Tanggapi Pernyataan Kakak Megawati, Stafsus Jokowi Sepakati Ucapan Ganjar

Selasa 30 Januari 2024, 22:56 WIB
Ari Dwipayana, Koordinator Stafsus Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber : Istimewa)

Ari Dwipayana, Koordinator Stafsus Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Ari Dwipayana, Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sepakat dengan ucapan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo yang tidak ingin menjadikan rival politiknya di Pilpres 2024 sebagai musuh.

Hal itu disampaikan Ari guna merespons pernyataan putra sulung Presiden Soekarno, Mohammad Guntur Soekarnoputra, yang menyebut nasib Jokowi bisa ditentukan apabila pasangan Ganjar-Mahfud MD memenangi Pilpres 2024.

"Saya sependapat apa yang disampaikan Mas Ganjar Pranowo. Saya kira pesan Mas Ganjar mengingatkan kita semua bahwa saat ini, di tahun politik, kontestasi persaingan menonjol, perbedaan-perbedaan politik pasti menonjol," kata Ari Dwipayana dikutip dari Suara.com, Selasa (30/1/2024).

Dia pun mengingatkan bahwa bangsa Indonesia tidak saling bermusuhan, tetapi saling bersaudara dan sebagai anak-anak bangsa Indonesia.

Baca Juga: Guntur Soekarnoputra: Kalau Ganjar Jadi Presiden, Jokowi Mau Diapain Terserah

Ari lantas mengutip pernyataan Ganjar agar persatuan Indonesia harus terus dibangun melalui kedewasaan berdemokrasi dan berpolitik.

"Saya rasa pesan Mas Ganjar itu sangat relevan, bahwa persaingan politik jangan sampai kemudian membuka jarak dan juga membuat kita berjarak satu sama lain, bahkan menganggap lawan politik itu sebagai musuh," jelasnya.

Ari juga mengutip pernyataan Presiden Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945 bahwa yang paling pertama adalah persatuan Indonesia.

"Karena spirit itu harus betul-betul menjadi jiwa kita, yang disampaikan Bung Karno bahwa walaupun kita beragam dari pilihan politik, beragam dari pilihan-pilihan yang ada dalam konteks pemilu, perbedaan politik terjadi; tetapi jangan sampai perbedaan itu menghilangkan apa yang kita sebut sebagai semangat persatuan Indonesia," katanya.

Dia menambahkan Ganjar Pranowo telah berkomitmen bahwa Indonesia maju harus dibangun bersama berdasarkan kolaborasi pemerintahan dan di luar unsur pemerintahan.

Ucapan Guntur

Sebelumnya, dalam acara bertajuk "Rock and Roll Days" di Rumah Aspirasi Ganjar-Mahfud, Jalan Diponegoro Nomor 72, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Senin (29/1), Guntur Soekarnoputra menyebut bahwa nasib Jokowi bisa ditentukan jika Ganjar-Mahfud menang Pilpres 2024.

"Kalau Ganjar dan Mahfud sudah jadi presiden dan wakil presiden, presiden punya hak prerogatif, maka gampang itu Jokowi mau di-apain, terserah," kata Guntur di hadapan para relawan Ganjar-Mahfud.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)