Pimpinan Dewan Diterpa Isu Ribut di THM, Mahasiswa Surati DPRD Kabupaten Sukabumi

Kamis 25 Agustus 2022, 11:46 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Salah seorang unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi diisukan terlibat keributan di tempat hiburan malam (THM). 

Kabar tersebut simpang siur, karena pihak-pihak yang diisukan terlibat memilih tidak berbicara, sehingga sejumlah organisasi mahasiswa mendesak Badan Kehormatan (Bakor) DPRD Kabupaten Sukabumi turun tangan.

Baca Juga :

Ketua Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Asal Sukabumi (PB Himasi) Danial Fadhillah menyatakan butuh kepastian perihal kebenaran dugaan peristiwa tersebut yang dilakukan oleh salah seorang unsur pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi.

“Karena sejauh ini belum ada bukti valid yang bisa dilihat terkait adanya kekerasan tersebut serta belum adanya tanggapan dari para pihak yang muncul secara jelas dan rinci,” ujar Danial.

Atas dasar tersebut maka PB Himasi mengambil langkah kelembagaan dengan melayangkan surat permohonan klarifikasi kepada Badan Kehormatan (Bakor) DPRD Kabupaten Sukabumi. PB Himasi meminta badan tersebut, memanggil pihak terkait untuk memberikan klarifikasi.

Hal itu, kata Danial, demi menjaga marwah dan kehormatan DPRD secara kelembagaan. “Karena jika kejadian itu benar adanya, kami rasa itu adalah perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan. Meskipun dugaan itu menjadi delik aduan pidana umum tetapi kami menilai pihak terkait sebagai simbol kelembagaan DPRD Kabupaten Sukabumi, sehingga harus diselesaikan secara kelembagaan juga,” ujarnya.

Hal tidak jauh berbeda ditegaskan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sukabumi Anggi Fauzi. Ia menyayangkan apabila isu keributan yang dilakukan salah satu pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi itu benar terjadi.

“Tentunya sangat disayangkan, seorang tokoh publik, wakil masyarakat melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan,” kata Danial.

Anggi pun meminta Bakor DPRD tegas menyelesaikan masalah ini, dan menyampaikan ke publik mengenai kejadiannya secara terbuka. “Bakor mudah-mudahan bisa menjelaskan, mencari kebenaran dan menyiapkan sanksi atau penyelesaian kelembagaan apabila ditemukan pelanggaran. Supaya masyarakat tahu, paham juga masyarakat bisa menilai,” ujar Anggi.

Isu pimpinan dewan terlibat keributan mulai ramai diperbincangkan sejak Minggu 21 Agustus 2022, bahkan keesokannya dilansir oleh media massa khususnya digital (online). Salah seorang pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi disebut terlibat keributan dengan seorang aktivis organisasi kepemudaan, di salah satu THM (karaoke) yang berada di Kota Sukabumi, pada Sabtu (20/8/2022) malam.

photoKetua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara. - (Istimewa)</span

Namun hingga saat ini, Kamis 25 Agustus 2022 isu ini belum terungkap. Pihak yang terlibat keributan memilih bungkam. Bahkan tidak ada laporan ke pihak kepolisian dari kedua belah pihak.

Redaksi sukabumiupdate.com berusaha menghubungi pimpinan badan kehormatan (Bakor) DPRD Kabupaten Sukabumi namun belum memberikan jawaban, khususnya terkait surat yang dilayangkan PB Himasi Sukabumi.

Salah seorang anggota DPRD Kabupaten Sukabumi yang merasa tidak perlu namanya dicantumkan minta publik tidak cepat mengambil kesimpulan dari isu yang menerpa unsur pimpinan DPRD. 

"Informasinya belum utuh, baru sebelah. Saya juga masih berusaha mengkonfirmasi ke anggota DPRD lainnya termasuk pimpinan," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Kamis 25 Agustus 2022.

Ia menilai jika memang terjadi keributan, hingga saat ini tidak ada dampak lanjutan, seperti pelaporan kepolisian dari pihak pihak terkait. "Jadi intinya informasi soal kejadian itu [keributan] hingga saat ini masih sebatas isu," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi13 Juni 2024, 11:22 WIB

Beli Bangunan Bekas Pemda, Perjalanan 21 Tahun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Sebuah perjalanan panjang lembaga pendidikan tinggi yang berstatus universitas pertama di Sukabumi, Jawa Barat kala itu.
Kampus Cikole, perjalanan 21 tahun Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Sumber: dok UMMI)
Sehat13 Juni 2024, 11:15 WIB

6 Kesalahan Saat Makan Nasi yang Membuat Kadar Gula Darah Naik, Yuk Hindari!

Penderita diabetes terkadang kerap melakukan kesalahan saat makan. Hal ini kemudian memicu terjadinya lonjakan kadar gula darah
Ilustrasi Sejumlah kesalahan makan nasi yang semestinya diketahui penderita diabetes (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sehat13 Juni 2024, 11:00 WIB

Diabetes Sembuh! 8 Latihan Kardio untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi di Rumah

Dengan rutin melakukan latihan kardio dan menjaga pola makan serta gaya hidup yang sehat, Anda dapat membantu mengelola kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Aerobik. Latihan Kardio untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi di Rumah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sehat13 Juni 2024, 10:45 WIB

Penderita Diabetes Harus Tahu, 6 Cara Makan Nasi yang Benar Agar Gula Darah Tidak Kumat

Cara makan nasi yang benar bagi penderita diabetes harus diterapkan. Pasalnya, sembarangan makan nasi bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah
Ilustrasi Cara makan nasi sesuai anjuran medis untuk menghindari lonjakan kadar gula darah naik (Sumber : Pexels.com/@joannawielgosz)
Sukabumi13 Juni 2024, 10:35 WIB

Teknologi AI dan Keamanan Siber: Sorotan Utama SENTIMETER 2024 di Universitas Nusa Putra

Husni berharap makalah hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dan civitas akademika Universitas Nusa Putra dapat dipublikasikan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra menyelenggarakan SENTIMETER 2024 untuk ketiga kalinya pada Senin, 10 Juni 2024 di Gedung Universitas Nusa Putra, Cisaat-Sukabumi. | Foto: Istimewa
Food & Travel13 Juni 2024, 10:30 WIB

Simpel Tapi Enak, 8 Resep Camilan Ramah Asam Urat dan Cara Membuatnya

Camilan-camilan ramah asam urat ini tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga sehat dan rendah purin, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Apel. Bahan Simpel Tapi Enak untuk Resep Camilan Ramah Asam Urat (Sumber : Pixabay/Julita)
Sehat13 Juni 2024, 10:15 WIB

Ini Aturan Minum Air Putih untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Terapkan!

Minum air putih tentu bermanfaat bagi penderita diabetes. Pasalnya, kadar gula darah akan terkontrol dengan baik
Ilustrasi Cara mengkonsumsi air putih yang baik untuk menurunkan kadar gula darah (Sumber : Pexels.com/@Ketut Subiyanto)
Opini13 Juni 2024, 10:01 WIB

Pengelolaan Keuangan Satdik Menengah Cocok Pakai Pola BLU

Lebih lanjut dalam pasal 61 diamanatkan agar seluruh dana pendidikan pemerintah dikelola sesuai sistem anggaran pemerintah.
Antok Widiyatno (pegawai KPPN Sukabumi, Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu RI). | Foto: Istimewa
Life13 Juni 2024, 10:00 WIB

Sikapnya Palsu! 10 Ciri Orang yang Pura-pura Jadi Teman Baik Padahal Tidak Suka dengan Kita

Ada Beberapa ciri orang yang pura-pura menjadi teman baik padahal aslinya tidak suka dengan kita.
Ilustrasi. Ada Beberapa ciri orang yang pura-pura menjadi teman baik padahal aslinya tidak suka dengan kita. | Foto: iStock
Inspirasi13 Juni 2024, 09:30 WIB

We Are Hiring: Perusahaan Makanan Ini Buka Loker Lulusan S1, Cek Infonya!

We Are Hiring: Info Loker Jawa Barat Lulusan S1 berikut diketahui dari laman resmi Perusahaan.
We Are Hiring: Perusahaan Makanan Ini Buka Loker Lulusan S1, Cek Infonya! (Sumber : Istimewa)