3 Penyebab Speedometer Motor Berembun dan Cara Mengatasinya!

Rabu 06 Desember 2023, 15:30 WIB
Ilustrasi - Speedometer berembun menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada sepeda motor terutama ketika musim hujan (Sumber : Freepik/Jcomp)

Ilustrasi - Speedometer berembun menjadi salah satu masalah yang kerap terjadi pada sepeda motor terutama ketika musim hujan (Sumber : Freepik/Jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Speedometer menjadi salah satu komponen pada kendaraan termasuk sepeda motor. Komponen ini memiliki peran penting dalam mancatat kecepatan kendaraan saat digunakan sehingga memungkinkan pengendara bisa lebih hati-hati.

Namun, banyak pengguna sepeda motor yang mengalami speedometer motor mereka berembun sehingga menghalangi angka-angka di dalamnya.

Bahkan kondisi tersebut dapat terjadi pada motor dengan speedometer full digital berbasis LCD atau bahkan speedometer yang masih analog.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Ban Motor yang Aman Untuk Musim Hujan

Berikut adalah beberapa penyebab umum dan cara mengatasi speedometer yang sering berembun pada kedua motor seperti dikutip dari Suara.com.

1. Mika Penutup Speedometer

Penyebab utama speedometer berembun adalah adanya masalah pada mika penutup speedometer. Celah atau retakan pada penutup dapat memungkinkan air masuk ke dalam panel speedometer digital.

Ketika motor dikendarai dan mesin menghasilkan panas, air yang masuk akan tertahan di dalam mika, menyebabkan embun pada speedometer.

Solusi: Periksa kondisi mika penutup speedometer. Jika terdapat retakan atau celah, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah air masuk dan mengatasi masalah embun.

Baca Juga: Mengenal Sunburn pada Motor dengan Speedometer LCD, Begini Cara Mencegahnya!

2. Pemeriksaan Sistem Penutupan

Pastikan semua bagian sistem penutupan speedometer dalam kondisi baik. Periksa apakah ada bagian yang longgar atau tidak terpasang dengan baik yang dapat menjadi jalan masuk air ke dalam panel.

Solusi: Pastikan semua bagian penutup speedometer terpasang dengan rapat. Periksa keberadaan retakan atau kebocoran yang mungkin menjadi penyebab embun.

3. Penggunaan Penutup Tambahan

Memasang penutup tambahan pada speedometer dapat membantu melindungi dari paparan langsung air hujan. Penutup tambahan ini bisa berupa aksesoris khusus atau pelindung sederhana.

Baca Juga: Yamaha PG-1, Motor yang Cocok Buat Bertualang dan Bisa Jadi Motocamp Juga

Solusi: Gunakan penutup tambahan yang tersedia di pasaran atau sesuaikan dengan model motor Anda untuk melindungi speedometer dari kondisi cuaca eksternal.

Dengan memahami penyebab umum dan solusi di atas, Anda dapat mengatasi masalah speedometer yang sering berembun pada Yamaha Aerox dan Honda Vario.

Selalu periksa secara berkala kondisi mika penutup dan sistem penutupan lainnya untuk menjaga performa speedometer tetap optimal.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa