Klinik Penulisan dan Bedah Buku, Tingkatkan Gairah Berkarya Akademisi Sukabumi

Selasa 30 April 2019, 08:53 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Perkumpulan Peneliti dan Pegiat Literasi (Research and Literacy Institute/RLI) mengadakan Bedah Buku dan Workshop Statistika Pendidikan. Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang VIP supermarket ternama di Jalan RE Martadinata, Kota Sukabumi, Senin-Selasa (29-30/4/2019) ini, juga diisi dengan Klinik Penulisan Buku. 

Direktur RLI, Mulyawan Safwandy Nurgaha, mengatakan bedah buku dan workshop adalah kegiatan rutin bulanan RLI. Tujuannya untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat literasi di kalangan mahasiswa, dosen, dan masyarakat Sukabumi. 

"Ini agenda rutin bagi mahasiswa dan dosen dengan tujuan meningkatkan daya kritis dalam bidang akademik di Kota dan Kabupaten Sukabumi," ujar Mulyawan.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Sukabumi: Jadikan Literasi Sebagai Tradisi Masyarakat

Mulyawan menambahkan, acara tersebut juga didukung oleh penerbit  nasional. Ia berharap dengan adanya kegiatan rutin seperti ini, dosen dan mahasiswa mau meningkatkan daya literasinya dalam tulis menulis. 

Bedah Buku dan Workshop menghadirkan penulis buku Statistika Pendidikan, Siti Nurhasanah, sebagai narasumber. Sedikitnya 40 orang, terdiri dari mahasiswa dan dosen di Sukabumi, ikut serta dalam acara itu. 

"Klinik Penulisan Buku masih satu rangkaian dengan acara sehari sebelumnya. Tujuannya untuk meningkatkan gairah kepenulisan khususnya para akademisi yang berada di Kota dan kabupaten Sukabumi, supaya mampu berkarya khususnya dalam membuat Buku," tutur Mulyawan

Untuk diketahui, pemaparan materi klinik penulisan buku juga disampaikan oleh Siti Nurhasanah bersama Dedi halim, editor senior Salemba 4. Setelah diadakannya Klinik Penulisan Buku ini, peserta diminta untuk membuat buku yang nantinya akan dikerjasamakan dengan Penerbit Nasional Salemba 4.

"Acara ini sangat bermanfaat bagi saya, khususnya dapat membantu secara pengetahuan akademik dan dapat meningkatkan motivasi dalam literasi," kata Ujang Sukriman, mahasiswa pascasarjana, salah seorang peserta bedah buku dan workshop Statistika Pendidikan. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami, mengapresiasi kegiatan diselenggarakan RLI. Andri hadir di hari pertama untuk membuka acara. 

"Ini merupakan kegiatan yang baik dan harus dikembangkan dalam bidang akademik agar kota Sukabumi bisa meningkatkan daya saing dan dapat menciptakan lebih banyak sumber daya manusia yang unggul," Imbuhnya. 

Andri menambahkan, Pemda saat ini pun membutuhkan ahli-ahli statistik untuk mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan data untuk kepentingan Pemerintah Daerah. Hal ini didasarkan pada pentingnya kebijakan yang berorietasi tujuan berbasis data yang valid.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)