Achmad Purnomo Positif, Deretan Kepala Daerah Terpapar Covid-19

Sabtu 25 Juli 2020, 03:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, baru saja dinyatakan positif tertular Covid-19 Jumat, 24 Juli 2020. Dilansir dari tempo.co, nama dia menambah jajaran kepala daerah yang ikut terpapar virus di tengah pandemi.

Kebanyakan dari mereka berhasil selamat dan dinyatakan sembuh. Namun ada pula yang meninggal dengan status sebagai pasien. Berikut beberapa kepala daerah lain yang terpapar Covid-19 yang dihimpun Tempo.

1. Wali Kota Bogor Bima Arya

Bima Arya pertama dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis, 19 Maret 2020. Sebelum dinyatakan mengidap virus, dia dan rombongan berkunjung ke Turki dan Azerbaijan pada 9-16 Maret 2020. Sesuai dengan protokol yang ditetapkan pemerintah, orang yang memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri berstatus orang dalam pemantauan. Tes swab dijalaninya pada Selasa, 17 Maret 2020 dan hasilnya diketahui dua hari kemudian.

Pada 18 April, Bima dinyatakan sembuh dari virus tersebut setelah dua kali hasil test swab yang ia jalani negatif. Pada akhir April, setelah menjalani isolasi mandiri, Bima mulai aktif kembali bekerja.

2. Wali Kota Tanjungpinang Syahrul

Wali Kota Tanjungpinang Syahrul ditetapkan positif Covid-19 pada 13 April 2020. Saat itu, ia dirawat di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSUP Kepulauan Riau) setelah mengeluhkan sesak nafas.

Namun Syahrul tak mampu bertahan. Pada 28 April 2020, Ketua Gugus Penanganan Covid-19, Tjetep Yudiana, menyatakan Syahrul meninggal di tengah perawatan.

3. Wali Kota Karawang Cellica Nurrachadiana

Cellica diumumkan positif terinfeksi Covid-19 pada 24 Maret 2020. Melalui laman Instagramnya, Cellica mengatakan tak memiliki gejala mengidap Corona seperti demam, batuk atau pilek. Saat itu, ia pun melanjutkan tugas sehari-hari sebagai Bupati, termasuk hadir ke acara-acara yang diikuti banyak orang.

Merunut 14 hari ke belakang sebelum dinyatakan positif, Cellica sempat menghadiri sejumlah acara. Sekitar dua pekan lalu, ia hadir di Musyawarah Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Barat, di Swiss Belhotel, Karawang pada Senin, 9 Maret 2020. Ia duduk satu deret dengan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Belakangan Yana dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Ridwan Kamil menyebut acara Musda HIPMI sebagai salah satu klaster penyebaran virus Corona di Jawa Barat.

Cellica baru dinyatakan sembuh pada pertengahan April. Di akhir bulan, ia nampak sudah kembali bekerja.

4. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Yana menyatakan diri positif terinfeksi Corona pada 23 Maret 2020. Yana mengatakan ia sempat mengalami demam. Sehingga, ia memutuskan untuk tes. "Saya sudah melakukan tes dan hasilnya positif Corona Covid-19," kata Yana.

Pada 3 April, Yana kembali bekerja setelah dinyatakan sembuh. Meski begitu, ia lengkap mengenakan sarung tangan dan masker di hari pertamanya kerja pasca sembuh.

5. Bupati Pemalang Junaedi

Purnomo bukan kepala daerah asal Jawa Tengah pertama yang terpapar Covid-19. Sebelum dia, Bupati Pemalang Junaedi dan istrinya Irna Setiawati dinyatakan positif Covid-19 pada 22 Juli 2020. Selain mereka, dua pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang juga positif. Mereka kini menjalani perawatan di rumah sakit.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, Irna yang merupakan anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah memiliki gejala batuk. "Saya teelpon bilang cuma batuk-batuk, tapi di-swab positif," ujar Ganjar.

6. Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor

Aptripel, 54 tahun, mengalami sakit dan dirawat di Rumah Sakit Wahidin pada Kamis, 2 April 2020. Selanjutnya tim medis menempatkan dia di ruang isolasi dan memasang alat ventilator (alat bantu pernafasan). Ia dirawat dengan status pasien salam pengawasan alias PDP. Naas, malam harinya, Aptrilel dinyatakan meninggal.

Ia sempat menjalani perawatan di RS Morowali namun kemudian dirujuk ke RS Wahidin Sudirohusodo. Saat dirujuk itu, ada sejumlah orang yang mengantar. Belakangan, istri dan dua anak almarhum Aptripel Tumimomor dilaporkan positif Corona setelah melakukan tes swab.

7. Bupati Melawi

Bupati Melawi, Kalimantan Barat, Panji menyatakan diri terpapar Covid-19 pada 2 Juni 2020. Tak hanya Panji, virus juga menjangkiti istri, tiga anak, dan mertua Panji. Namun pada 20 Juni, ia dan keluarganya dinyatakan sembuh.

8. Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo

Nama Purnomo menjadi nama yang terakhir masuk dalam daftar nama kepala daerah yang terkonfirmasi terkena Covid-19. Kondisinya disebut cukup baik dan kini sedang menjalani isolasi mandiri.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani mengatakan, Satgas tengah melakukan penelusuran kontak dekat. "Sebagai pejabat, beliau tentu telah bertemu dengan banyak orang," kata dia, Jumat 24 Juli 2020.

Salah satu yang ditemui Purnomo belakangan adalah Presiden Joko Widodo. Jokowi diketahui menerima kunjungan Purnomo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada 20 Juli 2020 lalu. Hal ini membuat Jokowi dan beberapa lingkungan terdekatnya langsung melakukan test swab.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 21:21 WIB

6 Kebiasaan yang Membuat Anda Selalu Spesial dan Menarik di Mata Orang Lain

Terdapat kebiasaan keseharian yang bila diterapkan akan membaut anda dianggap pribadi yang menyenangkan dan menarik oleh orang lain.
Ilustrasi kebiasaan yang membuat spesial dan menarik. (Sumber foto : Pexels/Sora Shimazaki)
Sehat29 Maret 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Herbal untuk Mengatasi Asam Lambung Naik, Alami Tanpa Obat-obatan

Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik.
Ilustrasi Lemon Balm - Bahan-bahan herbal ini dipercaya mampu mengatasi asam lambung yang naik. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)