TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Aturan Baru Perjalanan: Belum Vaksin Booster, Penumpang Wajib Antigen atau PCR

Senin 11 Jul 2022, 11:26 WIB
Aturan Baru Perjalanan: Belum Vaksin Booster, Penumpang Wajib Antigen atau PCR

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Perhubungan menerbitkan surat edaran terbaru yang mengatur perjalanan penumpang, baik di dalam negeri maupun luar negeri pada masa pandemi Covid-19. Aturan perjalanan terbaru ini mulai berlaku mulai 17 Juli 2022.

“SE Kemenhub ini merujuk pada SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 21 dan 22 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dan luar negeri pada masa pandemi Covid-19,” ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, Ahad, 10 Juli 2022. 

Untuk perjalanan dalam negeri, Kemenhub menerbitkan sebanyak empat surat edaran. Keempatnya adalah SE Nomor 68 (transportasi laut), SE Nomor 70 (transportasi udara), SE Nomor 72 (perkeretaapian), SE Nomor 73 (transportasi darat). 

Sedangkan untuk perjalanan luar negeri, Kemenhub menerbitkan sebanyak tiga surat edaran. Ketiganya adalah SE Nomor 69 (transportasi laut), SE Nomor 71 (transportasi udara), dan SE Nomor 74 (transportasi darat).

Khusus untuk penumpang domestik, berikut rincian syarat perjalanan terbaru. 

- Penumpang yang mendapatkan vaksinasi dosis ketiga (vaksin booster) tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

- Penumpang yang mendapatkan vaksinasi dosis kedua wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan. Penumpang dapat melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster) di tempat saat keberangkatan. 

- Penumpang yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan. 

- Penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksinasi dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi. Namun, penumpang wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19. 

- Penumpang dengan usia 6-17 tahun wajib menunjukkan kartu/sertifikat vaksin dosis kedua tanpa menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini