Kecam Penganiayaan Wartawan di Sukabumi, AJI Ingatkan Kode Etik Jurnalistik

Rabu 15 Juni 2022, 17:30 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Aliansi Jurnalis Independen Kota Bandung atau AJI Bandung mengecam aksi kekerasaan dan penganiayaan terhadap jurnalis di RSUD Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. AJI Bandung mendesak aparat kepolisian untuk mengusut sampai tuntas perkara kekerasan terhadap wartawan tersebut.

Dalam pernyataan resmi AJI Bandung yang diterima sukabumiupdate.com, Rabu (15 /6/2022), dijelaskan aksi kekerasan menimpa Ilham Nugraha, reporter JurnalSukabumi.com. Ia dikeroyok sekelompok orang tak dikenal saat melakukan peliputan di RSUD Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Senin, 13 Juni 2022, sekitar pukul 19.30 WIB.

Pengeroyokan terjadi saat ilham bersama dua jurnalis lainnya melakukan peliputan korban kecelakaan jatuhnya pengendara motor dari Jembatan Bagbagan, Kecamatan Palabuhanratu. Dari TKP, Ilham melanjutkan peliputan ke ruang IGD RSUD Palabuhanratu untuk memastikan keberadaan dan kondisi korban. 

Namun pada saat memasuki ruang IGD, Ilham diusir oleh dua orang tak dikenal. Mereka keberatan atas keberadaan Ilham yang diduga telah mengambil gambar korban kecelakaan. Dua pelaku memaksa Ilham untuk menghapus gambar di telepon genggamnya. 

Kedua orang tersebut juga mendorong Ilham sampai ke parkiran IGD. Di lokasi inilah Ilham dikeroyok oleh dua orang tersebut beserta belasan orang lainnya. Akibatnya Ilham mengalami luka lebam di bagian wajah dan kepalanya. 

AJI Bandung menilai kekerasan yang dialami oleh jurnalis Ilham termasuk aksi menghalang-halangi kegiatan jurnalistik dan melanggar Pasal 18 Ayat 1, UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Ancaman hukuman untuk pelanggaran ini adalah dua tahun penjara atau denda Rp 500 juta.

Selain itu kekerasan ini merupakan tindak pidana yang melanggar pasal 170 KUHP mengenai penggunaan kekerasan secara bersama-sama terhadap orang atau barang. Ancaman hukuman untuk pelanggaran ini adalah seberat-beratnya lima tahun enam bulan penjara.

Baca Juga :

Periksa Saksi, Polres Sukabumi Selidiki Dugaan Penganiayaan Wartawan saat Liputan

Baca Juga :

Anggota DPRD Sukabumi Kecam Kekerasan Terhadap Wartawan

Baca Juga :

Wartawan Sukabumi Diduga Dianiaya saat Liput Korban Jatuh ke Sungai Cimandiri

Baca Juga :

Berikut pernyataan sikap dan desakan AJI Bandung terkait kasus kekerasan terhadap jurnalis di Kabupaten Sukabumi.  Dikeluarkan oleh Ahmad Fauzan, Ketua Divisi Advokasi dan Tri Joko Her Riadi sebagai Ketua AJI Bandung;

1.Aparat kepolisian untuk segera mengusut hingga tuntas perkara ini dan menangkap pelaku kekerasan terhadap jurnalis JurnalSukabumi.com.

2.Setiap jurnalis untuk selalu ingat dan patuh pada kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugasnya, salah satunya menghormati privasi narasumber lewat pengumpulan informasi, gambar, dan dokumen, secara etis dan profesional.

3.Para pengelola media untuk mengambil tanggung jawab dalam meningkatkan pemahaman dan komitmen para reporternya pada kode etik jurnalistik. 

Kasus ini sudah dilaporkan secara resmi kepada Polres Sukabumi. Seperti diberitakan sebelumnya, Satreskrim Polres Sukabumi masih menyelidiki kasus dugaan penganiayaan wartawan media online Jurnal Sukabumi Ilham Nugraha (26 tahun). 

Sejumlah saksi sudah diperiksa dalam peristiwa yang terjadi di RSUD Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Senin, 13 Juni 2022, tersebut. "Korban sudah buka laporan. Untuk sementara masih dilaksanakan lidik terhadap pelakunya," kata Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP I Putu Asti Hermawan Santosa, Selasa, 14 Juni 2022. 

"Masih memeriksa saksi-saksi, juga lidik manual tim opsnal Polres Sukabumi. Masih terus menggali siapa pelakunya," imbuh Putu.

Dari pantauan, beberapa saksi yang diperiksa adalah security RSUD Palabuhanratu dan pihak keluarga pengendara sepeda motor yang jatuh ke Sungai Cimandiri. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp