Daftar Capres: Jokowi dari Gedung Joang 45, Prabowo dari Istiqlal

Jumat 10 Agustus 2018, 01:31 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo atau Jokowi dan Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hari ini akan mendaftarkan diri ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini merupakan hari terakhir pendaftaran capres cawapres sebelum ditutup pada tengah malam nanti.

Kubu pendukung Jokowi dan Ma'ruf akan bergerak dari Gedung Joang 45 di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Sedangkan Prabowo dan Sandi bersama pendukungnya akan bertolak dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrasi Johnny G. Plate mengatakan pasangan Jokowi dan Ketua Majelis Ulama Indonesia itu akan berkumpul di Gedung Joang 45 pada pukul 08.00 WIB dan diperkirakan tiba di kantor KPU pada pukul 09.00 WIB.

 

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendeklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 di Jakarta, Kamis (9/8/2018) malam. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Nantinya, Jokowi akan diantar oleh ketua umum dan sekretaris jenderal partai pendukung. Ini bertujuan agar tidak ada konsentrasi masa pendukung. Hal ini sebagai upaya menjaga solidaritas untuk masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang masih dihantui oleh sejumlah gempa susulan.

Di kubu lain, Prabowo resmi mengumumkan Sandi sebagai calon wakil presidennya pada Kamis malam, 9 Agustus 2018. Pasangan ini diusung oleh tiga partai koalisi yaitu Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Partai Demokrat yang sebelumnya merapat ke kubu Prabowo tidak ikut dalam deklarasi.

Prabowo-Sandiaga bersama pendukungnya akan berkumpul di Masjid Istiqlal lebih dulu sebelum mendaftar ke KPU. "Besok kami daftar ke KPU sesudah Salat Jumat, rencananya kami salat bersama di Masjid Istiqlal," kata Prabowo dalam acara deklarasi capres dan cawapres, Kamis, 9 Agustus 2018.

Sebelum bergerak ke KPU, Sandi akan lebih dulu menyambangi Prabowo yang berada di Jalan Kertangegara IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Selain itu, Sandi juga akan mengurus surat pengunduran diri sebagai pecinta wakil presiden asal Indonesia.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Selamat dalam Perjalanan, Agar Kita Senantiasa Dalam Lindungan Allah SWT

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Life12 Mei 2024, 17:00 WIB

Jangan Disepelekan, 7 Cara Membantu Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Dari mulai menyanyi dan membaca hingga terlibat dalam permainan drama, ada banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan bahasa anak.
Ilustrasi -  membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).
Sukabumi12 Mei 2024, 16:53 WIB

Serikat Pekerja di Sukabumi Menolak Pencabutan Status UHC Non Cut Off

FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off per 1 Mei 2024 bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memerlukan pelayanan kesehatan.
FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah  BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off | Foto : Ist