TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Jangan Asal Pilih! Begini Cara Ketahui Kekentalan Oli untuk Motor Matik

Untuk pengguna motor matik atau skuter matik kekentalan oli tentu harus menjadi perhatian

Penulis
Kamis 10 Nov 2022, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Oli amenjadi komponen yang sangat penting dalam menjaga mesin tetap dingin dan tidak bergesekan secara langsung. Pemilihan oli juga tidak boleh sembarangan, karena harus berdasarkan dengan jenis motor yang digunakan.

Untuk pengguna motor matik atau skuter matik alias skutik, kekentalan oli tentu harus menjadi perhatian. Berikut adalah kekentalan oli yang tepat untuk motor matik.

Kode oli harus diperhatikan untuk mengetahui kekentalan pelumas yang dibutuhkan kendaraan. Dikutip dari Suara .com, menurut laman Evalube, ini tips mendapatkan pelumas sesuai peruntukan:

1. Kode Oli SAE

Kode SAE (Society of Automotive Engineers) biasanya bisa dilihat di bagian botol oli dan biasanya terdapat tulisan 10W-30, 10W-40, atau 20W-50.

Angka ini merupakan kode penanda tingkat kekentalan oli. Huruf W yang ada pada kode merupakan singkatan dari kata “winter”.

Formulasi oli disesuaikan dengan kondisi cuaca baik untuk musim dingin maupun musim panas. Hal ini berfungsi agar oli tidak mengental saat suhu kendaraan dingin.

Semakin kecil angka yang ada di botol oli, maka tingkat kekentalan oli semakin encer. Terdapat dua jenis kekentalan SAE, berikut penjelasannya.

2. Kekentalan Tunggal

Oli dengan kekentalan tunggal atau monograde memiliki rentang perubahan kekentalan yang lebih kecil terhadap perubahan suhu mesin.


Editor
Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x