Awas! Ini 6 Hoaks Soal FIFA hingga Longsor Nganjuk

Senin 22 Februari 2021, 04:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Akses informasi saat ini semakin mudah dan cepat. Dalam sehari saja, begitu banyak informasi berseliweran via internet. Namun masyarakat harus waspada dan cermat dalam mendapatkan informasi tersebut, sebab bisa saja yang diterima itu kabar bohong atau hoaks.

Baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis rekap data harian berita hoaks yang beredar. Ada 6 hoaks terkait FIFA, Covid-19 hingga longsor Ngetos Nganjuk Jawa Timur. Untuk lebih jelasnya simak datanya!

1. [HOAKS] Vtube Sekarang Di bawah Naungan FIFA

Penjelasan: Telah beredar di media sosial Facebook, sebuah postingan yang bertuliskan "Teruntuk heaters pasti kejang kejang, vtube skrg dibawah naungan FIFA,heaters jamgan iri ya berani melawan ombak besar yahahaha palepale #godaymen #ragumurugiku #horaumum". Dalam unggahan tersebut juga terdapat foto Presiden FIFA Gianni Infantino yang tampak menunjukkan logo dari aplikasi VTube yang dibuat oleh PT. Future View Tech ke grup VTUBER_INDONESIA.

Faktanya, foto tersebut merupakan hasil editan atau suntingan. Foto aslinya adalah foto ketika Presiden FIFA Gianni Infantino berpose dengan Trofi Piala Dunia Wanita setelah pengumuman bahwa Australia / Selandia Baru adalah tuan rumah pemenang untuk FWWV23 pada 25 Juni 2020.

2. [Hoaks] Setelah Divaksin Kasus HIV dan Kanker Akan Meledak

Penjelasan: Beredar sebuah unggahan berisi daftar penyakit yang diklaim disebabkan oleh vaksin flu atau Covid. Unggahan tersebut disertai diagram yang berisi berbagai penyakit antara lain kanker, infeksi HIV/AIDS, stroke, diabetes, arthritis, dan serangan jantung. Bahkan, di bagian bawah, disebutkan bahwa kematian adalah salah satu akibat dari pemberian vaksin. 

Berdasarkan hasil penelusuran dari cekfakta.tempo.co, klaim bahwa vaksin flu dapat menyebabkan infeksi HIV dan kanker, maupun penyakit serta gangguan serius lainnya adalah keliru. Vaksin flu telah banyak digunakan di berbagai negara, termasuk Indonesia, dan belum pernah dilaporkan menyebabkan infeksi HIV maupun kanker. Selanjutnya, dilansir dari republika.co.id, Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe membantah kabar lawas yang kembali muncul di sebagian masyarakat tentang vaksin yang dianggap bisa menyebabkan autisme hingga kanker. "Tidak ada vaksin yang bisa menyebabkan kanker, malah ada vaksin yang bisa melindungi kanker, vaksin hepatitis B yang bisa melindungi kanker hati, vaksin HPV melindungi kanker mulut rahim, jadi tidak benar vaksin sebabkan kanker," ujar Dirga.

3.[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Bupati Jepara

Penjelasan: Beredar akun WhatsApp mengatasnamakan dan menggunakan foto profil Dian Kristiandy yang mengenakan pakaian Dinas Bupati Jepara. Faktanya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jepara Arif Darmawan menegaskan nomor tersebut bukan milik Bupati Jepara, Dian Kristiandi. Ia meminta kepada masyarakat agar tidak merespon pesan melalui WhatsApp yang mengatasnamakan bupati Jepara. 

4. [DISINFORMASI] Tweet Aa Gym Komentari Kinerja Anies Baswedan Terkait Penanganan Banjir

Penjelasan: Beredar di media sosial, sebuah tangkapan layar yang menyandingkan status yang diunggah oleh Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dengan sebuah foto yang berisi beberapa penghargaan yang diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Faktanya, foto cuitan Aa Gym dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut tidak saling berkaitan. Adapun waktu cuitan tersebut diunggah yaitu pada tahun 2017 dan telah dihapus sejak lama.

