Lampu Motor Mendadak Mati? Kenali 5 Penyebabnya

Kamis 28 April 2022, 08:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Lampu motor memiliki fungsi sebagai penerangan jalan di saat berkendara malam atau saat hujan dan sebagai isyarat untuk pengendara jalan lainnya.

Ada beberapa lampu pada motor seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, lampu senja dan sebagainya.

Beberapa pemilik motor mungkin pernah mengalami lampu pada motor tidak menyala dan terkadang membuat bingung karena terjadi secara tiba-tiba.

Baca Juga :

Lalu apa saja sih penyebab lampu motor mati? Mengutip dari Suara.com, berikut beberapa hal yang menyebabkan lampu motor mati dilansir dari Astra Motor.

1. Soket Lampu Longgar

photoPenampakan lampu depan motor5 - (Greatbiker)</span

Soket lampu longgar atau copot bisa menjadi salah satu permasalahan selanjutnya. Untuk memperbaiki masalah ini, bisa dilakukan penyambungan kembali ke tempat semula.

Pastikan dalam menyambungkan harus tepat dan kuat karena soket terbuat dari bahan plastik yang cenderung lebih mudah mengalami pelonggaran dan lepas sewaktu-waktu.

2. Relay Rusak

photo(Ilustrasi) Relay pada motor. - (IST)</span

Relay pada motor berfungsi mirip dengan saklar listrik. Keberadaannya berguna untuk mengalirkan daya listrik dari sumbernya ke bagian-bagian motor yang membutuhkan aliran listrik.

Nah, lampu menjadi salah satu bagian yang tersambung dengan jalur relay ini. Jika lampu tiba-tiba mati, bisa jadi relay bermasalah.

Untuk itu, kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian ini dan membersihkannya. Biasanya, lampu motor yang mati karena masalah pada relay disebabkan oleh komponen yang kotor dan berkarat.

3. Kabel Terputus

photo(Ilustrasi) Kabel putus - (Pixabay sumanley)</span

Jika doyan dengan modifikasi motor, pasti ada saja masalah pada kabel motor. Lebih baik cek kembali semua kondisi komponen kelistrikan yang ada di kendaraan.

Pastikan semua kabel berada dalam kondisi baik dan terpasang semestinya. Sebab, sering kali orang-orang lupa memasang kembali beberapa kabel pada sepeda motornya setelah dimodifikasi.

Sebaiknya, cek kembali lokasi pemasangan serta kondisi kabel dan pastikan tidak ada yang putus.

4. Bohlam Lampu Putus

photo(Ilustrasi) Bohlam lampu motor - (iStock)</span

Meski jarang, namun bohlam lampu motor juga dapat bermasalah, lho.

Tak ada salahnya jika membongkar bagian lampu yang mati dan mengecek kondisinya bohlamnya.

Pada bagian ini, bohlam berfungsi sebagai pengubah daya listrik menjadi cahaya. Nah, bohlam lampu sendiri memiliki kapasitas tegangan listrik yang berbeda-beda saat diserap.

Setiap motor pun juga memiliki klasifikasinya tersendiri terhadap tegangan bohlam lampu yang disarankan. Jika bohlam menyerap tenaga yang terlalu besar atau sebaliknya, hal ini akan memicu terjadinya kinerja yang kurang optimal.

5. Masalah pada Aki Motor

photo(Ilustrasi) Aki motor - (Dede Imran)</span

Aki menjadi komponen terpenting dalam kelistrikan motor. Jika lampu mati, bisa jadi aki motor sudah mulai soak.

Oleh karena itu tetap pastikan kondisi aki motor agar tetap prima. Atau jika sudah waktunya diganti, sebaiknya segera diganti aki tersebut.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram