondisi tersebut lanjut untung, lantaran warga sudah lama tidak menikmati angkutan umum. "Sejak 15 tahun silam, baru ini lagi warga warga bisa naik kendaraan umum. Dulu ada angkutan umum di trayek yang sama berupa angkutan pedesaan dan mobil bak terbuka," jelasnya.

Aji Nurjaman (35) Warga lainnya, menimplai, hadirnya mobil DAMRI itu bukan hanya sebagai ajang rekreasi bagi warga. Namun sudah menolong perekonomian masyarakat Cikakak khususnya di dua desa yakni Desa Sukamaju dan Desa Cileungsing.

Selama ini, tandas dia, warga naik ojek pulang pergi ke Pasar Palabuhanratu harus mengeluarkan ongkos minimal Rp30 ribu. "Sekarang bisa irit biaya transportasi dengan hadirnya DAMRI ini. Ditambah untuk belanjaan banyak pun lebih leluasa ketimbang naik ojek," ungkap Aji.

Dirinya berharap, kedepan di DAMRI bisa beroperasi lebih sering lagi, karena saat ini masih beroperasi dua unit saja dengan keberangkatan dua jam sekali dan terakhir sampai pukul 16.00 WIB. "Untuk aktivitas anak sekolah dan ibu-ibu rumah tangga ke pasar transportasi ini sudah sangat menolong," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Orang tua sesungguhnya perlu menghindari perlakukan buruk di hadapan anaknya. Sebab dampaknya berbahaya bagi perkembangan si kecil
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Nasional20 Mei 2024, 11:06 WIB

Tidak Semua! Daftar 19 Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak menanggung semua jenis penyakit, termasuk operasi.
(Foto Ilustrasi) Berdasarkan Permenkes Nomor 28 Tahun 2014, hanya beberapa operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan. | Foto: Freepik
Life20 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam, Apa Kamu Memilikinya?

Kerendahan hati menunjukkan bahwa seseorang tidak sombong atau terlalu bangga akan dirinya. Sikap ini membuat orang lebih mudah didekati dan disukai.
Ilustrasi - Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam. (Sumber : Pexels/TuấnKiệtJr.)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:33 WIB

Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction
Life20 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kebiasaan Baik Pengusaha yang Perlu Ditiru Supaya Bisa Sukses Yuk Dicoba!

Kebiasaan seorang pengusaha pada umumnya sangat luar biasa. Mereka memiliki jam terbang yang tidak dilakukan oleh kebanyakan orang, terutama bagi mereka yang bermalas-malasan meski memiliki bisnis
Ilustrasi - Seorang pengusaha yang memiliki kebiasaan baik untuk ditiru dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@andreapiacquadio)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:03 WIB

Beda Pendapat Warga dan Pemerintah Soal Rusaknya Coran Jalan di Purabaya Sukabumi

Pembangunan jalan coran ini disebut oleh warga tidak menggunakan mesin molen.
Kondisi coran rusak di jalan desa, Kampung Palalangon, Desa Cimerang, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 19 Mei 2024. | Foto: SU/Ragil Gilang
Life20 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Menjadikan Bayi Anda Cerdas Sejak Usia Dini Hingga Nanti Dewasa

Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini.
Ilustrasi - Cara bayi Anda cerdas sejak usia dini dapat dilakukan dengan beberapa tips ini. (Sumber : pexels/@Ivan Samkov)
Sehat20 Mei 2024, 09:30 WIB

12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

Mengelola dan menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat memerlukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang konsisten.
Ilustrasi - Dengan menerapkan perubahan gaya hidup sehat secara konsisten, Anda dapat menurunkan kadar kolesterol secara alami dan meningkatkan kesehatan jantung tanpa perlu obat-obatan. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Sukabumi20 Mei 2024, 09:11 WIB

Kota Sukabumi Raih Penghargaan Surveilans AFP dan Discarded MR Terbaik Nasional

Kusmana Hartadji mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan ini.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menerima penghargaan kota dengan Kinerja Surveilans AFP dan Discarded MR terbaik kedua tingkat nasional, Minggu, 19 Mei 2024 di Jakarta Pusat. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi