Ini Kantor Pusat Pemerintahan Sementara Kabupaten Sukabumi Utara? DOB Selangkah Lagi

Sabtu 24 Oktober 2020, 11:08 WIB

SUKABUMIUPDATE.com – Bersama Garut Selatan, Bogor Barat, pembentukan DOB (Daerah Otonomi Baru) Kabupaten Sukabumi Utara tinggal selangkah lagi. Semua persiapkan dan tahapan sudah dilakukan, termasuk memilih bangunan representatif untuk pusat kantor pemerintahan smentara Kabupaten Sukabumi Utara, yaitu di Badan Pendidikan dan Pelatihan di jalan raya Kadupugur KM 10,4 Desa Lembursawah Kecamatan Cicatantayan Kabupaten Sukabumi.

Pemilihan Badan Diklat Kabupaten Sukabumi sebagai pusat pemerintahan sementara DOB Kabupaten Sukabumi nantinya ini tidak terlepas dari kebutuhan ruang perkantoran representatif. Ini merupakan kawasan perkantoran dengan banyak bangunan, karena disini ada Badan Diklat, Balai Latihan Kerja (BLK) termasuk Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi. 

Hal ini diungkapkan oleh anggota Komisi 1 DPRD Kabupaten Sukabumi, Jalil Abdillah. Kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (24/10/2020) Jalil menjelaskan bahwa proses menuju terbentuknya DOB Kabupaten Sukabumi Utara (KSU) tinggal selangkah lagi, menunggu proses pengesahan undang-undang pembentukan DOB  dari pemerintah.

“Semua tahapan sudah dilakukan, pembahasan ditingkat Kabupaten Sukabumi, provinsi Jabar, bahkan DPR RI dan Kemendagri. Tinggal pengesahan undang-undang sebagai dasar hukum pembentukan DOB baru termasuk KSU,” jelasnya kepada sukabumiupdate melalui pesan singkat.

BACA JUGA: Pemkab dan Pemprov Samakan Persepsi Percepatan Pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara

“Undang-undang tersebut terbit sekaligus mencabut moratorium DOB oleh pemerintah,” sambung politisi Partai Amanat Nasional ini lebih jauh.

Artinya lanjut Jalil, semua pemberkasan terkait persiapan dan persyaratan sudah dilakukan termasuk memilih calon pusat pemerintahan KSU. “Rencananya pusat pemerintahan sementara KSU itu di perkantoran di Badan Diklat Kabupaten Sukabumi yang dijalan raya Kadupugur,” tegasnya.

Kenapa sementara? Menurut Jalil dalam rencana DOB KSU, pusat pemerintahan itu di Kecamatan Cibadak. Kantor pusat pemerintahannya atau setda akan dibangun di kawasan SMKN 1 Pertanian yang ada di Karangtengah Cibadak.

“Jadi selama proses pembangunan kantor setda disana, pusat pemerintahan sementara akan berlangsung di perkantoran Badan Diklat,” tambah Jalil.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Cek Persiapan DOB Sukabumi Utara, Iyos: Lama Ditunggu

Untuk diketahui, dari 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi saat ini, 21 kecamatan akan menjadi wilayah DOB Kabupaten Sukabumi Utara(KSU). Ini berdasarkan kajian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Padjadjaran, yang menjadi naskah akademis dari rencana DOB.

Ibu kota Kabupaten Sukabumi (induk) tetap di Palabuhanratu dan rencana ibu kota DOB Kabupaten Sukabumi Utara di Cibadak. Inilah 21 kecamatan yang masuk wilayah DOB Kabupaten Sukabumi Utara di antaranya Kecamatan Cibadak, Kabandungan, Caringin, Kalapanunggal, Kadudampit, Parakansalak, Sukalarang, Bojonggenteng, Sukabumi, Cidahu, Gunungguruh, Cicurug, Cisaat, Parungkuda, Kebonpedes, Ciambar, Cireunghas, Nagrak, Gegerbitung, Sukaraja dan Cicantayan. 

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan. 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)
Inspirasi21 Juli 2024, 17:00 WIB

Sambut Hari Kemerdekaan, PLN Sukabumi Beri Bantuan Sembako dan Edukasi Ketenagalistrikan

Kegiatan PLN UP3 Sukabumi di Gunungguruh Sukabumi ini adalah bentuk nyata dari kepedulian PLN.
PLN UP3 Sukabumi melalui YBM saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kampung Karangpara, Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunungguruh. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Inggris พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet ft. VARINZ

Lirik Bahasa Inggris Lagu I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ yang viral yaitu "Cause you're the one that I like, I can't deny. Every night you're on my mind".
Official Lagu พี่ชอบหนูที่สุดเลย I Love You The Most Ponchet Feat.VARINZ. Foto: YouTube/PONCHET
Sukabumi21 Juli 2024, 16:51 WIB

PD Salimah Sukabumi Sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual

Berikut harapan dan tujuan PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU Tindak Pidana Kekerasan Seksual atau UU TPKS.
PD Salimah Kabupaten Sukabumi sosialisasikan UU TPKS, ini harapan dan tujuannya. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:21 WIB

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN Sukabumi Beri Listrik Gratis untuk Masyarakat

Sambut Kemerdekaan RI ke-79, PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug beri Listrik Gratis untuk masyarakat agar merdeka dari kegelapan.
PLN UP3 Sukabumi melalui ULP Cicurug menyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis di empat lokasi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 16:02 WIB

Warisan Budaya Takbenda, Tari Cepet Sukabumi Dilestarikan 9 Sanggar di Ciracap

Tari cepet masih dilestarikan sejumlah sanggar di Ciracap Sukabumi. Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) itu diharapkan jadi daya tarik wisata di Geopark Ciletuh.
Topeng cepetan yang dibuat perajin asal Kampung Jaringao RT 07/05 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang