Hari Guru Nasional 25 November 2023: Sejarah, Makna Logo dan Tema

Sabtu 25 November 2023, 14:00 WIB
Logo Hari Guru Nasional 2023 | Foto : Ist

Logo Hari Guru Nasional 2023 | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Berdasarkan Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional 2023 yang dilansir dari Kemendikbd.go.id pada Sabtu (25/11), tema Hari Guru Nasional 2023 yaitu 'Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar'. Dalam pedoman tersebut juga ditetapkan logo Hari Guru Nasional 2023.

Seperti dalam naskah sambutan Menteri Pendidikan, tema tersebut berkaitan dengan Hari Guru Nasional sebagai penanda kesatuan tekad untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan, serta melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar memang menjadi program kebijakan pemerintah yang telah berjalan sekitar 4 tahun terakhir. Program ini diterapkan kepemimpinan Menteri Pendidikan Nadiem Makarim.

Dalam Merdeka Belajar, terdapat beberapa perubahan dan gebrakan dalam sistem pendidikan Indonesia. Salah satu hal yang diubah melalui Merdeka Belajar yaitu penghapusan Ujian Nasional (UN). Sebagai ganti penghapusan UN tersebut, Asesmen Nasional kemudian diterapkan.

Selain itu, Kurikulum Merdeka, Platform Merdeka Mengajar, hingga Program Guru Penggerak juga menjadi beberapa hal yang diluncurkan dalam kebijakan program Merdeka Belajar.

Sejarah Hari Guru Nasional

Sejarah Hari Guru Nasional ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional. Keppres yang ditetapkan sejak 24 November 1994 itu dibentuk sebagai penghormatan pemerintah pada era Presiden ke-2 Indonesia Soeharto kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Dalam Keppres 78/1994, disebutkan bahwa guru memiliki peranan dan kedudukan sangat penting dalam pembangunan nasional, terutama untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Oleh karena itu, pemerintah menetapkan 25 November sebagai Hari Guru Nasional sekaligus Hari Ulang Tahun PGRI selaku organisasi bagi para guru di Tanah Air.

PGRI memiliki peranan penting dalam memperjuangkan nasib guru sejak masa penjajahan Belanda hingga turut serta dalam perjuangan nasional kemerdekaan Indonesia.

Makna Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional tidak hanya dimaknai sebagai pengingat atas jasa-jasa guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Lebih dari itu, peringatan nasional ini mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru atas setiap jasa yang telah dilakukannya selama mengajar.

Hari Guru layaknya seperti Hari Ulang Tahun Guru se-Indonesia yang peringatannya dilakukan berbeda-beda di setiap sekolah, sesuai dengan tradisi masing-masing.

Meski begitu, guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, karena ia tidak mengharapkan apapun dari anak didiknya, selain menjadi manusia berpendidikan dan bermanfaat bagi sekitar.

Lewat peringatan Hari Guru Nasional, kita perlu kembali merenungkan segala jasa guru yang telah dilakukan hingga kita bisa seperti saat ini. Sama halnya dengan orang tua, guru tidak hanya sebagai seorang pendidik, tetapi juga orang tua kedua saat kita berada di sekolah.

Maka, hargai jasa guru dan bangun kesejahteraan bagi para pendidik yang tidak pernah mengenal kata lelah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Logo Hari Guru Nasional 2023

Di samping tema HGN 2023, Kemdikbud Ristek juga mengeluarkan logo resmi peringatan Hari Guru Nasional 2023. Seperti yang tertuang dalam Panduan Penggunaan Logo HGN 2023, terdapat filosofi atau makna di balik logo tersebut.

Pertama, terdapat elemen desain figur Pak Guru, Bu Guru, serta siswa dan siswi pada logo Hari Guru Nasional 2023. Figur-figur tersebut digambarkan tampak dinamis dan ceria dalam menjalankan pembelajaran.

Kemudian, ada simbol-simbol yang melambangkan pemanfaatan teknologi. Simbol tersebut seperti simbol wifi, laptop, handphone, hingga aplikasi Zoom yang memiliki kaitan erat sebagai alat penunjang kegiatan belajar mengajar.

Lalu, logo HGN 2023 dengan bentuk hati ditujukan untuk menggambarkan seluruh komponen pendidik yang bersinergi untuk menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta. Komponen pendidik tersebut meliputi mulai dari guru, peserta didik, hingga orang tua.

Di samping icon tersebut, terdapat pula tulisan “Hari Guru Nasional 2023” dengan jenis huruf yang khusus digunakan untuk Hari Guru Nasional. Tema dan logo Hari Guru Nasional 2023 itu pun dapat digunakan untuk berbagai konten yang memeriahkan peringatan Hari Guru Nasional 2023.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 21:59 WIB

Sopir Mengantuk, Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi

Sebuah Truk Box Nopol A 9468 U terguling hingga nyaris menabrak sebuah Mushola Darul Falah di jalan raya Siliwangi Kampung Ciutara RT 16B/07, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.
Truk Box Terguling hingga Nyaris Tabrak Mushola di Cicurug Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi09 Mei 2024, 21:51 WIB

Pemotor Wanita Asal Jakarta Tewas Usai Terjatuh di Jalan Cicurug Sukabumi

Seorang pemotor wanita meninggal dunia setalah terjatuh saat melintasi Jalan Alternatif Tenjoayu, Kampung Baru RT 05/01, Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Ilustrasi kecelakaan sepeda motor di jalan raya Tenjoayu Cicurug Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 21:19 WIB

Hidden Agenda Dibalik Koalisi 6 Parpol? Jelang Pilkada Kota Sukabumi 2024

Enam partai politik di Kota Sukabumi dikabarkan telah bersepakat untuk berkoalisi dalam mengusung pasangan calon wali kota / wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak (Pilkada) 2024
6 Partai sepakat berkoalisi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life09 Mei 2024, 21:00 WIB

Hindari 10 Posisi Tidur yang Tidak Baik untuk Penderita Asam Urat

Hindari! Ternyata posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat.
Ilustrasi. Posisi tidur yang tidak baik untuk penderita asam urat ini dapat meningkatkan risiko gejala refluks asam lambung dan memperburuk gejala asam urat. (Sumber : pixabay.com/@Kat)
Sehat09 Mei 2024, 20:30 WIB

Lawan Rasa Sakitnya Sampai Tuntas, Rekomendasi 6 Obat Asam Urat di Apotik

Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter.
Ilustrasi. Obat asam urat ini bisa didapatkan dengan mudah di apotek, namun dengan catatan harus sesuai dengan resep dokter. (Sumber : Freepik/@Lifestylememory)
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari