Berbagai Usaha yang Dapat Dilakukan Dimasa Pandemi

Selasa 03 November 2020, 09:05 WIB

Oleh: Sibgotallah

Mahasiswa Universitas Nusa Putra Prodi Manajeman

Pandemi covid-19 banyak sekali menimbulkan pengaruh pada kehidupan manusia, hampir semua aspek terkena imbasnya.  Salah satu upaya pemutusan mata rantai covid-19 adalah dengan menjaga jarak atau social distancing. Dimasa pandemi Covid-19 seperti ini, banyak sekali dampak negatif yang dihasilkan, salah satunya membuat perekonomian menjadi terhambat. Indonesia menjadi dengan angka kematian hingga mencapai 8 persen,  dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah kematian tertinggi di ASEAN.

Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama dalam memutus mata rantai virus covid ini,  perlu dilakukan metode yang tepat. Salah satu yang harus dilakukan masyarakat adalah dengan karantina dirumah atau berdiam diri dirumah secara sukarela sebagai upaya terbaik dalam  membantu pemerintah menangani virus covid-19 ini. Beberapa upaya yang dilakukan pemerintah adalah dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan tersebut mendorong masyarakat untuk beradaptasi sesuai dengan protokol kesehatan dan peraturan dari pemerintah.

Sebagai mendukung upaya tenaga kesehatan dan pemerintah dalam memutus mata rantai covid ini, masyarakat hendaknya menunda kegiatan yang sekiranya berisiko terpapar virus. Salah satunya adalah dengan Work Form Home alias WFH, bekerja dirumah menjadi bagian dari kebijakan PSBB yang diterapkan pemerintah. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan dan bisa menambah penghasilan. Apa saja? Yuk simak beberapa tips dibawah ini .

1. Membuat Masker Kain

Memakai masker merupakan bagian penting dimasa pandemi ini. Bukan hanya orang sakit yang memakai kain, melainkan semua orang. Masker menjadi prioritas dalam melakukan kegiatan dimasa pandemi. Karena kelangkaan masker medis, maka pemerintah menyarankan untuk memakai kain berbahan kain, salah satu keunggulannya adalah dapat dicuci. Membuat masker sendiri dirumah menjadi satu hal efektif, karena semakin lama pemakaian masker akan semakinn meningkat, dengan begitu kamu bisa membuat dirumah dan menjadi peluang usaha, kamu bisa menjualnya, dan tentunya tetap berada dirumah. 

2. Usaha Online

Dengan kemajuan tekhnologi yang begitu pesat, sebagian orang memanfaatkannya. Salah satunya adalah dengan online shop . Sebetulnya, ide seperti ini sudah lama digandrungi bahkan sebelum pandemi ini datang. Dengan begitu, hanya memanfaatkan smartphone, laptop dan tentunya internet. Lalu bagaimana cara pemasaran nya? Kita bisa memanfaatkan akun social media kita. Seperti Facebook, WhatsApp, dan yang lainnya. Selain itu, kita juga bisa gunakan marketplace untuk memperluas minat calon pembeli. 

3. Jasa Desain Grafis

Untuk kamu yang menguasai skill desain grafis, kamu patut bahagia. Sebab, semua orang belum tentu bisa apalagi menguasai skill ini. Banyak sekali yang membutuhkan jasa desain grafis ini, misalnya sebagai alat pemasaran atau pun logo bagi perusahaan, dan juga untuk membuat poster bagi mereka yang akan membuat poster. Untuk bayaran juga lumayan untuk tambahan penghasilan, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu tergantung dari proses pembuatannya. Media sosial sebagai sebagian kegiatan orang-orang dalam melakukan kegiatan, kamu bisa gunakan media sosial sebagai alat pemasaran.

4. Jual Pulsa dan Paket Internet

Dengan situasi seperti ini, masyarakat sekarang kebanyakan membeli atau menjual barang secara online. Dengan demikian masyarakat perlu paket internet untuk mengaksesnya. Jika ada peluang tak ada salahnya memanfaatkan hal ini. Kamu bisa menjual paket internet dan pulsa, dengan tidak meningkatkan harga dari harga aslinya untuk mengambil keuntungan. Dan dengan dilakukannya sistem kebijakan PSBB ini, masyarakat diminta untuk tetap berdiam diri dirumah, banyak sekali orang yang melakukan pekerjaan dari rumah, sehingga pulsa dan paket internet menjadi barang yang harus untuk dimiliki. Kamu bisa menjualnya ke tetangga atau ke teman dekat, dengan cara menawarkan secara online pula.

5. Menjual Kerajinan Tangan

Bagi kamu yang mempunyai jiwa seni, kamu bisa coba membuat kerajinan tangan yang unik dan tentunya membuat tertarik banyak orang. Banyak sekali kerajinan yang dapat kamu buat saat berada dirumah, salah satunya adalah membuat kerajinan dari kayu. Dengan kayu kamu bisa membuat banyak bentuk, misalnya bentuk Motor klasik, mobil-mobilan gaya klasik juga, dan mungkin itu bisa menjadi daya tarik calon pembeli. Kamu bisa memasarkannya melalui grup jual beli online, E-commerce dan masih banyak lagi. 

Nah, dari beberapa contoh kegiatan diatas kamu bisa mencobanya dirumah. Semoga saja ulasan ini membantu kamu yang sedang bingung bagaimana caranya mendapatkan uang tambahan dimasa pandemi seperti ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Tetap jaga diri, jaga jarak dan hindari berkerumun demi memutus mata rantai Covid-19 ini. 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Food & Travel04 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Langkah Mudah, Ini Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil

Berikut Sembilan Langkah Mudah untuk Membuat Air Jeruk Peras untuk Menjaga Gula Darah Stabil. Yuk, Coba!
Jeruk peras memiliki banyak manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang kaya, terutama vitamin C. (Sumber : Pexels/pixabay)
Sukabumi04 Mei 2024, 06:28 WIB

KAI akan Tutup Perlintasan Liar TKP Pasutri Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi

Lokasi kejadian pasutri tertabrak KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi merupakan perlintasan sebidang liar.
Lokasi kejadian pasutri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Science04 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 4 Mei 2024, Cek Dulu Langit Sebelum Berakhir Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Sabtu 4 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)