TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Penting Sebelum Beli Kendaraan Bekas! Ini 3 Cara Mengetahui Keaslian STNK

STNK kendaraan asli dan palsu ini sekilas sangat mirip dan sulit dibedakan sehingga butuh ketelitian untuk memeriksanya

Penulis
Selasa 8 Nov 2022, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memutuskan membeli kendaraan bekas baik mobil maupun motor salah satunya memastikan dokumen kendaraan yang dibeli asli.

Meski tidak semua penjual kendaraan bekas berlaku curang. Namun selalu ada saja oknum yang mencari keuntungan dengan cara yang tidak benar dan merugikan orang lain.

Dikutip dari Suara.com, bisa saja ada orang yang menjual kendaraan merupakan hasil kejahatan dan dibuatkan STNK bodong agar mudah dijual.

STNK asli dan palsu ini sekilas sangat mirip dan sulit dibedakan. Namun jika dicermati lebih jauh, ada beberapa hal yang beda walau perlu ketelitian untuk memeriksanya.

Berikut cara membedakan STNK asli dan palsu agar tidak tertipu ketika membeli kendaraan seken:

1. Hologram

Hal utama yang membedakan STNK asli dan palsu adalah cetakan hologram pada STNK. Hologram yang berada di sebelah kanan atas akan berbeda antara yang asli dan palsu jika diterawang.

Hologram STNK asli berwarna abu-abu dan tidak berubah warna ketika diterawang. Sebaliknya, hologram yang terdapat di STNK palsu akan berubah warna menjadi kuning.

2. Barcode

Untuk membedakan STNK asli dan palsu juga bisa dilihat dari kode batang atau barcode yang terdapat di surat kendaraan tersebut. Pada STNK asli, barcode akan mengungkapkan identitas pemilik kendaraan tersebut ketika di scan. Pada STNK palsu tidak akan ada informasi apa-apa ketika barcode di scan.


Editor
Halaman :
Tags :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x