TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Kebaya Didaftarkan Singapura dan 3 Negara Asean Lainnya Ke UNESCO, Indonesia Tidak Ada

Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand, mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Penulis
Jumat 25 Nov 2022, 10:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebaya merupakan pakaian tardisional yang umumnya dipakai oleh wanita di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Namun dari info terbaru, kebaya akan didaftarkan menjadi warisan budaya tak benda oleh empat negara Asean ke UNESCO


Sayangnya, dari keempat negara itu Indonesia tidak termasuk, empat negara yang mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO adalah Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Thailand, seperti dilansir dari The Strait Times.


Dihimpun dari Suara.com, bahkan, empat negara itu sudah melakukan upaya multinasional guna mendapatkan tujuan mereka. Sumber yang sama menyebut, pendaftaran direncanakan pada Maret 2023.



Dewan Warisan Nasional (NHB) menyebut, kebaya menjadi bentuk perayaan sejarah bersama di empat wilayah tersebut sekaligus mempromosikan budaya mereka serta secara aktif akan terus diproduksi dan dikenalkan kepada berbagai komunitas.


"Kebaya telah, dan terus menjadi, aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya dan identitas Melayu, peranakan dan komunitas lainnya di Singapura, dan merupakan bagian integral dari warisan kami," kata CEO NBH Chang Hwee Nee.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x