Ngobrol: Abdul Azis, Remaja Parungkuda Sukabumi yang Bikin Juri Indonesian Idol 2023 Meleleh

Selasa 27 Desember 2022, 12:30 WIB
Abdul Azis, kontestan Indonesia Idol 2023 dari Parungkuda Sukabumi (Sumber: Ibnu)

Abdul Azis, kontestan Indonesia Idol 2023 dari Parungkuda Sukabumi (Sumber: Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu kontestan Indonesian Idol 2023, Abdul Azis menyedot perhatian publik, setelah sukses mendapatkan 5 Yess dari para juri. Remaja ganteng hitam manis ini ternyata berasal dari keluarga sederhana di Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Sebelum mengulas siapa pemilik nama lengkap Abdul Azis Ahmad ini, kita flashback dulu aksinya mencuri hati para juri Indonesian Idol 2023. Saat itu ia tampil sebagai salah satu peserta, Audisi Indonesian Idol 2023, pada Selasa (20/12/2022).

Tak butuh waktu lama, lima "YES" sekaligus untuk Abdul Azis dari lima Juri Indonesian Idol 2023, yaitu Rossa, Bunga Citra Lestari, Anang Hermansyah, David Bayu dan Judika. Jadi modal Abdul Azis melangkah ke babak selanjutnya Indonesian Idol 2023.

Momen ini bisa dicek pada video postingan Akun YouTube Official Indonesian Idol 2023 bertajuk "Suara Manis Abdul Azis Bikin Judges Meleleh | Audition 2 | Indonesian Idol 2023" yang diunggah Rabu, (21/12/2022).

Reporter sukabumiupdate.com, menemui Abdul Azis di rumahnya di daerah Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Saat itu, remaja kelahiran 02 Desember 2004 tengah santai bersama keluarga, menunggu jadwal audisi lanjut Indonesia Idol 2023.

Azis yang saat ini berusia 18 tahun merupakan bungsu dari empat bersaudara dari Ibu pasangan Sunda dan Sudan. Maryanih (57 tahun) sang ibu adalah perempuan sunda sedangkan sang ayah keturunan Sudan, Timur Tengah.

Baca Juga: 5 Juri "YES"! Biodata Abdul Azis, Kontestan Indonesia Idol asal Sukabumi

"Selain bernyanyi, saya memiliki hobi modeling dan public speaking, lantaran sering ngehost, di acara 17 an, acara muludan dan acara sekolah,” ucap Abdul Azis yang saat ini duduk di kelas 3 SMK Dwi Dharma Parungkuda.

Selain punya suara emas, pelajar jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik ini memang punya bakal menonjol didunia entertainment. Abdul Azis punya segudang pengalaman dalam dunia kompetisi tarik suara.

"Kemarin izin dari sekolah untuk berangkat audisi Indonesian Idol 2023. Sangat bersyukur, selain dari orang tua, sekolahnya mendukung penuh untuk mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2023," ujarnya.

Abdul Azis, kontestan Indonesia Idol 2023 dari Parungkuda SukabumiAbdul Azis, kontestan Indonesia Idol 2023 dari Parungkuda Sukabumi

"Cita cita Aziz sejak dulu sudah ingin terjun di dunia entertain, seperti jadi presenter, main film dan bukan hanya bernyanyi, tapi selama ini prestasinya ada di dunia tarik suara, seperti juara 2 di STIE IBMI Medan, pada 06 Juli 2022 silam, Medfish lomba kampus, juara favorit dan Sukabumi Idol di Cicurug, namun hanya masuk 10 besar dari ratusan peserta," sambung Abdul Azis.

Remaja yang sekali-kali juga suka bermain badminton ini memang fokus olah suara. Sebelum jadi peserta audisi Indonesia Idol 2023, ia juga pernah menjajal ajang pencarian bakat bernyanyi lainnya, seperti The Voice Kids dan X Factor/

"Waktu 2020, saya masih 15 tahun, ikut The Voice Kids, sebetulnya sudah masuk, namun karena gencarnya lockdown pada saat itu, acara sempat ditunda. Ketika dilanjutkan, usia saya sudah melampaui persyaratan," ucap Azis.

Baca Juga: Memukau dalam Wonderland Indonesia, Novia Bachmid Tereliminasi di Indonesian Idol

Selain audisi panggung pencarian bakat, ia juga sering ikut lomba bernyanyi. Bulan Desember ini oa mengikut lomba yang diselenggarakan PT Amerta Indah Otsuka, produsen Pocari Sweat.

“Ada sekitar 10 ribu kontestan, yang lolos hanya 50 kontestan, dan saya masuk 50 besar, hadiahnya sudah dikirim," ungkapnya.

Lebih lanjut Azis bercerita tentang masa kecilnya yang akrab dengan musik dan lagu. Sejak kecil, usia 4 tahun ia sudah hafal lagu Rihanna berjudul Diamond, yang selalu didengarkan dari telepon genggam sang kakak.

Baca Juga: Terlibat Kasus Video Hot, Ini Perjalanan Hidup Gisel yang Dimulai dari Indonesian Idol

Kesukaannya menjadi bakal yang terus diasah, baik otodidak maupun di sekolah-sekolah yang pernah dienyamnya. Ia selalu akrab dengan guru kesenian dan menjadi siswa andalan sekolah untuk urusan bernyanyi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari