Jaring "Spiderman", Upaya Mencegah Korban Baru di Jembatan Bagbagan Sukabumi

Selasa 14 Juni 2022, 15:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Selepas menyetop pekerjaan renovasi Jembatan Cimandiri atau dikenal Bagbagan di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, sejumlah warga melakukan aksi protes lain dengan memasang jaring pengaman tali rafia di ujung segmen proyek jembatan di atas sungai Cimandiri tersebut. Ini dilakukan warga pada Selasa (14/6/2022).

Pemasangan tali rafia pengaman yang mirip jaring "Spiderman" tersebut adalah bentuk protes kurang amannya lokasi proyek renovasi jembatan. "Kita pasang karena memang tidak ada safety sama sekali. Ini sebagai bentuk protes masyarakat kenapa tidak ada pengaman seperti ini," kata warga, Jajat Sudrajat (34 tahun), kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

Jajat menyebut warga juga meminta transparansi anggaran proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR ini. "Jangan ada yang ditutup-tutupi anggaran berapa yang dikeluarkan pemerintah. Kami sebagai warga juga membayar pajak," ucap Jajat. Permintaan ini muncul lantaran warga heran tak ada papan proyek di sekitar jembatan.

Aksi protes warga ini terjadi menyusul peristiwa jatuhnya tiga orang ke Sungai Cimandiri dari jembatan tersebut pada Senin, 13 Juni 2022, sekira pukul 17.40 WIB. Insiden ini terjadi saat ketiganya berkendara menggunakan sepeda motor matik. Ketiga korban adalah D (22 tahun), yang saat itu membonceng S (20 tahun) dan bayi berinisial DE (2 tahun).

photoKondisi lokasi proyek renovasi Jembatan Cimandiri atau lebih dikenal Jembatan Bagbagan di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/6/2022). - (Sukabumiupdate.com/Denis Febrian)

Baca Juga :

Menurut Jajat, segmen pengerjaan rehabilitasi jembatan sepanjang 60 meter ini harus dijaga dinas setempat atau dari pihak kontraktor. Tak hanya menjaga arus lalu lintas, namun mencegah adanya korban terjatuh ke sungai. Jajat mengaku belum mendapatkan informasi apakah dinas-dinas di Kabupaten Sukabumi dilibatkan dalam pengerjaan proyek ini.

"Dinas DLLAJ tidak tahu dilibatkan atau tidak, karena saya tidak pernah melihat ada DLLAJ bahkan petugas dari kontraktor yang jaga (di ruas segmen proyek) mengamankan pekerjaan ini. Hanya mengandalkan OKP dan ormas. Begitu pun mereka (OKP dan ormas) tidak berada di posisi TKP kecelakaan, hanya di tiap ujung jembatan," ujarnya.

Kosongnya isi water barrier yang diletakkan di sepanjang pengerjaan proyek menjadi sesuatu yang tak luput dari sorotan warga. Padahal, alat ini berfungsi sebagai pembatas seandainya ada warga atau pengendara yang akan terjatuh ke sungai. Jajat mengatakan water barrier di lokasi itu tidak diisi air sama sekali, sehingga banyak yang jatuh.

"Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kontraktor untuk mencegah ada korban selanjutnya," kata dia. "Lampu-lampu selang sepanjang proyek kalau malam tidak ada, ini pun seharusnya ada diaktifkan kembali penerangan," imbuh Jajat.

Saat berita ini ditayangkan, Muspika Simpenan bersama warga sedang melakukan audiensi dengan pihak Kementerian PUPR dan kontraktor di kantor Kecamatan Simpenan. Mediasi tersebut membicarakan masalah keamanan pengerjaan proyek rehabilitasi Jembatan Bagbagan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Science05 Desember 2023, 09:30 WIB

Apa Perbedaan Asam Folat dan Asam Sulfat? Simak Penjelasannya!

asam folat dan asam sulfat adalah zat yang jauh berbeda. Asam folat biasa disebut folic acid dan asam sulfat memiliki rumus kimia H2SO4.
Ilustrasi. Bahan Kimia | Apa Perbedaan Asam Folat dan Asam Sulfat? Simak Penjelasannya! (Sumber : Freepik/@freepik)
Film05 Desember 2023, 09:26 WIB

10 Rekomendasi Film Terbaik yang Dibintangi Iqbaal Ramadhan, Dijamin Seru!

Aktor Iqbaal Ramadhan telah banyak membintangi film Indonesia terbaik, menarik dan seru yang cocok untuk dijadikan list tontonan bersama keluarga, pasangan maupun teman-teman.
Aktor Iqbaal Ramadhan yang membintangi berbagai film. | Foto: Instagram.com/@iqbaal.e
Sukabumi Memilih05 Desember 2023, 09:06 WIB

Ada TPS di Pelosok, Panwaslu Tegalbuleud Sukabumi Bahas Distribusi Logistik Pemilu

Deta menuturkan DPT di Tegalbuleud adalah 27.559 dengan jumlah TPS 101.
Panwaslu Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, melakukan Rakor distribusi logistik untuk Pemilu 2024 pada 28 November 2023. | Foto: Istimewa
Sehat05 Desember 2023, 09:00 WIB

Bantu Cegah Anemia, Ini 6 Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan Tubuh

Toge memiliki rasa yang segar dan renyah, dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti toge goreng, sop toge, atau capcay.
Toge memiliki rasa yang segar dan renyah, dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti toge goreng, sop toge, atau capcay. (Sumber : via resepkoki.id)
Science05 Desember 2023, 08:48 WIB

Gibran Salah Sebut Asam Folat Jadi Asam Sulfat, Ini Bedanya Folic Acid dan H2SO4

Cawapres Gibran diketahui mengisi acara diskusi ekonomi kreatif, yang mana terekam momen saat Gibran salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat. Apa bedanya? Simak Disini!
Ilustrasi. Gibran Salah Sebut Asam Folat Jadi Asam Sulfat, Ini Bedanya Folic Acid dan H2SO4 (Sumber : Freepik/@wirestock)
Entertainment05 Desember 2023, 08:34 WIB

Viral Video Gibran Rakabuming Raka Sebut Ibu Hamil Perlu Asam Sulfat

Sebuah Video Viral di Media Sosial yang menunjukkan Cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming Raka yang Menyebut Ibu Hamil Perlu Asam Sulfat.
Gibran Rakabuming Raka | Viral Video Gibran Rakabuming Raka Sebut Ibu Hamil Perlu Asam Sulfat | Foto : Ist
Kecantikan05 Desember 2023, 08:30 WIB

9 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Berikut beberapa manfaat potensial dari masker lemon untuk wajah, tak hanya mencerahkan kulit ya!
Ilustrasi. Manfaat Masker Lemon untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit (Sumber : Freepik/@freepik)
Inspirasi05 Desember 2023, 08:00 WIB

Lowongan Kerja di Cikarang untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Berikut Informasi Lowongan Kerja di Cikarang untuk Lulusan S1 Semua Jurusan. Jobseeker Segera Daftar!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Cikarang untuk Lulusan S1 Semua Jurusan. (Sumber : Freepik.com/jcomp)
Life05 Desember 2023, 07:00 WIB

10 Bahasa Tubuh Pria Pemalu Saat Jatuh Cinta, Gerak-geriknya Unik!

Saat pria pemalu jatuh cinta mereka akan mengekspresikannya melalui bahasa tubuh yang tak biasa
Ilustrasi - 10 Bahasa Tubuh Pria Pemalu Saat Jatuh Cinta, Gerak-geriknya Unik! (Sumber : pexels.com/@vjapratama)
Food & Travel05 Desember 2023, 06:00 WIB

Resep Jumeokbap Simpel, Nasi Kepal Korea untuk Bekal Makan Anak

Berikut Resep Jumeokbap Korea, bisa jadi inspirasi menu bekal anak ke sekolah. Yuk, recook!
Resep Jumeokbap Simpel, Nasi Kepal Korea untuk Bekal Makan Anak (Sumber : Instagram/@bamsae.id)