bankbjb

Banjir Sungai Cikaso Bikin Jalan Nasional di Sukabumi Amblas, Tak Jauh dari Jembatan

Fitriansyah
Penulis
Sabtu 24 Sep 2022, 11:09 WIB
Banjir Sungai Cikaso Bikin Jalan Nasional di Sukabumi Amblas, Tak Jauh dari Jembatan

SUKABUMIUPDATE.com - Luapan banjir sungai Cikaso pada Jumat malam 23 September 2022 di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat menimbulkan banyak kerusakan. Selain pemukiman warga di sepanjang daerah aliran sungai juga mengancam jalan nasional dan jembatan, akses Tegalbuleud - Cibitung.

Jalan nasional Cikaso - Tegalbuleud, tepatnya di Kampung Cijaksi Desa Sumberjaya Kecamatan Tegalbuleud, amblas. Jalan yang berada di perbatasan dengan Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung,  Kabupaten Sukabumi ini retak-retak.

Titik kerusakan hanya 8 meter dari jembatan Sungai Cikaso. Akses utama warga dari banyak desa di dua kecamatan ini terancam putus. 

Menurut warga, banjir sungai Cikaso menimbulkan pergerakan tanah di sekitar aliran sungai.Memicu keretakan cukup besar di tengah jalan.

 "Ada pergerakan tanah, sehingga jalan nasional mengalami anjlok. Dari tengah mengalami retakan, dan amblas di bahu jalan," kata Serka Entang Suhendar anggota Koramil 0622/2214/ Surade kepada sukabumiupdate.com, Sabtu 24 September 2022.

Dari pantau Entang Suhendar, retakan di jalan nasional ini panjangnya 8 meter, lebar 10 - 15 sentimeter, kedalaman 120 - 200 sentimeter.  Retakan diduga terjadi tak lama setelah luapan sungai Cikaso menerjang kawasan di tersebut. 

"Diketahui kemarin Jumat malam, 23 September 2022, sekitar pukul 20.00 WIB," lanjut Entang Suhendar.

Dampak ini langsung dilaporkan agar secepatnya ditindaklanjuti. Entang menegaskan bahwa warga khawatir retakan di jalan nasional makin besar dan melebar, hingga bisa mengancam akses transportasi.

Baca Juga :

"Untuk pengguna jalan, yang akan melintas ruas nasional Cikaso - Tegalbuleud, untuk hati hati dan waspada," pungkasnya.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini