Buka Ruang Kolaborasi, Ayep Zaki Ajak Masyarakat Membangun Sukabumi

Senin 10 Oktober 2022, 08:40 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Dewan Pakar DPD NasDem Kabupaten Sukabumi, H. Ayep Zaki ingin melihat Sukabumi, beserta warganya bisa hidup lebih sejahtera dan produk-produknya bisa mendunia.

Seperti diketahui, Sukabumi merupakan tanah kelahiran Ayep Zaki. Hal itulah yang mendorong dirinya untuk terus membuat Sukabumi lebih berkembang lagi.

Ayep yang sudah menjadi pelaku pengembangan ekonomi sejak tahun 1990 itu bahkan telah mengikrarkan dirinya untuk berdiri paling depan dalam semangat membawa Sukabumi lebih baik.

Baca Juga :

Ayep Zaki Bicarakan Produktivitas Kedelai di Indonesia, HPP Jadi Kunci

Dalam program Satu Jam Bersama H. Ayep Zaki di salah satu radio lokal Sukabumi, pekan lalu, Ayep menjabarkan kiprah sekaligus rencana kerja dirinya ke depan dalam ikut serta membangkitkan ekonomi Sukabumi.

Menurut Ayep, Sukabumi harus memiliki platform dan program kerja nyata, terutama bagi generasi milenial dan generasi Z ke depan untuk bersama-sama meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat Sukabumi.

photoBuka Ruang Kolaborasi, Ayep Zaki Ajak Masyarakat Membangun Sukabumi - (Istimewa)</span

Anggota Bidang Pertanian, Peternakan, dan Kemandirian Desa DPP NasDem itu pun menggalang kebersamaan dengan membuka ruang kolaborasi seluas-luasnya kepada masyarakat Sukabumi untuk bangkit dan bergerak bersama.

"Saya ingin duduk bareng dengan orang Sukabumi yang punya visi misi dan punya cita-cita jangka panjang untuk memakmurkan Sukabumi. Saya juga terbuka dengan semua generasi milenial dan akademisi. Bila perlu kan banyak juga profesor-profesor yang lahirnya dari Sukabumi," kata Ayep.

Ayep pun mengajak semua elemen masyarakat di Sukabumi untuk duduk bersama dan memberikan pandangan terkait gagasan apa saja yang bisa diperjuangkan bersama guna melahirkan Sukabumi yang lebih maju dari saat ini.

Namun dia berharap kolaborasi itu dapat dibangun secara konkret dan terlihat kerja nyatanya, tidak berhenti pada wilayah seminar-seminar atau diskusi saja tapi dapat terlihat implementasinya di lapangan seperti yang terus dia kerjakan di masyarakat.

"Kita bersama-sama, ayo bangun dan majukan Sukabumi. Jangan hanya ide saya sendiri tapi juga ide teman-teman di Sukabumi, ayo bersama," kata dia

Dalam program acara bertajuk Sejahterakan Sukabumi Bangun Ekosistem Pertanian di Sukabumi itu, Ayep mengatakan bahwa dirinya sudah terjun ke dunia ekspor sejak tahun 1997.

Dengan data dan pengalaman langsung yang dia tekuni itu, Ayep berharap kolaborasi bersama Pemda setempat, eksekutif dan legislatif hingga profesional serta milenial dapat menyongsong masa depan Sukabumi.

"Bagaimana orang Sukabumi bisa menciptakan ekosistem ekspor ke berbagai negara dari berbagai komoditas yang ada di Sukabumi. Saya ingin mengajak bersama sama, tinggal bagaimana dikemas supaya kuantitas ekspornya makin besar," kata dia.

Ayep ingin melihat lebih banyak produk yang dihasilkan masyarakat Sukabumi dapat merambah berbagai wilayah dunia. 

Dia pun mengajak pemerintah daerah setempat untuk dapat berkolaborasi melalui program nyata berdasarkan aspek legalitas yang ada.

Menurut Wakil Bendahara Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Pusat itu dengan kolaborasi maka akan menghasilkan lompatan kerja yang luar biasa. 

Dia mengilustrasikan seandainya dikerjakan sendiri hanya mampu mengekspor satu kontainer per bulan tetapi ketika bersama bisa dua ratus kontainer per bulan.

"Bagaimana produk-produk Sukabumi ini dijualnya di Tokyo, Seoul, Belanda dan berbagai negara kan keren. Ini kerjanya generasi milenial kerjanya generasi yang akan datang," demikian kata Ayep.

Baca Juga :

Ayep Zaki: Penyuluh Pertanian Kompeten, Indonesia Keren

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)