Jelang Pilkada 2020, Lobi-lobi Ketua Umum Partai Semakin Gencar

Selasa 07 Juli 2020, 05:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020, para pimpinan partai hingga ketua umum partai politik mulai melakukan pertemuan. Sesuai dengan pengumuman terakhir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemungutan suara untuk Pilkada 2020 akan berlangsung lima bulan lagi, pada 9 Desember 2020.

Dilansir dari tempo.co, berikut rincian pimpinan partai yang sudah melakukan pertemuan dalam beberapa waktu terakhir:

1. Airlangga - Prabowo

Senin, 6 Juli 2020, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertandang ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Airlangga mengatakan pertemuannya dengan Prabowo bertujuan untuk silaturahmi membangun stabilitas politik.

"Stabilitas politik akan semakin baik dengan silahturahmi, sehingga tentu silahturahmi ini akan mempersolid pemerintah," kata Airlangga dalam konferensi pers di depan rumah Prabowo, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, 6 Juli 2020.

Menurut Airlangga, mereka juga bertukar pikiran terkait sejumlah hal dalam pertemuan tersebut. Ia mengaku membicarakan persoalan geopolitik hingga pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang akan berlangsung Desember tahun ini.

Airlangga mengatakan Golkar dan Gerindra sepakat untuk berkoalisi di sejumlah daerah yang menggelar pilkada. Dia mengklaim partai beringin memiliki banyak persamaan dengan Gerindra dan akan terus berkomunikasi secara intens.

Prabowo juga mengamini berbicara terkait pilkada dengan Airlangga. Selain itu, Menteri Pertahanan ini juga mengaku bertukar pandangan terkait persoalan kebangsaan.

"Membahas beberapa hal menyangkut kebangsaan, lingkungan strategis, sampai dengan kemungkinan yang di depan bagaimana kerja sama Golkar dan Gerindra mungkin di pilkada tertentu," kata Prabowo.

2. Muhaimin - Grace Natalie

Di hari yang sama, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie juga bertandang ke Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat. Grace bertemu langsuung dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Dilansir dari Antaranews.com, belum diketahui apa saja yang menjadi topik pembicaraan kedua pimpinan partai ini. Namun dalam Pilkada 2020, kedua partai sejauh sudah sepakat melakukan koalisi di Pilkada Sumatera Barat 2020.

24 Juni 2020, PKB telah melakukan deklarasi dukungan untuk Faldo Maldini dan Febby Ft Bangso sebagai pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada Sumatera Barat. Faldo adalah Ketua DPW PSI Sumbar. Sementara Febby adalah Ketua DPW PKB Sumbar.

3. Airlangga - AHY

Kamis, 25 Juni 2020, Airlangga yang menjadi tuan rumah dan disambangi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat. Seperti pertemuan dengan Prabowo, Airlangga dan AHY pun membicarakan masalah Pilkada 2020.

AHY mengatakan Demokrat ingin membangun koalisi di daerah dengan Partai Golkar dalam Pilkada 2020. "Kalau itu kebaikan, bisa kita bangun koalisi di daerah," ujar AHY.

Airlangga pun mengatakan akan ada 33 pasangan yang akan diusung bersama dengan Partai Demokrat. "Dalam Pilkada 2020, ada 33 pasangan Partai Golkar dengan Partai Demokrat, dan ada potensi 31 daerah lainnya," ujar Airlangga.

Namun, Airlangga tidak memerinci siapa dan di mana saja pasangan calon yang diusung bersama Partai Demokrat tersebut.

Dalam era multipartai, kata dia, banyak kepala daerah yang berasal dari partai. Sehingga, Airlangga menuturkan dukungan dari partai politik, baik yang ada di dalam pemerintahan maupun di luar pemerintahan juga dibutuhkan.

"Jadi (pertemuan) ini adalah pengalaman-pengalaman kerja sama antarpartai di dalam menata politik dan kehidupan berbangsa," kata Airlangga.

4. Sohibul Iman - SBY

Kamis, 12 Maret 2020, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman dan rombongan bertemu Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Saat itu, SBY masih menjabat sebagai Ketua Umum Parta Demokrat, sebelum AHY terpilih menggantikan posisi ayahnya, empat hari kemudian, pada 16 Maret 2020.

Pertemuan diadakan di rumah SBY di di Puri Cikeas, Kamis, 12 Maret 2020. "Beliau Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus pernah memimpin negeri ini 10 tahun. Tentu PKS ingin bertukar pikiran tentang apa-apa yang terjadi saat ini berdasarkan pengalaman dan pandangan beliau sebagai politisi dan negarawan," ujar Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal dalam siaran tertulisnya.

 

Tak jauh berbeda, isu yang dibicarakan juga seputar Pilkada 2020. Selain itu, Mustafa juga menyebut isu yang dibahas yaitu yaitu Jiwasraya, Omnibus Law, RUU Pemilu, dan sederet persoalan bangsa hari ini.

5. Airlangga - Surya Paloh

Sementara itu empat bulan sebelumnya, Airlangga juga sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem SUrya Paloh. “Ketua Umum Partai NasDem Bapak Surya Paloh, selamat kembali ke rumah,” kata Airlangga saat itu, dalam pertemuan di kantor DPP Golkar, Jakarta, Senin, 9 Maret 2020.

Airlangga mengatakan Surya Paloh menghabiskan waktu 43 tahun di Partai Golkar. Usia pengabdian Surya di partai berlogo pohon beringin ini bahkan, kata dia, lebih tua ketimbang umur para anak muda pengurus DPP Golkar saat ini.

Menurut Poltiikus Golkar Meutya Hafid, pertemuan kali ini akan membahas kerjasama antar partai. Salah satunya, kata dia, akan ada pembahasan terkait Pilkada. Selain itu akan ada pembahasan ekonomi negara.

“Tentu pembahasan Pilkada saya rasa tak terelakan dalam situasi politik saat ini. Lalu bagaimana transformasi ekonomi atau restrukturisasi ekonominya yang menjadi challange negara saat ini, saya rasa itu juga akan dibahas,” kata Meutya saat diminta penjelasan soal pertemuan Airlangga dan Surya Paloh.

sumber: tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 21:13 WIB

Pria Paruh Baya Tewas Tergantung di Bojonggenteng Sukabumi Tinggalkan Secarik Surat

Belum diketahui motif bunuh diri yang dilakukan pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi tersebut.
(Foto Ilustrasi) Pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di Bojonggenteng Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 21:00 WIB

Kaya Vitamin C, Inilah 10 Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan

Jeruk Bali mengandung vitamin C yang tinggi, yang penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Jeruk Bali untuk Kesehatan. Foto: Instagram/@uyah_oyok
Life24 April 2024, 20:40 WIB

Mengejutkan, Ini 10 Alasan Mengapa Anak Berperilaku Buruk dan Cara Menanganinya

Anak-anak umumnya akan menunjukkan perasaan dan keinginan mereka dalam bentuk perilaku yang belum mampu diutarakan dengan beberapa alasan yang mengejutkan.
Ilustrasi anak berperilaku buruk. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

5 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 5 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist
Sehat24 April 2024, 20:22 WIB

2 Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil, Simak Juga Cara Diagnosisnya Berikut Ini

Nyeri punggung bawah dan nyeri panggul adalah masalah paling umum yang terjadi selama kehamilan. jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala-gejala ini, Anda tidak sendirian.
Ilustrasi penyebab sakit punggung ibu hamil. (Sumber : pexels.com/@Helena Lopes)
Arena24 April 2024, 20:17 WIB

10 Atlet Madrasah di Surade Terpilih Wakili Sukabumi ke Popwilda Jabar 2024

Sepuluh pelajar MAN 3 Sukabumi terpilih menjadi atlet yang mewakili Kabupaten Sukabumi pada Popwilda Jabar 2024. Berikut daftar namanya
Atlet bola voli putri MAN 3 Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:00 WIB

Usir Rasa Sakitnya Jauh-Jauh! 5 Rahasia Sederhana untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya.
Ilustrasi minum air putih - Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 19:32 WIB

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Bojonggenteng Sukabumi

Berikut kronologi pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di kontrakan yang berada di Bojonggenteng Sukabumi.
Ilustrasi gantung diri. Pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi ditemukan tewas tergantung di kontrakan. (Sumber : Freepik.com)