TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mengenal Understeer, Kondisi Bahaya yang Bisa Sebabkan Kecelakaan Fatal

Dede Imran
Penulis
Kamis 22 Sep 2022, 17:16 WIB
Mengenal Understeer, Kondisi Bahaya yang Bisa Sebabkan Kecelakaan Fatal

SUKABUMIUPDATE.com - Understeer menjadi salah satu kondisi berbahaya yang bisa dialami setiap pengemudi, tak jarang kondisi ini menjadi penyebab kecelakaan fatal.

Mungkin masih banyak yang belum familiar dengan istilah understeer serta bagaimana cara mengatasi kondisi tersebut saat mengalaminya.

Apa Itu Understeer?

Mengutip laman nissan.co.id, understeer merupakan kondisi dimana mobil sulit berbelok meskipun roda kemudi sudah diputar.

Baca Juga :

Penyebab kondisi ini bisa beragam contohnya seperti kerusakan pada sistem kemudi kendaraan. Kondisi ini akan sangat berbahaya terutama jika kendaraan tengah melaju dalam kecepatan tinggi.

Dikutip dari laman toyota.astra.co.id, meski bisa terjadi pada kendaraan apapun, understeer lebih rentan terjadi pada kendaraan berpenggerak roda depan atau front wheel drive (FWD). Hal tersebut dikarenakan roda depan selain harus berbelok juga berakselerasi pada saat yang bersamaan.

Cara Mengatasi Understeer

photo(Ilustrasi) Understeer bisa dialami setiap pengemudi - (Pexels.com Adrien Olichon)</span

Menurut laman Toyota Astra, jika mengalami understeer pengemudi harus segera mengurangi kecepatan agar ban depan yang mengunci (steering lock) dapat diminimalisir dan kendali setir dapat dimaksimalkan kembali.

Kemudian, usahakan jangan langsung melepas injakan pada pedal gas karena dapat menyebabkan bobot langsung berpindah ke depan kendaraan dan membuat bagian belakang kendaraan menjadi ringan, sehingga bagian ekor mobil bisa meluncur ke samping atau dikenal dengan istilah “snap oversteer” atau “lift-off oversteer”.

Cara Menghindari Understeer

Melihat dampak yang disebabkan understeer begitu berbahaya, maka penting mengetahui cara mencegah kondisi tersebut terjadi.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini