Dituding Minta Jatah Proyek RSUD, DPRD Sukabumi ke Mahasiswa: Laporkan ke BK

Selasa 19 Juli 2022, 20:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi menerima aksi unjuk rasa yang dilakukan Barisan Aktivis Mahasiswa Sukabumi (Basmi) di depan gedung DPRD Kabupaten Sukabumi, Selasa (19/7/2022).

Aksi unjuk rasa terkait dengan dugaan adanya oknum DPRD yang menekan terhadap Direktur RSUD Palabuhanratu untuk mendapatkan jatah proyek sebesar Rp 1,3 M yang berasal dari dana alokasi umum.

Baca Juga :

Komisi 1 DPRD Sukabumi Tegaskan Alih Fungsi Lahan Perkebunan Perlu Sosialisasi

Dalam aksi itu mereka juga meminta anggota DPRD memfasilitasi dibukanya Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun Anggaran 2021-2022 dari pihak rumah sakit sebagai bentuk transparansi laporan keuangan kepada publik.

Aksi mereka diterima langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ditemani dua anggota Komisi IV yaitu Usep Wawan dan Ujang Rahmat serta perwakilan dari RSUD Palabuhanratu.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar menyatakan dukungannya kepada aksi mahasiswa tersebut. Menurut dia, mahasiswa tersebut merupakan bagian dari demokrasi untuk keterbukaan informasi. 

“Saya mendukung ketika mereka menyuarakan kebenaran, menyuarakan demokrasi, mendukung sekali agar keterbukaan informasi dan perbaikan-perbaikan kita terwujud,” kata Hera kepada sukabumiupdate.com

Hanya saja Hera menegaskan pembukaan DPA itu bukan kewenangan pihaknya.

“Mereka memintanya bukan kepada kami tetapi meminta dibukakan DPA dari Direktur rumah sakit dan tentu itu bukan kewenangan kami karena mereka [rumah sakit] itu eksekutif, ada pemimpinnya sendiri,” ujarnya.

Hera menegaskan bila benar dalam dugaan ini ada anggota dewan yang menekan pihak RSUD untuk mendapatkan jatah proyek, ia meminta mahasiswa untuk melaporkannya ke Badan Kehormatan (BK).

“Kami juga meminta misalkan ada anggota DPRD yang menekan [Direktur RSUD Palabuhanratu] silahkan laporkan ke Badan Kehormatan,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan, aksi mahasiswa yang berlangsung sejak pukul 13.00 WIB itu berakhir sekira pukul 16.15 WIB. Dalam aksi tersebut nampak hadir perwakilan dari RSUD Palabuhanratu. 

Mereka kecewa sebab pihak RSUD Palabuhanratu enggan membuka DPA dihadapan mahasiswa dan DPRD

“RSUD Palabuhanratu ternyata tidak ingin membukakan DPA tersebut. Dikarenakan katanya harus ada prosedur dan sebagainya,” kata Rahman Sekretaris BASMI selaku koordinator aksi.

“Kalau memang hari ini mengacu undang-undang informasi publik pasal 9 bahwasanya laporan keuangan itu adalah bisa setiap warga diakses, maka kita akan kembali dengan massa yang lebih banyak,” tandasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Science20 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Food & Travel20 Juli 2024, 05:30 WIB

Spot Berburu Kerang, Sisi Lain Pantai Cikadal Sukabumi Lokasi Utama GCS Ke-3

Pantai Cikadal di Desa Mandrajaya Ciemas Sukabumi disebut juga Pantai Patireman. Lokasi favorit berburu tiram atau kerang laut.
Warga saat berburu tiram/kerang laut di Pantai Cikadal atau Pantai Patireman, Desa Mandrajaya, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Life19 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Ciri Kamu Sebenarnya Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka.
Ilustrasi - Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka. (Sumber : Freepik.com)