bankbjb

2 Lansia Ini Bingung Mau Kemana? Rumah Rusak Diterjang Banjir Sungai Cikaso Sukabumi

Fitriansyah
Penulis
Sabtu 24 Sep 2022, 10:33 WIB
2 Lansia Ini Bingung Mau Kemana? Rumah Rusak Diterjang Banjir Sungai Cikaso Sukabumi

SUKABIMIUPDATE.com - Dua orang lansia menjadi korban terdampak banjir Sungai Cikaso, di Kecamatan Cibitung Kabupaten Sukabumi Jawa Barat pada Jumat 23 September 2022 malam. Bersama keluarga, kini kedua lansia tersebut bingung mau mengungsi kemana? tempat tinggal mereka sebagian  ambruk dan jebol.

Keduanya tinggal di Kampung Cilopang RT 01/04 Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, sekitar 30 meter dari bantaran sungai Cikaso. Ketinggian air saat banjir menerjang kawasan ini mencapai 1 meter lebih.

Saat ini banjir sudah surut, warga Sabtu pagi, 24 September 2022 berada di lokasi terdampak, membantu membersihkan lumpur sisa banjir. Pantauan sukabumiupdate.com di lokasi terdampak, dua bangunan milik lansia tersebut sudah tak mungkin lagi dihuni. 

Mereka saat ini tengah mengamankan harta benda ke luar rumah, karena takut bangunan roboh. Dibantu warga sibuk membersihkan peralatan rumah tangga yang sempat terendam air dan lumpur.

Rumah panggung Mak Kamsih (70 tahun) selama ini dihuni bersama cucunya, Anton (26 tahun) penyandang disabilitas. Sementara rumah panggung milik Apud (65 tahun) ditempati bersama istri dan satu orang anaknya.

Ini adalah kali kedua mereka menjadi korban banjir sungai Cikaso, pada tahun 2016 silam, rumah 2 lansia ini juga hancur.

photoRumah panggung milik Apud (65 tahun) rusak berat diterjang banjir Sungai Cikaso, Cibitung Sukabumi Jumat malam 23 September 2022 - (ragil)</span

"Dua rumah ini juga jadi korban banjir tahun 2016. Rumah Mak Kamsih sempat dibangun oleh komunitas, sekarang rumah pak Apud kondisinya parah, dan tidak bisa ditempati," jelas Akew pemuda warga setempat yang saat ini tengah membantu kedua lansia tersebut. 

"Saat evakuasi kemarin malam, Mak Kamsih dan cucunya digendong," terang Akew.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini