10 Dari 15 Jurnalis Tewas, Korban Konflik Palestina Israel di Gaza

Jumat 13 Oktober 2023, 09:02 WIB
Ilustrasi. Peperangan | Ilustrasi. Peperangan di Gaza Palestina | 10 Dari 15 Jurnalis Tewas, Korban Konflik Palestina Israel di Gaza (Sumber : YouTube/@ExplorePND) (Sumber : YouTube/@ExplorePND)

Ilustrasi. Peperangan | Ilustrasi. Peperangan di Gaza Palestina | 10 Dari 15 Jurnalis Tewas, Korban Konflik Palestina Israel di Gaza (Sumber : YouTube/@ExplorePND) (Sumber : YouTube/@ExplorePND)

SUKABUMIUPDATE.com - Laporan kantor berita Palestina WAFA, yang mengutip Kementerian Kesehatan Gaza, pasukan Israel beberapa waktu lalu menyerang Rumah Sakit Indonesia di Beit Lahia di Gaza utara. Rumah sakit tersebut dibangun atas sumbangan masyarakat dan lembaga dari Indonesia.

Koresponden WAFA mengatakan, sembilan orang dinyatakan meninggal pada Sabtu (7/10/2023) petang waktu setempat di Rumah Sakit Shifa di kota Gaza. Sementara lima lainnya meninggal di Rumah Sakit Nasser di Khan Yunis, dan dua di Rumah Sakit Abu Yousef Al Najjar di Rafah.

Militer Israel juga meluncurkan serangan ke Jalur Gaza sebagai balasan terhadap rentetan tembakan roket kelompok perlawanan Palestina terhadap Israel, Hamas, dari Jalur Gaza ke wilayah Israel pada Sabtu (7/10/2023) pagi waktu setempat. Serangan roket Israel itu menghancurkan sebuah lokasi di kawasan Ansar sebelah barat kota Gaza, dan merusak bangunan tempat tinggal di sekitarnya.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ayah, Kamu Salah Satunya?

Tak hanya masyarakat sipil, Ahmadie Thaha, salah satu Wartawan Senior menyebut konflik antara Israel dan Gaza telah merenggut banyak nyawa, termasuk para jurnalis yang berada di garis depan melaporkan peristiwa tersebut.

Sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, dan perang yang dideklarasi Israel terhadap kelompok Palestina militan, konflik Palestina Israel menyebabkan banyak jurnalis menjadi korban.

Menurut Pusat Perlindungan Jurnalis (CPJ) yang tengah menyelidiki laporan, dalam enam hari pertama pertempuran, setidaknya 10 jurnalis tewas, dua hilang, dan dua lainnya terluka. Pada periode yang sama, konflik ini telah mengambil nyawa sedikitnya 2.700 jiwa di kedua belah pihak serta melukai ribuan orang.

"Sangat penting untuk diingat bahwa jurnalis adalah warga sipil yang melakukan pekerjaan penting saat krisis dan tidak boleh dijadikan target oleh pihak yang berperang," kata Sherif Mansour, koordinator program Timur Tengah dan Afrika Utara CPJ, dikutip pada Jumat (13/10/2023).

"Jutaan orang di seluruh dunia mengandalkan wartawan di wilayah tersebut untuk menyediakan informasi akurat tentang konflik. Jurnalis, seperti warga sipil lainnya, harus dihormati dan dilindungi" lanjutnya.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Laki-laki Kurang Kasih Sayang Ibu, Merasa Tidak Dicintai

Berikut daftar jurnalis yang tewas, hilang, terluka dan ditahan selama Konflik Palestina Israel di Gaza:

Korban Jurnalis dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

Ilustrasi. Lagu We Will Not Go Down dari Michael Heart Ceritakan Peperangan di Gaza PalestinaIlustrasi. Peperangan Israel dan Gaza Palestina

Daftar Jurnalis Tewas dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

  • 12 Oktober 2023 - Ahmed Shehab

Seorang jurnalis Radio Sowt Al-Asra (Radio Voice of the Prisoners), Shehab, bersama istri dan tiga anaknya, tewas dalam serangan udara Israel di rumahnya di Jabalia, di utara Jalur Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan situs berita The New Arab berbasis di London.

  • 11 Oktober 2023 - Mohamed Fayez Abu Matar

Abu Matar, seorang fotojurnalis lepas, tewas dalam serangan udara Israel di kota Rafah, di selatan Jalur Gaza, menurut Sindikat Jurnalis Palestina dan agen berita resmi Palestina, Wafa.

  • 9 Oktober 2023 (3 Orang Jurnalis)

1. Saeed al-Taweel

Al-Taweel, editor-in-chief situs berita Al-Khamsa, tewas saat pesawat tempur Israel menyerang daerah yang menampung beberapa media di distrik Rimal di Gaza Barat, khususnya gedung Hiji, menurut surat kabar The Independent berbasis di Inggris, saluran berita berbahasa Inggris Al Jazeera, dan agen berita resmi Palestina, Wafa.

2. Mohammed Sobh

Sobh, seorang fotografer dari Agen Berita "Khabar", juga tewas dalam serangan udara di distrik Rimal, menurut laporan-laporan berita.

3. Hisham Alnwajha

Alnwajha, seorang jurnalis di agen berita "Khabar", juga dilaporkan tewas dalam pemboman yang sama yang merenggut nyawa Al-Taweel dan Sobh.

  • 8 Oktober 2023 - Assaad Shamlakh

Shamlakh, seorang jurnalis lepas, tewas bersama sembilan anggota keluarganya dalam serangan udara Israel di rumah mereka di Sheikh Ijlin, sebuah lingkungan di selatan Jalur Gaza, menurut organisasi riset nirlaba berbasis Beirut, The Legal Agenda (LA), dan BBC Arabic.

Baca Juga: 8 Cara Mengetahui Karakter Seseorang dari Gaya Bicaranya

  • 7 Oktober 2023 (Orang Jurnalis)

1. Yaniv Zohar

Zohar, seorang fotografer Israel yang bekerja untuk surat kabar harian berbahasa Ibrani Israel Hayom, tewas selama serangan Hamas di Kibbutz Nahal Oz di selatan Israel.

Israel Hayom dan Israel National News melaporkan bahwa istri dan dua anak perempuannya juga tewas dalam serangan itu. Pemimpin redaksi Israel Hayom, Omer Lachmanovitch, memberi tahu CPJ bahwa Yaniv sedang bekerja pada hari itu.

2. Mohammad Al-Salhi

Al-Salhi, seorang fotojurnalis yang bekerja untuk agen berita Fourth Authority, ditembak mati di dekat kamp pengungsi Palestina di tengah Jalur Gaza. Menurut agen berita resmi Palestina Wafa dan Komite Dukungan Jurnalis (JSC), sebuah lembaga nirlaba yang mempromosikan hak-hak media di Timur Tengah.

3. Mohammad Jarghoun

Mohammad Jarghoun, seorang jurnalis dengan Smart Media, ditembak saat meliput konflik di area timur kota Rafah di selatan Jalur Gaza, menurut kelompok kebebasan pers Palestina MADA dan JSC.

4. Ibrahim Mohammad Lafi

Ibrahim Mohammad Lafi, seorang fotografer untuk Ain Media, ditembak dan tewas di Erez Crossing di Jalur Gaza menuju Israel, menurut MADA dan JSC.

Daftar Jurnalis yang Ditahan dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

1. Nidal Al-Wahidi

Fotografer Palestina dari saluran Al-Najah dilaporkan hilang oleh MADA. Kemudian, keluarga Al-Wahidi memberi tahu media bahwa jurnalis tersebut telah ditahan oleh tentara Israel.

Daftar Jurnalis yang Hilang dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

1. Haitham Abdelwahid

Fotografer Palestina dari agensi Ain Media juga dilaporkan hilang oleh MADA.

2. Roee Idan

Fotografer Israel dari Ynet dilaporkan hilang dan keluarganya khawatir dia diculik bersama putrinya yang berusia 3 tahun. CPJ mengonfirmasi bahwa dia bekerja pada hari serangan terjadi.

Baca Juga: Ikan Endemik Sungai Ciseureuh, Genggehek Jadi Ikon Leuwi Randa Sukabumi

Daftar Jurnalis yang Terluka dalam Konflik Palestina Israel di Gaza

1. Ibrahim Qanan

Qanan, seorang koresponden untuk saluran Al-Ghad, terluka oleh pecahan bom di kota Khan Yunis di selatan Jalur Gaza, menurut MADA dan JSC.

2. Firas Lutfi

Lutfi, seorang koresponden di Sky News Arabia yang dimiliki secara pribadi, diserang oleh polisi bersama jurnalis Sky News lainnya di kota selatan Ashkelon, menurut anggota kru televisi.

Lutfi mengatakan polisi Israel mengarahkan senjata ke kepalanya, memaksanya untuk melepaskan pakaiannya, menyita ponsel tim, dan membuat mereka meninggalkan area itu di bawah pengawalan polisi.

Baca Juga: Cium Bau Bangkai, Kronologi Warga Cicantayan Sukabumi Jatuh ke Sumur Beracun

Dari Daftar Jurnalis yang Menjadi Korban dalam konflik Palestina Israel di Gaza tersebut, total ada 15 orang jurnalis. Dengan rincian, 10 jurnalis menjadi korban tewas, satu jurnalis ditahan, dua jurnalis dinyatakan hilang dan dua jurnalis dikabarkan luka-luka.

Banyaknya jurnalis yang menjadi korban dalam konflik Palestina Israel di Gaza memunculkan keputusan untuk mengutuk keras kekerasan terhadap jurnalis dan mendoakan semoga para korban beristirahat dengan damai serta keluarga mereka diberi kekuatan untuk menghadapi kehilangan ini.

Jurnalis adalah pilar informasi yang penting dalam setiap konflik, dan keamanan mereka harus diutamakan.

Penulis: Ahmadie Thaha (Wartawan Senior)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih31 Mei 2024, 00:01 WIB

KPU Pastikan Gunakan Kembali Sirekap untuk Pilkada 2024

KPU sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar bisa digunakan kembali pada Pilkada 2024.
Aplikasi sirekap Pemilu dipakai kembali KPU di Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 23:25 WIB

3 Kampus di Sukabumi Raih Peringkat Perguruan Tinggi Terpopuler Versi UniRank

UniRank merilis sebanyak 596 Perguruan Tinggi yang memenuhi kriteria seleksi. Dari sejumlah tersebut, tiga diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Sukabumi.
Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 Mei 2024, 23:20 WIB

Nabung Rp30 Ribu Selama 10 Tahun, Tukang Batu Asal Sukabumi Wujudkan Mimpi Naik Haji

Cerita Abad, tukang batu asal Surade Sukabumi sisihkan penghasilan selama 10 tahun agar bisa mewujudkan mimpinya naik haji.
Kisah tukang batu asal Surade Sukabumi bernama Abad (66 tahun). Menanti hingga 10 tahun untuk bisa mewujudkan mimpinya naik haji. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 22:46 WIB

Replika Gigi Megalodon Surade Sukabumi Hilang dan Patah

Replika ini dibuat sesuai dengan apa yang ditemukan oleh masyarakat Desa Gunung Sungging, bahkan giginya disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan, yakni sebanyak 242 buah berjejer pada rahang atas dan bawah.
Replika fosil rahang Megalodon, giginya hilang dan patah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi30 Mei 2024, 22:30 WIB

Rawan Kecelakaan, PU Pasang Rambu Peringatan di Jalan Amblas Simpenan Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu memasang sejumlah rambu peringatan di jalan amblas yang berada di Simpenan Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pasang rambu peringatan di ruas jalan amblas di Simpenan. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat30 Mei 2024, 22:02 WIB

Kisah Adu Kesaktian Mbah Karang Bolong Melawan Jawara Jongos VOC di Pesisir Sukabumi

Pantai Karang Bolong yang berada diperbatasan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Belanda dengan keturunan kerajaan Cirebon.
Ilustrasi pertempuran antara Rd.Mas Martanagara alias Mbah Partadilaga atau Mbah Karang Bolong dengan Mbah Brojonoto terjadi dipesisir Pantai Karang Bolong | Foto : Dok Okezone dari Antara
Sukabumi30 Mei 2024, 21:23 WIB

Bahagianya Mak Paraji Warga Surade Sukabumi, Motor Kembali Usai Digondol Maling

Mak Paraji Dede Sumiati kehilangan motor saat tengah diparkirkan di dalam rumah, pada 29 April 2024 lalu. Saat terbangun pada waktu Subuh, motornya sudah hilang digondol maling.
Dede Sumiati (55 tahun) yang berprofesi sebagai Paraji saat mengambil motornya di Mapolres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 21:06 WIB

Sembunyikan Sabu di Bungkus Jajanan dan Sedotan, Pria asal Wardoy Sukabumi Ditangkap

Polisi menangkap pengedar narkotika di Wardoy Sukabumi. Sembunyikan sabu di bungkus jajanan dan sedotan.
Barang bukti sabu seberat 10.28 gram yang diamankan polisi dari pria asal Wardoy Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 20:45 WIB

Merasa Kehilangan Motor? Silakan Cek di Mapolres Sukabumi, Berikut Ini Jenisnya

Polres Sukabumi berhasil mengamankan sebanyak 21 unit sepeda motor berbagai merek yang merupakan hasil dari tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).
Motor hasil curian diamankan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 20:35 WIB

Bertemakan Kearifan Lokal, SDN Cimanggah I Sukabumi Asah Kreativitas Murid Lewat Gelar Karya P5

Murid SDN Cimanggah I Sukabumi gelar karya P5, bentuk implementasi kurikulum merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Gelar Karya P5 di SDN Cimanggah I Kota Sukabumi. (Sumber : Website Pemkot Sukabumi)