Double Track Sukabumi Bogor Dalam Daftar Outlook 2022 Proyek Perkeretaapian

Jumat 24 Desember 2021, 19:34 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan Double Track lintas Sukabumi Bogor masuk dalam daftar outlook 2022 Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI. Seperti diketahui hingga akhir Desember 2021 ini, pembangunan proyek double Sukabumi Bogor sudah berada di atas 90 persen untuk tahap 1, Stasiun Bogor hingga Cicurug Kabupaten Sukabumi.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri, saat mendampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kinerja Sektor Perhubungan 2021 dan Outlook 2022 pada Selasa, 21 Desember 2021). 

Zulfikri menyampaikan, sepanjang tahun 2021, DJKA telah membangun setidaknya 177,26 km jalur kereta api di seluruh Indonesia. Dari keseluruhan pembangunan jalur baru tersebut, 49,60 Km sudah diselesaikan di tahun 2021, sementara sisanya sepanjang 127,66 Km pembangunannya masih berlanjut.

“Penyelesaian jalur elektrifikasi sepanjang 62,8 km lintas Jogja-Solo di awal tahun adalah bentuk peningkatan pelayanan dengan dioperasikannya KRL Jogja-Solo sebagai KRL pertama di luar Jabodetabek”, ungkap Zulfikri dikutip dari portal resmi Kemenhub. 

Baca Juga :

Tinjau Progres Double Track Bogor-Sukabumi, Menhub: Tahap 1 Selesai Maret 2022

Baca Juga :

Perkembangan Double Track Bogor Sukabumi, DPR RI Soroti Aspek Keselamatan

Selain itu, DJKA telah mengoperasikan jalur ganda layang KA Yogyakarta International Airport sepanjang 5,4 Km, untuk memberikan kemudahan akses dari dan menuju ke Bandara sekaligus menciptakan sistem transportasi yang lebih terintegrasi.

Jalur-jalur lain yang dibangun oleh DJKA di tahun 2021 antara lain yaitu: jalur ganda KA Bogor-Sukabumi, jalur ganda KA Gedebage-Haurpugur, jalur ganda KA Mojokerto-Sepanjang, jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro. “Selain di Pulau Jawa, kami juga membangun jalur KA Krueng Geukeuh-Paloh dan jalur KA Besitang-Langsa di Pulau Sumatera, serta pembangunan jalur KA Makassar-Parepare di Pulau Sulawesi,” ujar Zulfikri.

Lebih lanjut Zulfikri juga menuturkan, selama tahun 2021, DJKA telah melakukan peningkatan jalur KA sepanjang 144,03 Km, dimana sepanjang 86,83 Km di antaranya sudah selesai dan sepanjang 57,20 Km masih berjalan. “Kami juga melakukan perawatan jalur KA sepanjang 192,92 Km di Jawa dan Sumatera untuk memastikan keseluruhan jalur kereta api yang aktif dapat dioperasikan dengan aman dan mengedepankan aspek keselamatan”, sambungnya.

Realisasi penyerapan anggaran yang dicapai oleh DJKA per Desember 2021 sudah menyentuh kisaran 96,04% atau setara Rp 7,96 T dari total pagu Rp 8,29 T. Besaran serapan anggaran yang berhasil dicapai oleh DJKA ini tidak terlepas dari komitmen DJKA untuk terus mendorong perwujudan konektivitas transportasi kereta api di tengah pandemi sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo.

Hingga akhir tahun 2021, program Padat Karya Tunai bidang perkeretaapian telah menyerap tenaga kerja sebanyak 19.020 orang atau 988.614 OrangHari, dengan realisasi besaran upah sebesar Rp 103,72 Milyar.

“Kami menyadari melalui pembangunan yang terus berjalan, percepatan pemulihan ekonomi dapat segera terwujud dengan memberdayakan masyarakat di sekitar lokasi pembangunan melalui program Padat Karya Tunai di wilayah kerja Balai Teknik Perkeretaapian (12 provinsi, 88 kabupaten, 228 desa),” lanjutnya.

Zulfikri kembali menegaskan komitmen DJKA, untuk menyelesaikan proyek-proyek pembangunan dan peningkatan jalur kereta api yang sudah masuk ke dalam Outlook Pembangunan Perkeretaapian 2022.

Beberapa program pembangunan prasarana yang akan dilaksanakan di tahun 2022 antara lain: Elektrifikasi Jalur KA Lintas Solo Balapan - Solo Jebres (3,5 Km), Double Track lintas Bogor-Sukabumi (26,8 Km), Double Track Kiaracondong - Cicalengka Tahap 1 dan 2 (22,17 Km), jalur ganda KA Mojokerto-Sepanjang (33 Km), jalur KA Maros-Barru (59,6 Km) serta Engineering Service Jakarta MRT East-West Project (Phase I).

“Kami juga akan melanjutkan sejumlah kegiatan peningkatan jalur KA di Pulau Jawa dan Sumatera seperti Peningkatan Fasilitas Operasi Perkeretaapian lintas Jatinegara-Bogor dan Manggarai-Jakarta Kota, jalur KA Medan – Labuan, peningkatan jalur KA lintas Padang-Pariaman serta peningkatan jalur KA di lokasi lain”, ucap Zulfikri. 

Masih di portal yang sama, pengerjaan double track Bogor - Sukabumi yang terbagi dalam beberapa segmen rata-rata capaian pengerjaan proyek tersebut berkisar 80 hingga 90 persen dari target pengerjaan yang ditetapkan.

Pembangunan double track Km 9+306 sampai dengan Km 14+096 dengan total panjang 4,79 Km segmen Ciomas - Maseng sudah mencapai 100 persen. Sementara pada segmen Paledang Batu Tulis, realisasinya baru mencapai 86.55 persen.

 Sementara untuk fasilitas operasional yang direncanakan mencapai 95.36 persen baru terealisasi 91.03 persen. Untuk bangunan perlengkapan yang rencananya 74.88 persen pada realisasinya baru mencapai 66.05 persen.

Secara keseluruhan proyek pengerjaan double track Bogor - Sukabumi itu sudah masuk 90 persen. Di lokasi pekerjaan terakhir sampai Stasiun Cicurug saat ini sudah mencapai 91,6043 persen. 

Koleksi Video Lainnya:

Berhenti di Tanjakan, Mobil Berisi Dua Anak Terbalik di Sukabumi

Tim Penjinak Bom Sisir Gereja di Sukabumi

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Life17 Juli 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Mohon Perlindungan dari Segala Hal Buruk dan Gangguan Orang Jahat

Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat.
Ilustrasi - Dengan membaca doa ini , Insya Allah kita akan selalu terhindar dari segala keburukan dan gangguan orang jahat. (Sumber : Freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Didampingi Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi