TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Penting Saat Cuci Motor, Alasan Pakai Standar Tengah dan Pilih Air Bertekanan Rendah

Ada hal sepele namun penting, atau sebaliknya, terasa sepele namun sebaiknya dilakukan saat mencuci motor.

Penulis
Sabtu 19 Nov 2022, 19:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Musim hujan seperti sekarang kegiatan mencuci motor menjadi cukup sering dilakukan terutama untuk kendaraan yang digunakan setiap hari.

Membersihkan kotoran yang menempel pada komponen sepeda motor dapat menjadikan motor tetap awet. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci motor.Apa saja?

Dikutip dari Suara.com, menurut laman Astra Honda Motor, ada hal sepele namun penting, atau sebaliknya, terasa sepele namun sebaiknya dilakukan saat mencuci motor. Sehingga proses membersihkan kendaraan semakin berguna.

Antara lain adalah penggunaan standar tengah. Mungkin saja ada yang menganggap standar samping cukup, mengingat pencucian dilakukan berjongkok. Padahal, keseimbangan si kendaraan lebih baik saat memfungsikan standar tengah.

Selain lebih mudah menjangkau bagian-bagian sulit dari sepeda motor, standar tengah memberikan stabilitas bobot kendaraan. Termasuk mengurangi risiko motor jatuh, bila karena satu dan lain hal misalnya terkena selang air atau tekanan di salah satu sisi.

Berikut tips mencuci motor seperti dibagikan Astra Honda Motor:

Pastikan mesin dalam temperatur rendah

Saat kendaraan digunakan, terjadi kondisi besi memuai. Bila besi atau logam panas langsung terkena air dingin, akan mengalami kejutan thermal yang berpotensi merusak logam atau besi.

Dampaknya tidak langsung terlihat. Akan tetapi bila dilakukan berulang kali dalam waktu panjang, konsekuensinya bisa merusak komponen mesin bagian luar dan dalam.

Gunakan standar tengah


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x