TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Vespa Matic Terendam Banjir? Simak Tips Mengatasinya dari Scooter VIP

Vespa Matic yang terendam banjir sangat beresiko merusak komponen jika tidak di atasi dengan benar

Penulis
Rabu 26 Okt 2022, 14:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Musim hujan dengan intensitas tinggi di seluruh wilayah Indonesia membuat aktivitas menjadi terhambat, bahkan di beberapa kota telah dilanda banjir. 


Mengutip dari Suara.com, Hhal itu tentunya sangat beresiko bagi pemilik kendaraan khususnya motor matic, karena perlu usaha ekstra agar air tidak merusak komponen penting di motor saat menerobos genangan.


Jika bagian bodi yang kotor terendam banjir cukup dicuci bersih, bagaimana dengan sektor mesin dan transmisi di Vespa matic?

"Sehabis Vespa matic terendam Banjir, sebaiknya jangan langsung coba dinyalakan karena ada peluang terjadi water hammer di mesin," ujar Dennil Sagita, Founder dari Bengkel Scooter VIP.

Ia menambahkan, water hammer terjadi ketika ada air berlebih yang masuk ke mesin dan ikut terkompresi sehingga berakibat fatal dan akhirnya mampu membuat mesin jebol.

Kalau memang ragu dengan apa yang sebaiknya dilakukan, disarankan agar Vespa segera dibawa ke bengkel terdekat. Baru setelah itu dibawa ke bengkel spesialis yang biasa melayani Vespa matic. Intinya jangan menghidupkan stop kontak dahulu karena dikhawatirkan terjadi korsleting.

"Kalau di bengkel kami, tahapan diagnosa awal bagi Vespa matic meliputi check filter udara, check transmisi CVT, check oli mesin, check oli girboks, kondisi knalpot dan kelistrikan," jelasnya.

"Nah, transmisi CVT akan dibuka untuk dibersihkan dan dilumasi kembali. Bakal rentan selip dan karatan kalau kotor," sambung Dennil.


Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x