Pemilu AJI: Paslon ESA Tawarkan Jurnalispreneur untuk Jawab Kebutuhan Anggota

Senin 22 April 2024, 08:10 WIB
Calon Ketua dan Sekjen AJI, Edy Can (kanan) dan Asep Saefullah (kiri). | Foto: Suara.com

Calon Ketua dan Sekjen AJI, Edy Can (kanan) dan Asep Saefullah (kiri). | Foto: Suara.com

SUKABUMIUPDATE.com - Tahapan Pemilihan Ketua dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Aliansi Jurnalis Independen (AJI) 2024 atau Pemilu AJI mulai dilaksanakan.

Mengutip suara.com, pasangan calon (paslon) Ketua dan Sekjen Edy Can dan Asep Saefullah mencetuskan empat program besar agar organisasi profesi ini semakin meningkatkan kapasitas sekaligus kesejahteraan anggotanya.

Ketika pemaparan visi dan misi yang digelar hybrid Minggu (21/4/2024), paslon dengan akronim ESA (Edy Can-Asep Saefullah) mengenalkan misi meningkatkan kapasitas anggota AJI sehingga mampu meraih peluang dalam ekosistem media yang semakin dinamis dan berkembang ini.

“Kami memiliki visi dan misi yang lahir dari inisiatif para anggota AJI yang telah bersuka hati menuangkan ide dan pemikiran dalam google form berupa KotakSuaraAJI yang telah dibagikan sejak lama,” ujar calon Sekjen Asep Saefullah.

Baca Juga: AJI Kecam Pengeroyokan Jurnalis saat Meliput Penjemputan Jenazah Lukas Enembe

Menurut Asep, dengan visi dan misi yang lahir dari pemikiran para anggota seluruh Indonesia, maka akan menjadi program yang beranjak dari kebutuhan para anggota organisasi.

“Sangat penting agar semua anggota AJI punya energi dalam mengawal kemerdekaan pers sekaligus berekspresi dalam mengawal demokrasi di negeri ini,” kata CEO Ekuatorial.com ini.

Dari program Kotak Suara AJI Kota yang telah disebar ke seluruh AJI-AJI kota di Indonesia, dirumuskan empat program besar yang akan diturunkan dalam sejumlah program lainnya.

Adapun empat program besar pasangan ESA adalah peningkatan kesejahteraan anggota dengan pengembangan unit bisnis, pendampingan, wirausaha, dan jaring pengaman.

Selain itu, desentralisasi dan pengembangan AJI kota berdasarkan karakteristik dan kebutuhan lokal masing-masing.

“Perlu menciptakan journalist entrepreneurship sebagai upaya mewujudkan kemandirian finansial bagi anggota AJI. Pengembangan viability media anggota AJI sehingga mampu menjadi media yang sehat dengan konten berdampak. Terpenting adalah penguatan advokasi dan nilai-nilai demokrasi serta pengarusutamaan gender,” ujar Asep menjelaskan.

Sementara calon Ketua AJI Edy Can menekan visi berupa terciptanya kapasitas dan kesejahteraan anggota AJI dalam dinamika ekosistem media.

Kotak Suara AJI Kota yang merupakan upaya menampung aspirasi dari seluruh anggota AJI-AJI kota juga masih terus dibuka. 

“Ide dan pemikiran para anggota yang berangkat dari situasi di daerah tersebutlah yang akan diramu dalam sejumlah program turunan. Kami berharap AJI Indonesia dihidupkan dari geliat AJI-AJI kota yang terus mandiri dan berkembang pesat,” kata News Production Manager CNN Indonesia tersebut.

Dengan tagline salam 4 jari dari Kotak Suara 4 Esa, pasangan ESA berharap menjadi upaya semua anggota AJI untuk saling merawat. “Pilihan nomor 4 paling tepat untuk saling merawat,” ucap Edy Can.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 Mei 2024, 16:45 WIB

6 Obat Rumahan Untuk Sakit Tenggorokan, Yuk Bikin Sendiri!

Perubahan cuaca kadang membuat siapa saja gampang sakit tenggorokan. Adapun salah satu penyebab yang sering menyebabkan sakit tenggorokan adalah polusi udara. ada beberapa obat rumahan yang bisa menyembuhkan sakit tenggorokan
Ilustrasi Teh Madu Jahu yang merupakan salah satu obat menyembuhkan sakit tenggorokan dan bisa dicoba buat obatnya dirumah sendiri (Sumber : Freepik.com/@8photo)
Gadget29 Mei 2024, 16:30 WIB

Performa Gahar Harga 5 Jutaan! 3 Rekomendasi HP dengan RAM 8GB

HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki.
Samsung A55 5G - HP RAM 8GB dengan performa gahar ini sangat layak untuk dimiliki. (Sumber : samsung.com).
Sehat29 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Pengobatan Rumah Untuk Pilek Ini Bisa Dicoba Jika Tak Suka Minum Obat

Pilek atau flu memang sering menyerang siapa saja. Karena penyakit ini sering terjadi apabila ada perubahan cuaca atau tertular dari orang lain. karena itu orang yang sedang mengalaminya lebih banyak ingin berobat di rumah
Ilustrasi beberapa pengobatan rumah yang bisa dicoba untuk menyembuhkan pilek (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 16:00 WIB

10 Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Jadi Pribadi Bertanggungjawab!

Terkait Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua, Coba Jadilah Orang Bertanggungjawab!
Ilustrasi. Cara Menjadi Anak yang Baik untuk Orang Tua. Sumber: Pixaba/RobynJones
Entertainment29 Mei 2024, 15:30 WIB

Terbang Selama 28 Jam, Alan Walker Temui Guru dan Siswa yang Viral di Medan

DJ ternama Alan Walker secara mengejutkan datang ke SMA AL-Azhar Medan, Sumatera Utara, untuk memberikan kejutan kepada guru bernama Tri Adinata yang sempat viral di media sosial sampai rela terbang 28 jam
Momen Alan Walker bertemu Guru dan Siswa SMA AL-Azhar yang viral di media sosial (Sumber : Instagram @/triadinata91)
Sukabumi29 Mei 2024, 15:20 WIB

Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi Ambruk, Diwarnai Aksi Vandalisme

Landmark Taman Megalodon di Bundaran Surade Kelurahan Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi yang berdiri di dekat tugu Gigi Megalodon mengalami ambruk, dan huruf-hurufnya terlepas.
Kondisi Landmark Taman Megalodon Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)