Hadiri Pelantikan HNSI , Marwan dan Yudha Bicara Masa Depan Nelayan Sukabumi

Kamis 09 Januari 2020, 09:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bupati Sukabumi Marwan Hamami hadiri pelantikan dan syukuran pengurus DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi masa bhakti 2019-2024, di Gedung Fridnanda Palabuhanratu, Kamis (9/1/2020).

BACA JUGA: Dede Ola Jadi Ketua Lagi, HNSI Jabar Minta Keran Ekspor Benih Lobster Dibuka

Pelantikan dan pengukuhan Ketua Umum DPC HNSI Kabupaten Sukabumi Dede Ola bersama 50 orang pengurusnya dilaksanakan langsung oleh Ketua Umum DPD HNSI Provinsi Jawa Barat, H. Nandang A. Permana.

Tampak hadir Ketua DPRD, perwakilan Kapolres dan perwakilan Dandim, Kepala Perangkat Daerah terkait serta undangan lainnya.

"Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat nelayan Kabupaten Sukabumi mengucapkan selamat atas terpilihnya H. Dede Ola sebagai ketua HNSI dalam muscab VI DPC HNSI, yang diselenggarakan pada 18 sampai 20 Desember 2019 lalu, di Hotel Augusta Palabuhanratu," ujar Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Marwan mengajak membangkitkan semangat dan kekuatan HNSI, sebagai organisasi nelayan dalam melanjutkan pembangunan di bidang kelautan dan perikanan. Hal ini untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat

BACA JUGA: Ada 1.771 Nelayan di Kabupaten Sukabumi, 920 Belum Punya Asuransi Kecelakaan

"Kita memiliki potensi kelautan yang sangat besar, artinya harus dikelola secara baik dan profesional serta meletakan para nelayan di garda terdepan dalam pemanfaatan hasil-hasil laut. Mulai dari hulu sampai hilir, sehingga upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan dapat ditingkatkan," ungkapnya.

Menurutnya, HNSI sebagai wadah nelayan Indonesia dapat turut memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi nelayan. HNSI harus dapat mendorong terciptanya transformasi di bidang sosial-ekonomi-budaya, dan mampu mencapai kesejahteraan berkelanjutan.

"HNSI diharapkan dapat memfasilitasi penguatan peran nelayan untuk berpartisipasi dalam pembangunan serta bersama sama mewujudkan Sukabumi lebih baik, Sukabumi lebih maju serta Jabar juara dan Indonesia hebat," pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan proposal permohonan bantuan oprasional DPC HNSI Kabupaten Sukabumi dan pengalungan selendang HNSI, oleh Ketua DPC Kabupaten Sukabumi kepada Bupati Sukabumi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukamagara menambahkan, ia melihat HNSI mempunyai posisi yang strategis dan cukup penting perihal mengenai nelayan di Kabupaten Sukabumi.

"Sayan rasa HNSI harus betul-betul berpungsi dalam mencari jalan keluar dan solusi permasalahan permasalahan nelayan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Kami di DPRD dan sebagai ketua sangat mendukung penuh program-program kerjanya yang akan dilaksanakan HNSI," imbuhnya. 

BACA JUGA: Trik Marwan Hamami Kembangkan Wisata Baru di Sukabumi

Ia berharap HNSI bisa bersinergis dengan pemerintah daerah dan juga siap menampung aspirasi dari masyarakat nelayan melalui HNSI. Hal ini untuk membantu nelayan dalam aktivitas melautnya lebih mudah dan lebih baik lagi.

"Kebetulan menteri kelautan yang sekarang pak Edy Prabowo merupakan dari Partai Gerindra. Insya Allah kalau nanti ada hal aspirasi yang harus dilanjutkan ke sana melalui fraksi, kami mungkin nanti bisa disinergiskan," ungkapnya. 

Selain itu, Yudha berharap kesejahteraan nelayan bisa meningkat, karena nelayan ini memiliki posisi yang cukup penting. Tidak hanya di Palabuhanratu, namun juga Geopark, Ciletuh ini yang cukup banyak mencapai ribuan orang.

"Tugas kita semua untuk membantu mendongkrak kesejahteraan bagi nelayan, terutama fasilitas-fasilitas untuk peningkatan kapasitas para nelayan di Kabupaten Sukabumi, dengan program yang bisa di dorong pemda," tandasnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan proposal permohonan bantuan oprasional DPC HNSI Kabupaten Sukabumi dan pengalungan selendang HNSI, oleh Ketua DPC Kabupaten Sukabumi kepada Bupati Sukabumi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Keuangan20 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Tips Menabung untuk Investasi Masa Tua, Hidup Bahagia dan Sejahtera

Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan fokus pada kebutuhan daripada keinginan bisa menjadi cara hidup yang membantu suksesnya investasi masa tua.
Ilustrasi. Menabung untuk Investasi Masa Tua (Sumber : Freepik/@freepik)
Science20 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Sabtu Juli 2024. (Sumber : pexels.com/Jonathan Young)
Food & Travel20 Juli 2024, 05:30 WIB

Spot Berburu Kerang, Sisi Lain Pantai Cikadal Sukabumi Lokasi Utama GCS Ke-3

Pantai Cikadal di Desa Mandrajaya Ciemas Sukabumi disebut juga Pantai Patireman. Lokasi favorit berburu tiram atau kerang laut.
Warga saat berburu tiram/kerang laut di Pantai Cikadal atau Pantai Patireman, Desa Mandrajaya, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)