Penting Bagi Pemilik Kendaraan, Ini Tips Menghindari Mobil Terbakar di Jalan

Selasa 23 November 2021, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Peristiwa mobil terbakar kerap kali terjadi, seperti yang dialami sebuah Chevrolet Captiva. Kendaraan tersebut dilalap api di sekitar km 87 tol Cipularang arah Bandung. Video ketika api berkobar melalap api itu beredar pada Minggu (21/11/2021).

Dilansir dari Tempo.co, menurut data jarang ada penyebab tunggal dalam kebakaran mobil, melainkan kombinasi, seperti human error, mekanis, dan kimia.

Tempo memberikan tips menghindari mobil terbakar agar pengemudi tak mengalami musibah serupa Chevrolet Captiva.

Berikut tips dari berbagai sumber, Senin 22 November 2021:

1. Jangan Simpan Barang Mudah Terbakar di Mobil

Berbagai barang dengan bahan aktif tertentu seperti thinner, parfum cair, hingga korek api gas dapat menimbulkan api jika berada di ruangan tertutup dengan suhu yang tinggi. Ponsel yang di-charge menggunakan power bank pun bisa memicu mobil terbakar karena panas yang ditimbulkan.

2. Jangan Abaikan Lampu Indikator

Panel indikator dipergunakan sebagai tanda bahwa terdapat hal yang salah atau masalah di mobil. Contohnya, ketika indikator suhu mesin naik artinya ada kemungkinan overheat. Jika tidak ditangani dengan segera dapat memicu mobil terbakar.

3. Melakukan Pengecekan Teratur

Tips lainnya adalah setiap mobil sebaiknya harus dirawat dan diperiksa secara rajin dan rutin dalam menghindari bagian-bagian tertentu yang rusak, seperti perubahan cepat pada tingkat bahan bakar, cairan, atau suhu mesin; kabel retak, kendor atau masalah kelistrikan (termasuk sekering yang putus lebih dari sekali); kebocoran oli atau cairan hingga tutup oli tidak terpasang dengan benar.

Jika terjadi kebocoran dan lain sebagainya, hal itu menandakan bahwa ada sesuatu yang salah dan dapat memicu terjadinya kebakaran mobil.

4. Menghindari Parkir di Dekat Sumber Api

Mobil dan motor tidak boleh diparkirkan di dekat sumber api, seperti tempat sampah atau rumput yang dibakar. 

5. Menyimpan Kit Darurat dalam Mobil

Pemasangan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam kabin mobil menjadi upaya pemadam api ketika mobil terbakar. Tips terakhir adalah konsultasikan kepada dealer resmi sesuai merek mobil tentang berbagai jenis dan penempatan pemasangan APAR.

Sumber: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Life15 Juli 2024, 07:00 WIB

12 Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang

Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang. Berikan penghargaan pada diri sendiri untuk pencapaian kecil maupun besar.
Ilustrasi. Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang (Sumber : Pexels/fauxels)
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist