20 Ribu Pedagang Warteg Minta Dilibatkan Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Rabu 28 Februari 2024, 14:23 WIB
Prabowo Subianto saat di acara relawan Gempita Bandung. | Foto: Istimewa

Prabowo Subianto saat di acara relawan Gempita Bandung. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 20 ribu pedagang Warteg yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Warteg Indonesia (Hipwin) minta dilibatkan dalam pengadaan makan siang gratis yang diusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kami berharap ikut dilibatkan dalam program makan gratis jika nanti benar diterapkan," ujar Ketua Umum Hipwin Rojikin Manggala, dikutip dari tempo.co, Rabu, 28 Februari 2024.

Menurut Rojikin, sekitar 20 ribu pedagang Warteg anggota Hipwin yang tersebar di Jakarta, Pulau Jawa, dan wilayah lainnya di Indonesia mendukung program makan gratis. "Hipwin siap jika dilibatkan, misalnya menyiapkan nasi bungkus untuk anak-anak sekolah seperti yang digaungkan dalam program makan gratis tersebut,"kata Rojikin, pemilik 22 Warteg.

Anggota Hipwin, kata Rojikin, sudah berpengalaman dalam mengelola pengadaan nasi kotak. Pada saat pandemi Covid 19, menurut dia, sebanyak 2.000 pedagang warteg mengerjakan pengadaan nasi kotak masing masing 100 boks per hari.

Baca Juga: PKB-Golkar Dominan, 10 Caleg Dapil 2 yang Diprediksi Lolos DPRD Kabupaten Sukabumi

Rojikin menyebut dengan mengikutsertakan pedagang Warteg di program makan gratis, pemerintah telah membantu dan mendukung peningkatan UMKM seperti pedagang Warteg.

Hipwin juga berharap jika nanti Prabwo-Gibran terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden lebih memperhatikan kebutuhan pedagang warteg, termasuk stabilisasi harga kebutuhan pokok. "Memperhatikan kesejahteraan UMKM dan pedagang warteg. Kami menitiplam harapan kami ke pundak Prabowo-Gibran," kata Rojikin.

Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengatakan program makan gratis yang akan dijalankan oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabumi Raka jika resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden nanti harus melibatkan para pelaku UMKM.

"Bagusnya program makan gratis harus melibatkan para pelaku UMKM," ujar Teten di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Selasa, 27 Februari 2024.

Karena, kata Teten, program makan gratis ini akan meningkatkan omzet para pelaku UMKM. "Nanti omzet UMKM turun jika tidak diikutsertakan," ucapnya.

Di Kementrian Koperasi dan UKM, kata Teten, hingga saat ini belum ada pembahasan teknis terkait program makan gratis yang merupakan janji kampanye Capres Cawapres 2024. "Belum ada pembahasan teknis dan detailnya."

Pemerintah memastikan program makan siang gratis akan mulai berjalan pada 2025 mendatang. Hal ini diperkuat usai Presiden Joko Widodo alias Jokowi membahas program andalan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu di rapat kabinet, pada Senin, 26 Februari 2024 di Istana Negara, Jakarta.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengonfirmasi bahwa rapat kabinet kali ini turut membahas soal program makan siang gratis milik Prabowo-Gibran. “Tadi membahas program-program Pak Prabowo termasuk di dalamnya adalah makan siang tahap awal,” kata dia ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin.

Bahlil mengatakan pembahasan Rapat Kerja Pemerintah (RKP) 2025 dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 harus mengakomodasi program-program presiden terpilih ke depan.

Adapun terkait perhitungan suara Pilpres 2024 yang belum final dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bahlil menilai pembahasan program makan siang gratis ini tidak mendahului KPU. Sebab, menurutnya, ini hanya sebagai langkah antisipasi, simulasi, dan rancangan saja.

“Ini hanya rancangan, simulasi saja, tahap awal kan boleh-boleh saja,” ucapnya.

Senada dengan Bahlil, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membenarkan rapat kabinet Presiden Jokowi memang pembahas program prioritas dari presiden terpilih. Dia bahkan menyampaikan pemerintah sudah memiliki data terkait jumlah ibu hamil, balita, dan anak-anak sekolah dari TK, SD, dan SMP. Dengan data itu, sudah bisa dihitung anggaran untuk makan siang gratis.

“Jadi terkait program, kita lihat dengan (target) defisit anggaran (APBN) 2,4-2,8 persen itu untuk program quick wins presiden terpilih mendatang pos-posnya sudah bisa masuk,” ujar Airlangga.

Tak hanya itu, Airlangga juga menyampaikan bahwa anggaran untuk program makan siang gratis ini berkisar Rp 15 ribu per anak. Jumlah ini di luar anggaran untuk program susu gratis.“Per anak kira-kira Rp 15 ribu."

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Juni 2024, 15:08 WIB

Traffic Light Roboh Belum Ditangani, Bahayakan Penendara di Palabuhanratu Sukabumi

Lampu lalu lintas di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, tidak berfungsi.
Kondisi traffic light di ruas Jalan Bhayangkara yang mengarah ke Jalan Siliwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi18 Juni 2024, 15:05 WIB

Dijuluki Timnas Pusat di Euro 2024, Kisah Pesepak Bola Sukabumi Jadi Kapten Belanda

Salah satu pesepak bola Belanda zaman dulu ternyata berasal dari Sukabumi.
Timnas Belanda di Euro 2024. | Foto: Instagram/@oranje_indonesia
Inspirasi18 Juni 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Food & Travel18 Juni 2024, 14:30 WIB

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!

Penderita kolesterol bisa menikmati yogurt beku rendah lemak dengan taburan buah beri sebagai hidangan penutup.
Ilustrasi. Olahan Daging Berlemak. Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Jika Anda Penderita Kolesterol Tinggi, Hindari!. (Sumber : Pexels/TarynElliott)
Sehat18 Juni 2024, 14:15 WIB

Mengapa Kadar Gula Darah Bisa Naik saat Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Ternyata kadar gula darah dapat melonjak secara tiba-tiba di pagi hari. Penderita diabetes perlu tahu sebab dan cara mengatasinya.
Ilustrasi kadar gula darah yang naik saat pagi hari (Sumber : Pexels.com/@i-SensUSA)
Science18 Juni 2024, 14:13 WIB

Waspada Ombak hingga 4 Meter di Samudra Hindia Selatan, BMKG Buka Datanya

Pola angin menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.
Kondisi perahu nelayan yang rusak diterjang ombak tinggi di perairan Ujunggenteng, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 14:00 WIB

2 Cara Mudah Membuat Minuman Kayu Manis untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Kayu manis adalah salah satu obat herbal yang membantu menurunkan gula darah. (Sumber : Pexels.com/@Ngô Trọng An).
DPRD Kab. Sukabumi18 Juni 2024, 13:40 WIB

Kurban Sapi 500 Kg, Anggota DPRD Sukabumi: Idul Adha Bermakna Keikhlasan Berjuang

Andri menyebut Idul Adha ini adalah momen untuk mengambil hikmah.
Hewan kurban anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana pada Senin, 17 Juni 2024 di Kampung Ciloa, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat18 Juni 2024, 13:30 WIB

10 Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman

Dengan mengikuti aturan makan karbohidrat yang sehat, penderita diabetes dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap aman dan mengurangi risiko komplikasi.
Ilustrasi. Aturan Makan Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes Agar Kadar Gula Darah Aman (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat18 Juni 2024, 13:00 WIB

7 Cara Makan Nasi Putih Bagi Penderita Diabetes Agar Gula Darah Aman Terkendali

Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali.
Ilustrasi - Ada beberapa cara memasukan nasi putih kedalam pola makan bagi penderita diabetes agar kadar gula darah aman terkendali. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).