5. [DISINFORMASI] Mendikbud Larang Gunakan Jilbab di Sekolah Karena Agamanya Berseberangan

Penjelasan: Beredar postingan di media sosial Facebook yang mengklaim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melarang penggunaan jilbab atau hijab dilingkungan sekolah karena agamanya berseberangan. Klaim Nadiem Makarim membuat larangan penggunaan jilbab di sekolah karena agamanya berseberangan adalah narasi yang keliru. 

Faktanya, merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri pada tanggal 3 Februari 2021, berisikan bahwa Institusi sekolah tidak boleh lagi mewajibkan siswa maupun tenaga kependidikan menggunakan seragam dengan atribut keagamaan tertentu.

6. [DISINFORMASI] Detik-Detik Tanah Longsor di Ngetos Nganjuk Jawa Timur

Penjelasan: Telah beredar di media sosial Facebook, unggahan yang memperlihatkan sebuah video detik-detik tanah longsor di Desa Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, baru-baru ini.

Faktanya, klaim yang memperlihatkan detik-detik longsor di Ngetos, Nganjuk, Jawa Timur baru-baru ini adalah salah. Video tersebut merupakan video lama yang telah beredar sejak tahun 2017 lalu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 18:39 WIB

5 Partai Resmi Berkoalisi di Pilkada Sukabumi 2024: Optimis Rebut Kursi Bupati

Menghadapai perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, 5 partai di Kabupaten Sukabumi resmi berkoalisi, yaitu PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP.
5 partai politik resmi berkoalisi di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi, Sabtu 04 Mei 2024 | Foto : Asep Awaludin
Life04 Mei 2024, 18:00 WIB

9 Kalimat yang Tidak Boleh Diucapkan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak

Membesarkan dan mendidik anak merupakan hal yang terkadang sulit. Sehingga orang tua tidak boleh mengeluarkan kalimat yang membuat anak trauma.
Ilustrasi. Mendisiplinkan anak. Sumber : pexels.com/@Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 17:01 WIB

Edarkan Sabu, Pemuda Asal Gunungguruh Sukabumi Diringkus Polisi

Pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat dalam peredaran narkoba jenis Sabu
DAM (31 tahun), pemuda asal Cibolang Gunungguruh Sukabumi diamankan Sat Narkoba Polres Sukabumi Kota karena diduga terlibat peredaran Sabu | Foto : Ist
Musik04 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya

Simak Lirik dan Terjemahan Too Much Of A Good Thing Berikut, Lagu Niki Zefanya yang Baru Dirilis pada Jumat, 3 Mei 2024.
Official Music Video Lirik dan Terjemahan Lagu Too Much Of A Good Thing Niki Zefanya (Sumber : YouTube/NIKI)
Sukabumi04 Mei 2024, 16:10 WIB

Motif Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi, Diduga Tolak Hubungan Sesama Jenis

Polisi mengungkap motif pembunuhan terhadap seorang asisten rumah tangga bernama Ajo Sutarjo alias Ceceu (55 tahun) di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
A (20 tahun) pelaku pembunuhan pembantu di Citepus Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life04 Mei 2024, 16:00 WIB

Menyebabkan Perpisahan, 6 Tanda Pasangan Anda Tidak Bahagia Hidup Bersama

Hubungan yang tidak sehat bisa menyebabkan perpisahan. Oleh sebab itu, setiap pasangan harus paham tanda bahwa kekasih sudah tidak bahagia.
Ilustrasi. Tanda pasangan sudah tidak bahagia. Sumber foto : Pexels/Vera Arsic
Sukabumi04 Mei 2024, 15:45 WIB

Usia 20 Tahun, Ini Tampang Pelaku Pembunuhan Pria di Citepus Sukabumi

Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo melalui Kasi Humasnya Iptu Aah Saepul Rohman mengatakan bahwa pelaku berhasil di tangkap di wilayah Parungkuda.
Tampang pelaku pembunuhan pembantu di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)