10 Dari 15 Jurnalis Tewas, Korban Konflik Palestina Israel di Gaza

Jumat 13 Oktober 2023, 09:02 WIB
Ilustrasi. Peperangan | Ilustrasi. Peperangan di Gaza Palestina | 10 Dari 15 Jurnalis Tewas, Korban Konflik Palestina Israel di Gaza (Sumber : YouTube/@ExplorePND) (Sumber : YouTube/@ExplorePND)

Ilustrasi. Peperangan | Ilustrasi. Peperangan di Gaza Palestina | 10 Dari 15 Jurnalis Tewas, Korban Konflik Palestina Israel di Gaza (Sumber : YouTube/@ExplorePND) (Sumber : YouTube/@ExplorePND)

SUKABUMIUPDATE.com - Laporan kantor berita Palestina WAFA, yang mengutip Kementerian Kesehatan Gaza, pasukan Israel beberapa waktu lalu menyerang Rumah Sakit Indonesia di Beit Lahia di Gaza utara. Rumah sakit tersebut dibangun atas sumbangan masyarakat dan lembaga dari Indonesia.

Koresponden WAFA mengatakan, sembilan orang dinyatakan meninggal pada Sabtu (7/10/2023) petang waktu setempat di Rumah Sakit Shifa di kota Gaza. Sementara lima lainnya meninggal di Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis, dan dua di Rumah Sakit Abu Yousef Al Najjar di Rafah.

Militer Israel juga meluncurkan serangan ke Jalur Gaza sebagai balasan terhadap rentetan tembakan roket kelompok perlawanan Palestina terhadap Israel, Hamas, dari Jalur Gaza ke wilayah Israel pada Sabtu (7/10/2023) pagi waktu setempat. Serangan roket Israel itu menghancurkan sebuah lokasi di kawasan Ansar sebelah barat kota Gaza, dan merusak bangunan tempat tinggal di sekitarnya.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Tak hanya masyarakat sipil, Ahmadie Thaha, salah satu Wartawan Senior menyebut konflik antara Israel dan Gaza telah merenggut banyak nyawa, termasuk para jurnalis yang berada di garis depan melaporkan peristiwa tersebut.

Sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, dan perang yang dideklarasi Israel terhadap kelompok Palestina militan, konflik Palestina Israel menyebabkan banyak jurnalis menjadi korban.

Menurut Pusat Perlindungan Jurnalis (CPJ) yang tengah menyelidiki laporan, dalam enam hari pertama pertempuran, setidaknya 10 jurnalis tewas, dua hilang, dan dua lainnya terluka. Pada periode yang sama, konflik ini telah mengambil nyawa sedikitnya 2.700 jiwa di kedua belah pihak serta melukai ribuan orang.

"Sangat penting untuk diingat bahwa jurnalis adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting saat krisis dan tidak boleh dijadikan target oleh pihak yang berperang," kata Sherif Mansour, koordinator program Timur Tengah dan Afrika Utara CPJ, dikutip pada Jumat (13/10/2023).

"Jutaan orang di seluruh dunia mengandalkan wartawan di wilayah tersebut untuk menyediakan informasi akurat tentang konflik. Jurnalis, seperti warga sipil lainnya, harus dihormati dan dilindungi" lanjutnya.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

Berikut daftar jurnalis yang tewas, hilang, terluka dan ditahan selama Konflik Palestina Israel di Gaza:

Korban Jurnalis dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

Ilustrasi. Lagu We Will Not Go Down dari Michael Heart Ceritakan Peperangan di Gaza PalestinaIlustrasi. Peperangan Israel dan Gaza Palestina

Daftar Jurnalis Tewas dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

  • 12 Oktober 2023 - Ahmed Shehab

Seorang jurnalis Radio Sowt Al-Asra (Radio Voice of the Prisoners), Shehab, bersama istri dan tiga anaknya, tewas dalam serangan udara Israel di rumahnya di Jabalia, di utara Jalur Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan situs berita The New Arab berbasis di London.

  • 11 Oktober 2023 - Mohamed Fayez Abu Matar

Abu Matar, seorang fotojurnalis lepas, tewas dalam serangan udara Israel di kota Rafah, di selatan Jalur Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan agen berita resmi Palestina, Wafa.

  • 9 Oktober 2023 (3 Orang Jurnalis)

1. Saeed al-Taweel

Al-Taweel, editor-in-chief situs berita Al-Khamsa, tewas saat pesawat tempur Israel menyerang daerah yang menampung beberapa media di distrik Rimal di Gaza Barat, khususnya gedung Hiji, menurut surat kabar The Independent berbasis di Inggris, saluran berita berbahasa Inggris Al Jazeera, dan agen berita resmi Palestina, Wafa.

2. Mohammed Sobh

Sobh, seorang fotografer dari Agen Berita "Khabar", juga tewas dalam serangan udara di distrik Rimal, menurut laporan-laporan berita.

3. Hisham Alnwajha

Alnwajha, seorang jurnalis di agen berita "Khabar", juga dilaporkan tewas dalam pemboman yang sama yang merenggut nyawa Al-Taweel dan Sobh.

  • 8 Oktober 2023 - Assaad Shamlakh

Shamlakh, seorang jurnalis lepas, tewas bersama sembilan anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di rumah mereka di Sheikh Ijlin, sebuah lingkungan di selatan Jalur Gaza, menurut organisasi riset nirlaba berbasis Beirut, The Legal Agenda (LA), dan BBC Arabic.

Baca Juga: 8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Gaya Bicaranya

  • 7 Oktober 2023 (Orang Jurnalis)

1. Yaniv Zohar

Zohar, seorang fotografer Israel yang bekerja untuk surat kabar harian berbahasa Ibrani Israel Hayom, tewas selama serangan Hamas di Kibbutz Nahal Oz di selatan Israel.

Israel Hayom dan Israel National News melaporkan bahwa istri dan dua anak perempuannya juga tewas dalam serangan itu. Pemimpin redaksi Israel Hayom, Omer Lachmanovitch, memberi tahu CPJ bahwa Yaniv sedang bekerja pada hari itu.

2. Mohammad Al-Salhi

Al-Salhi, seorang fotojurnalis yang bekerja untuk agen berita Fourth Authority, ditembak mati di dekat kamp pengungsi Palestina di tengah Jalur Gaza. Menurut agen berita resmi Palestina Wafa dan Komite Dukungan Jurnalis (JSC), sebuah lembaga nirlaba yang mempromosikan hak-hak media di Timur Tengah.

3. Mohammad Jarghoun

Mohammad Jarghoun, seorang jurnalis dengan Smart Media, ditembak saat meliput konflik di area timur kota Rafah di selatan Jalur Gaza, menurut kelompok kebebasan pers Palestina MADA dan JSC.

4. Ibrahim Mohammad Lafi

Ibrahim Mohammad Lafi, seorang fotografer untuk Ain Media, ditembak dan tewas di Erez Crossing di Jalur Gaza menuju Israel, menurut MADA dan JSC.

Daftar Jurnalis yang Ditahan dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

1. Nidal Al-Wahidi

Fotografer Palestina dari saluran Al-Najah dilaporkan hilang oleh MADA. Kemudian, keluarga Al-Wahidi memberi tahu media bahwa jurnalis tersebut telah ditahan oleh tentara Israel.

Daftar Jurnalis yang Hilang dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

1. Haitham Abdelwahid

Fotografer Palestina dari agensi Ain Media juga dilaporkan hilang oleh MADA.

2. Roee Idan

Fotografer Israel dari Ynet dilaporkan hilang dan keluarganya khawatir dia diculik bersama putrinya yang berusia 3 tahun. CPJ mengonfirmasi bahwa dia bekerja pada hari serangan terjadi.

Baca Juga: Ikan Endemik Sungai Ciseureuh, Genggehek Jadi Ikon Leuwi Randa Sukabumi

Daftar Jurnalis yang Terluka dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

1. Ibrahim Qanan

Qanan, seorang koresponden untuk saluran Al-Ghad, terluka oleh pecahan bom di kota Khan Yunis di selatan Jalur Gaza, menurut MADA dan JSC.

2. Firas Lutfi

Lutfi, seorang koresponden di Sky News Arabia yang dimiliki secara pribadi, diserang oleh polisi bersama jurnalis Sky News lainnya di kota selatan Ashkelon, menurut anggota kru televisi.

Lutfi mengatakan polisi Israel mengarahkan senjata ke kepalanya, memaksanya untuk melepaskan pakaiannya, menyita ponsel tim, dan membuat mereka meninggalkan area itu di bawah pengawalan polisi.

Baca Juga: Cium Bau Bangkai, Kronologi Warga Cicantayan Sukabumi Jatuh ke Sumur Beracun

Dari Daftar Jurnalis yang Menjadi Korban dalam konflik Palestina Israel di Gaza tersebut, total ada 15 orang jurnalis. Dengan rincian, 10 jurnalis menjadi korban tewas, satu jurnalis ditahan, dua jurnalis dinyatakan hilang dan dua jurnalis dikabarkan luka-luka.

Banyaknya jurnalis yang menjadi korban dalam konflik Palestina Israel di Gaza memunculkan keputusan untuk mengutuk keras kekerasan terhadap jurnalis dan mendoakan semoga para korban beristirahat dengan damai serta keluarga mereka diberi kekuatan untuk menghadapi kehilangan ini.

Jurnalis adalah pilar informasi yang penting dalam setiap konflik, dan keamanan mereka harus diutamakan.

Penulis: Ahmadie Thaha (Wartawan Senior)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel29 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Hanya 5 Langkah!

Jus jambu biji segar ini dapat menjadi tambahan yang menyegarkan dan sehat dalam diet untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi. Cara Membuat Jus Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah (Sumber : pexels/quangnguyenvinh)
Science29 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 29 April 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 29 September 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Life28 April 2024, 23:24 WIB

7 Trik Jitu Move On dari Mantan Pacar, Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Putus cinta adalah salah satu momen paling sulit dalam kehidupan, terutama ketika harus melepaskan mantan pacar yang pernah kita cintai dengan sepenuh hati.
Ilustrasi putus cinta. | Sumber Foto: pixabay/oppy77
Life28 April 2024, 23:17 WIB

6 Cara Memiliki Mental Kuat agar Tahan Banting dan Tidak Direndahkan Orang Lain

Memiliki mental kuat sangat dibutuhkan dalam hidup supaya tahan banting dan tidak mudah direndahkan oleh orang lain.
Ilustrasi. Cara memiliki mental kuat. | Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
DPRD Kab. Sukabumi28 April 2024, 23:12 WIB

Soroti Isu Pungli di PT GSI Sukabumi, DPRD Kritik Program Disnakertrans Tak Efektif

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar angkat bicara terkait isu pungli di GSI Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 April 2024, 22:12 WIB

Ini 5 Sikap Sabar yang Membuat Anda Hidup Damai Setiap Hari

Sikap sabar akan membantu setiap orang lebih merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hidupnya.
Ilustrasi. Sikap sabar yang membuat damai. | Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi28 April 2024, 22:07 WIB

Dihuni Nenek dan Cucu, Rutilahu di Surade Sukabumi Nyaris Roboh Akibat Gempa Garut

Rutilahu yang dihuni nenek dan cucu di Surade Sukabumi nyaris roboh akibat gempa Garut M6,2.
Kondisi rutilahu yang nyaris roboh akibat diguncang gempa laut Garut. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)