Jusuf Kalla Beri Penghargaan Pemkab Sukabumi, Bupati Kasih Bantuan TKI Gagal

Selasa 18 Desember 2018, 10:17 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pemerintah Kabupaten Sukabumi, mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, sebagai daerah yang peduli dalam penanganan dan perlindungan pekerja migran Indonesia. Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dalam peringatan Hari Buruh Migran Internasional di Pusabangdai Cikembang, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Selasa (18/12/2018).

Bupati Sukabumi memegang penghargaan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. |Sumber Foto: Istimewa.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, bekerja diluar negeri tidaklah mudah dan tidak selalu bisa bahagia. Apalagi dengan banyak kasus-kasus serta dampak negatif yang terjadi. “Sehingga pemerintah perlu memberikan perlindungan, baik dari sisi keamanan juga dari kemampuan atau skill yang baik," ujarnya saat memberikan sambutan.

<iframe src="//www.youtube.com/embed/JCUejiy94Eg" width="315" height="180" allowfullscreen="allowfullscreen"></iframe>

JK berharap masyarakat bisa mengikuti pelatihan dan peningkatan skill yang telah disediakan oleh lembaga yang dikelola pemerintah atau lembaga lainnya. Sehingga kedepan saat ingin bekerja keluar negeri telah siap.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menjelaskan Pemda Kabupaten Sukabumi ditunjuk oleh Kementrian Ketenagakerjaan  Republik Indonesia. Karena dianggap telah memiliki trobosan dengan memberikan pelayanan satu atap. Dimana para pekerja di didik kemampuan dan skilnya, serta secara administrasi pun terkondisikan.

“Selain itu, para migran yang sudah kembali juga kita bina kewirausahaan, kemudian kita dorong juga bagaimana mereka bisa memahami potensi daerahnya untuk membentuk UKM. Contohnya seperti di kawasan Geopark, dimana para eks tenaga kerja dibina untuk mengelola homestay dan membuat kelompok UKM,” paparnya.

BACA JUGA: Kunjungi Sukabumi, Wapres JK Beri Pesan Khusus untuk Calon TKI

Sekarang mereka (eks tenaga kerja)  punya pekerjaan dari hasil pekerjaan mereka membikin homstay, tambah Marwan ada yang membuat kuliner atau pun tempat usaha kecil yang dapat menopang kehidupan mereka. “Menurut mereka penghasilanya cukup lumayan bahkan bisa melebihi penghasilan merek bekerja di luar,"jelasnya.

Usai acara berlangsung, Marwan  memberikan bantuan kadedeuh sebagai bentuk tali asih kepada para tenaga kerja indonesia yang gagal. TKI gagal adalah TKI yang bekerja namun tidak mendapatkan apa-apa dari hasil pekerjaannya diluar  bahkan mendapat suatu permasalahan atau musibah saat melakukan pekerjaan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin
Kecantikan16 Juli 2024, 19:30 WIB

9 Manfaat Masker Jelly untuk Perawatan Kulit Wajah dan Tips Menggunakannya

Masker jelly bisa membantu memberikan hidrasi mendalam dan membantu menjaga kelembaban kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.
Ilustrasi Memakai Masker Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)